Tips WordPress: Cara Mencegah Komentar Spam di Web WordPress

Kamu pemilik web WordPress?

Jika ya, maka kamu pasti ingin meminimalkan komentar spam di websitemu.

Mau belajar SEO, social media marketing, pembuatan website, email marketing, dan lainnya? Yuk belajar digital marketing secara ampuh, efektif, dan terarah di program private mentoring digital marketing dari Jefferly.

Nah, buatmu para pengguna WordPress, kali ini kita akan bahas cara mencegah komentar spam di web WordPress. Dengan menerapkan dua cara berikut, webmu akan lebih terbebas dari komentar spam.

Penasaran? Mari kita ulas.

Apa Itu Komentar Spam?

Menurut situs Jetpack.com, komentar spam adalah komentar yang dibuat dengan upaya untuk meningkatkan jumlah klik terhadap web si pembuat komentar spam. Tujuan akhirnya adalah meningkatkan peringkat web si pengirim komentar spam. Sudah jelas, komentar spam akan menganggu websitemu.

Blog ini pun sering sekali menerima komentar spam. Komentar spam itu berisi link menuju web lain secara asal, berisi pesan promosi, ataupun pesan-pesan yang tidak dikehendaki.

Contoh komentar spam yang masuk di blog ini.

Jika komentar spam sampai lolos, maka tentu ini akan mengganggu kenyaman pembaca websitemu. Selain itu, kamu pasti tidak mau jika kolom komentar websitemu dipenuhi dengan komentar spam. Untuk itu, mari kita cegah komentar spam.

Cara Pertama: Aktifkan Moderasi Komentar di Web WordPress

Solusi pertama untuk mencegah spam adalah mengaktifkan moderasi komentar di web WordPress. Dengan mengaktifkan moderasi komentar, maka nantinya tiap komentar yang masuk akan melalui proses moderasi. Setelah komentar lolos moderasi, barulah komentar tersebut tayang di website.

Berikut video tutorial cara mengaktifkan moderasi komentar di web WordPress.

Selain melalui moderasi, solusi lain adalah memakai plugin Akismet.

Cara Kedua: Menggunakan Plugin Akismet

Di WordPress terdapat plugin bernama Akismet. Plugin ini akan membantu mencegah kehadiran komentar spam di webmu. Nah kamu juga bisa gunakan plugin ini untuk mencegah kehadiran komentar spam.

Berikut video tutorial penggunaan plugin Akismet.

Itu dia dua cara praktis dan mudah untuk mencegah komentar spam di web WordPress.

Jika kamu suka dengan video-video tutorial semacam ini, yuk nonton dan subscribe di channel Jefferly Helianthusonfri

Ikuti juga Instagram @JeffHelian untuk mendapatkan update konten seputar bisnis online dan digital marketing.

Mau belajar SEO untuk meningkatkan penjualan dan ranking bisnis Anda di Google? Yuk belajar di MasterClass SEO Untuk Bisnis di sini

One thought on “Tips WordPress: Cara Mencegah Komentar Spam di Web WordPress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *