Cara Mempromosikan Produk UKM Lewat Blog

mempromosikan produk UKM lewat blog
Blog merupakan media publikasi yang sangat bermanfaat, termasuk bagi pelaku UKM. Sebuah blog dapat dimanfaatkan untuk kegiatan promosi produk UKM. Bagaimana cara mempromosikan produk UKM lewat blog? Bagaimana memanfaatkan blog untuk kepentingan publikasi UKM? Temukan pembahasan selengkapnya dalam tulisan berikut.

Promosi lewat blog dapat dilakukan melalui berbagai media. Promosi produk UKM lewat blog bisa dilakukan melalui banner promosi, video, ataupun artikel marketing.

Promosi Produk Lewat Banner di Blog

Media promosi yang pertama adalah banner.

Untuk mempromosikan produk melalui banner, Anda perlu membuat sebuah banner promosi. Banner ini digunakan untuk menampilkan produk Anda. Untuk membuat banner promosi, Anda dapat menggunakan aplikasi Photoshop ataupun aplikasi pengolah gambar lainnya.

Mempromosikan produk lewat banner.

Mempromosikan produk lewat banner.

Setelah banner berhasil dibuat, Anda tinggal mengunggah banner tersebut ke blog . Selanjutnya, banner tersebut bisa segera ditampilkan di blog.

Bagi Anda pengguna WordPress, untuk mengunggah gambar/banner ke blog, Anda dapat melakukan proses pengunggahan melalui menu media > add new.

Setelah berhasil menunggah banner ke blog, Anda bisa segera menampilkan banner tersebut. Untuk menampilkan banner, Anda pengguna WordPress dapat menggunakan widget image. Widget image ini akan tersedia jika Anda telah mengaktifkan plugin Jetpack.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menampilkan banner dengan menggunakan kode HTML. Agar bisa mendapatkan kode HTML banner, caranya mudah. Anda tinggal membuat posting di blog. Silakan tambahkan gambar banner Anda ke dalam posting.

menambahkan gambar ke posting

Selanjutnya, masuk ke mode posting HTML. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan kode HTML banner Anda. Nah, kode HTML ini tinggal Anda tambahkan ke sidebar blog Anda.

Masuk ke mode posting HTML.

Masuk ke mode posting HTML.

Kode HTML untuk menampilkan banner.

Kode HTML untuk menampilkan banner.

Anda dapat mengarahkan orang yang mengklik banner ke halaman khusus. Misalkan, Anda ingin mengarahkan mereka ke halaman penawaran produk Anda. Jika demikian, Anda tinggal menyisipkan alamat url khusus ke dalam banner yang sudah Anda tambahkan ke blog.

Mempromosikan Produk Melalui Video

Selain mempromosikan produk lewat banner, Anda juga bisa mempromosikan produk lewat video. Nantinya, video promosi produk Anda dapat ditampilkan di halaman penawaran produk Anda.

Ada berbagai macam video promosi yang Anda buat. Video promosi Anda bisa berupa video whiteboard, bisa berupa video presentasi, ataupun jenis-jenis video lainnya. Anda dapat membayar jasa profesional untuk membantu pembuatan video Anda. Jika Anda membutuhkan jasa profesional dalam hal pembuatan video, Anda dapat mencarinya melalui internet ataupun melalui jaringan pertemanan yang Anda miliki.

Contoh tampilan whiteboard video.

Contoh tampilan whiteboard video.

Jika video Anda sudah jadi, Anda tinggal mengunggah video tersebut ke YouTube. Selanjutnya video yang sudah diunggah tadi dapat Anda tampilkan di blog. Anda dapat menggunakan fasilitas embed yang sudah tersedia di YouTube. Dengan fasilitas embed ini, Anda cukup mengcopy kode video. Selanjutnya, kode tadi dapat Anda tampilkan di blog.

Fasilitas embed video dari YouTube.

Fasilitas embed video dari YouTube.

Mempromosikan Produk Melalui Artikel

Selain menggunakan banner dan video, Anda juga bisa mempromosikan produk Anda lewat artikel. Dalam internet marketing, dikenal sebuah teknik yang bernama content marketing. Content marketing merupakan strategi promosi dengan memanfaatkan konten. Nah, article marketing termasuk salah satu jenis konten marketing. (Baca juga : Bagaimana Cara Melakukan Content Marketing Untuk UKM? )

Ketika Anda menjalankan strategi artikel marketing, Anda akan membuat sebuah artikel yang ditujukan untuk target pasar Anda. Di dalam artikel tersebut, Anda memberikan informasi yang bermanfaat untuk target pasar Anda. Tak hanya itu, di dalam artikel tersebut, Anda juga bisa menyelipkan pesan promosi produk Anda.

Contoh, Anda menjual produk-produk kencantikan. Nah, Anda dapat membuat artikel tentang tips-tips kecantikan. Di dalam artikel tersebut, barulah Anda selipkan promosi tentang produk Anda.

Pesan promosi yang Anda selipkan bisa berupa ajakan agar pembaca membeli produk Anda. Anda bisa mengarahkan pembaca tersebut ke halaman penawaran produk Anda. Selain itu, promosi yang Anda lakukan juga bisa juga dengan cara menampilkan banner promosi produk dalam tulisan Anda.

menampilkan banner di artikel
Jika Anda memutuskan untuk menerapkan strategi artikel marketing, maka Anda harus membuat konten yang dibutuhkan oleh target pasar Anda. Agar bisa mengetahui konten yang diketahui oleh target pasar, Anda dapat melakukan riset kata kunci. Dengan melakukan riset kata kunci, Anda akan tahu kata kunci apa yang digunakan oleh target pasar saat mereka melakukan pencarian di mesin pencari.

Langkah demi langkah riset kata kunci dapat Anda pelajari di artikel berikut : 3 Cara Mudah Mendapatkan Ide Menulis Blog.

Rekan pembaca, itulah tiga cara promosi produk UKM lewat blog. Bagi Anda pelaku UKM, penting bagi Anda untuk memiliki blog. Dengan menggunakan blog, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan publikasi yang bermanfaat untuk memopulerkan bisnis Anda.

Follow Twitter @JefferSuperClub untuk mendapatkan update artikel via Twitter.

banner horisontal langganan artikel

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • blog ukm
  • pembuatan blog untuk ukm
  • Langkah langkah mempromosikan prodak di web/blog
  • cara promosikan sentra ukm
  • cara promosi lewat blof
  • cara mempromosikan sebuah banner
  • cara membuat blog UKM
  • cara memasukan atau mempromosikan barang didalam blog
  • blog Umkm
  • tips promosi barang via internet via blog/wordpress?
Be Sociable, Share!