Cara Ampuh Menciptakan Viral Marketing di Facebook

social media marketing ilustrasiIstilah viral marketing memang sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sudah menggeluti bidang pemasaran. Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimanakah cara menciptakan viral marketing lewat social media Facebook?

Adakah kiat ampuh agar pemasaran yang kita lakukan bisa menyebar dari mulut ke mulut? Tenang, pada artikel ini kami dari JefferlySuperClub akan bagikan beberapa kiat super ampuh untuk menciptakan viral marketing, sehingga pesan promosi Anda bisa menyebar secara cepat di Facebook.

Sudah tidak sabar untuk menikmati sajian menarik mengenai artikel social media marketing kali ini? Langsung saja inilah artikel “Cara Menciptakan Viral Marketing di Facebook”.

Mulailah Dengan Kreativitas

ide untuk blogUntuk bisa melakukan pemasaran secara kreatif maka yang dibutuhkan sudah pasti adalah kreativitas. Tanpa kreativitas pemasaran yang kita lakukan hanya akan monoton, biasa-biasa saja dan menjadi tidak terlalu menarik bagi orang lain.

Padahal kalau mau menciptakan viral marketing, pemasaran yang kita lakukan haruslah menarik, dan kita sangat butuh menggunakan kreativitas.

Untuk itu pastikan Anda siap memakai otak kanan ya :), sebab seperti kata Pak Ippho Santosa otak kanan adalah otak kreativitas.

Dengan kreativitas, kita bisa menghasilkan banyak ide menarik untuk di-aplikasikan ke dalam kegiatan pemasaran yang kita lakukan :).

Nah setelah kreativitas siap dipakai, maka berikut kami bagikan beberapa inspirasi dalam menciptakan viral marketing di Facebook.

1. Gunakan Kuis

Orang-orang suka hadiah, dan salah satu cara berbagi hadiah yang bisa Anda lakukan adalah melalui kuis. Lewat kuis, Anda bisa membagikan hadiah dan pastinya Anda juga bisa berpromosi di sana.

Kami dari JeferlySuperClub sendiri sudah beberapa kali menyelenggarakan kuis di Facebook, sebab selain bisa menambah jumlah calon pembeli produk kita, mengadakan kuis juga akan meningkatkan interaksi antara kita dengan para prospek kita.

Jika Anda punya fans page di Facebook maka kegiatan kuis sangat perlu ada di fans page Anda :). Selain dapat menambah jumlah likers di fans page Anda, kuis juga akan meningkatkan interaksi dan pastinya fans page Anda akan semakin populer :).

Bagaimana cara membuat dan menyelenggarakan kuis yang ampuh? Metode jitunya sudah kami bahas dalam buku Buku Pintar Promosi di Internet.

kuis di Facebook

kuis dapat menjangkau ribuan orang di Facebook

2. Adakan Kontes

Kontes juga menjadi salah satu cara viral marketing di Facebook. Kontes beda dengan kuis, sebab kontes biasanya memakan waktu yang lebih lama. Jika kuis hanya berlangsung selama beberapa hari, maka kontes bisa berlangsung hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Tak hanya itu, dibanding dengan kuis, kontes juga harus memiliki tantangan yang lebih berat.

Contoh kontes yang bisa dibuat misalnya kontes foto, kontes menulis, dan banyak lagi.

Hanya saja, kontes akan memakan biaya yang lebih banyak dibanding kuis :). Ingat, kembali manfaatkan kreativitas agar bisa menciptakan kontes yang membuat buzz dan viral marketing.

3. Bagikan Sesuatu Secara Gratis

Orang-orang juga menyukai sesuatu yang berbau gratis. Hadiah gratis yang Anda bagikan di Facebook tidaklah harus hadiah mahal, melainkan bisa berupa hadiah sederhana. Seperti : ebook, video tutorial, voucher diskon dan lain sebagainya.

Contohnya seperti yang kami lakukan, JefferlySuperClub sering membagikan ebook, seperti ebook panduan SEO pemula di Facebook.

Dengan berbagi hadiah gratis semacam ini, viral marketing akan muncul dan Anda mampu menjangkau lebih banyak target promosi.

4. Konten yang Menarik dan Bikin Penasaran

Ke-3 trik dan kiat di atas tidak akan terlalu berdampak bagi kesuksesan viral marketing Anda jika tidak didukung dengan konten yang menarik dan bikin penasaran.

Hanya dengan konten yang menarik dan kalau bisa bikin penasaran-lah, orang-orang akan tetap tertarik untuk terus mengikuti Anda di Facebook. Seperti apa konten yang menarik itu? Setidaknya ada 6, yaitu :

  • Konten yang memberi manfaat, misalnya seperti informasi penting yang perlu diketahui oleh banyak orang. Contoh nyatanya seperti informasi tentang kejatahan ATM berikut ini.
  • Konten yang berupa foto unik. Segala sesuatu yang unik biasanya mampu menarik minat orang-orang untuk ikut berinteraksi, sehingga dari sanalah viral marketing bisa tercipta.
  • Konten yang berupa foto yang berisi kutipan, terutama kutipan dari seorang tokoh yang dikenal luas. Konten semacam ini sangat menarik, orang-orang ingin ikut menyebarkannya.

Penasaran dengan ke-3 jenis konten menarik lainnya?

Nah ketiga jenis konten menarik lainnya, sudah kami kupas secara detail dalam buku luar biasa berjudul Buku Pintar Promosi di Internet. 🙂

foto harimau unik

Contoh foto yang unik dan menarik

Cover dan model nya cantik sekali ^_^

Cover buku Buku Pintar Promosi di Internet

Nah kawan-kawan, semoga artikel Cara Menciptakan Viral Marketing di Facebook ini bisa bermanfaat dan menginspirasi ya.

Tetap semangat dan salam super.

Jefferly Helianthusonfri

Penulis dan pebisnis internet muda berusia 16 tahun.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • belajar facebook marketing
  • cara viral marketing facebook
  • cara membuat viral marketing
  • pemasaran Facebook teknik viral
  • cara marketing di facebook
  • cara viral marketing
  • promosi buku
  • cara viral di facebook
  • cara membuat viral facebook
  • fanspage Facebook yang sering ngasih hadiah gratis tanpa undian
Be Sociable, Share!