Cara Memulai Bisnis Internet dengan Otak Kanan

Penggunaan otak kanan dalam berbisnis, adalah wajib jika kita ingin sukses. Pintar saja tidak cukup, singkat kata kita harus mengandalkan otak kanan dalam berbisnis. Ya trend otak kanan memang semakin menjadi-jadi, terutama setelah Mas Ippho Santosa muncul dengan karya-karya beliau yang amat menginspirasi, di mana Ippho jelas adalah sosok penulis dengan aliran kanan :).

Bicara soal otak kanan memang selalu unik, termasuk dalam hal bisnis internet. Seperti yang sudah sering saya katakan di berbagai tulisan saya (entah itu di buku, di blog ataupun di ebook) bahwa bisnis internet tetaplah sama dengan bisnis di dunia nyata. Ya yang namanya bisnis memang tetap bisnis.

Nah salah satu kendala yang menghambat seseorang membuka bisnis adalah kebiasaan menunda yang dibiarkan. Ah nanti saja dulu ah, tunggu saya sudah punya modal.

Ah jangan sekarang deh, sekarang aku mau fokus ke karier ku sebagai pekerja profesional di perusahaan dulu.

Ah nanti saja deh setelah aku berkeluarga, dan banyak lagi segudang alasan lain yang bisa menghambat seseorang untuk berbisnis. Termasuk dalam hal memulai bisnis internet.

Memang berpikir itu perlu, tapi jangan terlalu banyak mikir. Tak jarang karena terlalu banyak berpikir, seseorang jadi lupa untuk bertindak. Padahal sudah jelas sekali bahwa kesuksesan hanya bisa didapatkan dari upaya atau tindakan.

Jadi Bagaimana Cara Memulai Bisnis Internet dengan Otak Kanan?

Anda tahu cara terbaik untuk memulai bisnis, mau tau caranya?

Sebenarnya membuka bisnis itu sangat mudah, ya caranya adalah tinggal memulai. Ya mulai saja, gak perlu banyak alasan. Semakin banyak kita beralasan semakin jelas bahwa kita tidak ikhlas, dan kalau sudah tidak ikhlas tindakan kita biasanya kurang optimal. Untuk itu mulai sekarang, mari serahkan semuanya pada Tuhan.

Jadi jangan ragu dan takut untuk memulai bisnis.

Akan tetapi dalam memulai bisnis kita tetap harus memilih mana yang baik dan tidak, tidak semua cara bisa kita halalkan untuk memulai bisnis.

Jika Anda ingin memulai bisnis internet dengan otak kanan, maka berikut ini beberapa tips dari saya.

  1. Awali dengan sedekah. Ya sedekah adalah ciri khas orang otak kanan, jadi konsep mengenai sedekah perlu kita perbaiki. Sedekah dulu baru kaya, jadi sebelum memulai bisnis internet maka kita perlu sedekah. Sedekah yang baik dan semampu kita. Saya pribadi juga masih terus belajar untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sedekah :).
  2. Langsung mulai, dan tiru orang yang sudah sukses. Ya ini sudah saya buktikan sendiri sewaktu memulai bisnis internet dulu, saya dulu tidak banyak mikir, langsung mulai saja. Dulu saya memulai bisnis internet dengan menjual jasa pembuatan blog, tapi berkat bantuan Tuhan melalui banyak sahabat-sahabat saya, bisnis online saya terus berkembang :).
  3. Carilah mentor. Ya kita perlu guru, tidak ada orang sukses tanpa guru. Mentor atau guru yang saya maksud di sini bisa berupa guru langsung ataupun tidak langsung. Minimal Anda punya guru tidak langsung, contoh sosok guru tidak langsung ini misalnya motivator, tokoh inspiratif, dan lain sebagainya. Dulu saya banyak belajar dari mentor tidak langsung yang namanya Pak Mario Teguh :).
  4. Asah kreativitas dan jangan takut untuk tampil beda. Ingat ya, yang beda itu belum tentu terbaik. Tapi yang terbaik sudah pasti berbeda :).
  5. Jangan takut keluar uang. Ya ini penting sekali, otak kanan itu beda dengan otak kiri. Sebab otak kanan tidak melulu harus realistis dan analisis. Jadi jangan takut mengeluarkan uang untuk sesuatu yang positif, jangan takut keluar uang untuk beli buku, jangan takut investasi, jangan takut untuk mengolah uang dan sebagainya. Tapi ingat ya, harus untuk sesuatu yang positif :).

Rekomendasi Panduan Belajar Bisnis Internet Untuk Pemula.

Seperti yang tadi saya katakan, kita memang perlu mentor dan belajar dari seorang guru. Untuk itu jika Anda belum atau kesulitan menemukan mentor (guru) langsung, Anda bisa belajar lewat berbagai media pembelajaran lain. Contohnya seperti melalui buku, ebook, video tutorial ataupun dari artikel yang ada di internet.

Nah di akhir artikel ini saya merekomendasikan Anda membaca beberapa karya buku dan ebook saya berikut ini. Barangkali saja buku-buku dan ebook ini akan memberi banyak manfaat untuk Anda yang ingin memulai bisnis internet.

Oke jangan ragu untuk belajar langsung dari ahlinya, segera dapatkan buku dan ebook-ebook super di atas.

Baiklah rekan pembaca yang super, terima kasih atas kesediaan Anda membaca hingga akhir artikel ini. Semoga apa yang kita bahas kali ini bisa memberi banyak manfaat untuk Anda.

Tetap semangat dan salam super,

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • bisnis otak kanan
  • berbisnis dengan otak kanan
  • online belajar otak kanan
  • asah otak kanan
  • otak kanan
  • otak kanan ippho
  • otak kanan bisnis internet
  • bisnis cara otak kanan
  • memulai bisnis dengan sedekah
  • memulai usaha dengan otak kanan
Be Sociable, Share!