Cara Menambahkan Fasilitas Berlangganan Artikel di Website

menambahkan widget berlangganan artikel
WordPress merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk membuat website. Selain relatif mudah digunakan, WordPress juga didukung oleh banyak plugin. Kehadiran segudang plugin ini menjadikan kita mudah untuk menambahkan berbagai fitur khusus di WordPress.

Salah satu fasilitas yang perlu dihadirkan di website/blog Anda adalah fasilitas berlangganan artikel. Dengan adanya fasilitas berlangganan artikel, pengunjung web Anda bisa dengan mudah mendaftarkan email mereka untuk berlangganan artikel blog/web Anda. Ketika mereka berlangganan artikel, mereka akan mendapatkan pemberitahuan setiap kali ada konten terbaru di website/blog Anda.

Hadirnya fasilitas berlangganan artikel/newsletter juga menjadikan Anda mampu mendapatkan alamat email pengunjung web. Ketika Anda memiliki alamat email pengunjung web, Anda dapat membangun database yang berisi data pengunjung web Anda. Dengan demikian, jika di masa mendatang Anda ingin berpromosi (misal : mengenalkan produk baru), maka Anda bisa menghubungi orang-orang dalam database Anda dengan mudah.

Lantas, bagaimana cara menyediakan fasilitas berlangganan artikel di website?

Untuk menghadirkan fasilitas berlangganan artikel, kita dapat memanfaatkan layanan dari Feedburner. Jika Anda pernah membuat web dengan menggunakan platform Blogger, Anda tinggal menambahkan widget berlangganan artikel yang dihadirkan oleh Feedburner. Layanan Feedburner sudah tersedia secara default terhadap pengguna Blogger. Hal ini disebabkan karena Feedburner juga merupakan layanan yang dimiliki oleh Google. Hal ini sama, sebab Blogger juga sama-sama dimiliki oleh Google.

Namun, bagi Anda pengguna WordPress, Anda tidak harus repot-repot memanfaatkan layanan Feedburner. Anda dapat menggunakan widget blog subscription. Guna mengaktifkan widget ini, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin Jetpack di website Anda.

Berikut langkah-langkah menambahkan fasilitas berlangganan artikel di blog/web WordPress Anda.

1. Pastikan plugin Jetpack sudah tersedia di web Anda. Jika belum, silakan instal terlebih dahulu.

2. Setelah plugin Jetpack aktif, silakan masuk ke menu appearance > widgets.

masuk ke halaman pengaturan widgets
3. Arahkan perhatian ke available widgtes, lalu klik dan geser widget blog subscriptions.

widget blog subscriptions

4. Letakkan widget blog subscriptions di sidebar, lalu lakukan pengaturan dengan ketentuan sebagai berikut.

  • Widget title : isi dengan nama widget yang Anda tambahkan.
  • Optional text to display to your readers : isi dengan kalimat yang digunakan untuk mengajak orang-orang berlangganan artikel web Anda.
  • Subscriber placeholder : isi dengan kata-kata yang akan ditampilkan di kotak isian alamat email.
  • Success message : isi dengan kalimat yang akan ditampilkan bila pengunjung web sudah mendaftarkan alamat email mereka.
  • Show total subscribers : beri tanda centang jika Anda ingin menampilkan jumlah pelanggan artikel web Anda. Disarankan agar tidak menampilkan jumlah subscriber jika pelanggan artikel Anda masih kurang dari 100 orang.
  • Klik save untuk menyimpan widget blog subscriptions.

pengaturan widget blog subscriptions

5. Setelah pengaturan disimpan, silakan buka website Anda.

Anda akan menemukan widget blog subscriptions. Nah, melalui widget inilah pengunjung web dapat mendaftarkan alamat email mereka agar bisa berlangganan artikel web Anda.

widget sudah ditambahkan
Usai menambahkan fasilitas berlangganan artikel, tugas kita berikutnya adalah menghadirkan konten-konten berkualitas agar orang-orang mau berlangganan artikel di web/blog kita. Selain itu, kita juga perlu melakukan berbagai upaya agar semakin banyak orang yang berlangganan artikel website kita.

Selain widget berlangganan artikel, ada sejumlah widget lain yang perlu Anda hadirkan di blog/web. Apa saja widget-widget tersebut? Temukan jawabannya dalam artikel berikut : 5 Widget Penting yang Harus Ada di Blog Anda.

Follow Twitter @JefferSuperClub untuk mendapatkan update artikel kami via Twitter.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • bagaimana cara berlangganan artikel wordpress di email
  • plugin langganan artikel email
  • membuat plugin langganan artikel wordpress
  • membuat langganan artikel wordpress
  • membuat email berlangganan di wordpress
  • evo magzv4 free template
  • cara mengetahui orang berlangganan blog kita
  • cara menampilkan berlangganan newsletter di wordpress
  • cara menampilkan agar org bisa berlangganan ke blog kita
  • cara menambahkan berlangganan wordpress
Be Sociable, Share!