Cara Mempromosikan Blog UKM dengan Blogwalking

ilustrasi blogwalking
Sebagai sebuah bisnis, penting bagi UKM untuk memiliki blog. Dengan memiliki sebuah blog, kita bisa melakukan kegiatan publikasi di internet. Sebuah blog dapat digunakan untuk berbagai kegiatan publikasi. Mulai dari untuk mengenalkan produk kita, memublikasikan event-event yang kita selenggarakan, ataupun untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan.

Hanya saja, memiliki sebuah blog saja tidaklah cukup. Kita harus mendatangkan pengunjung (trafik) ke blog kita. Ada banyak sekali cara untuk mendatangkan pengunjung ke blog yang kita miliki.

Salah satu cara promosi blog yang dapat dilakukan adalah blogwalking. Apa itu blogwalking? Bagaimana cara mempromosikan blog melalui kegiatan blogwaking? Berikut pembahasan lengkapnya.

Apa Itu Blogwalking?

Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog lain, lalu kemudian berkomentar di blog tersebut. Misalkan Anda mengunjungi JefferlySuperClub.com. Selanjutnya, Anda meninggalkan komentar di JefferlySuperClub. Itu berarti Anda telah melakukan kegiatan blogwalking.

Saat bekomentar di blog lain, kita bisa menyisipkan alamat url blog kita di bagian nama pemberi komentar. Dengan demikian, ketika orang-orang mengklik nama kita, maka mereka akan diarahkan ke blog kita.

mempromosikan blog dengan blogwalking

Ketika blogwalking, kita bisa mencantumkan alamat web di bagian nama pemberi komentar.

Kegiatan blogwalking bermanfaat untuk :

  • mengenalkan blog Anda kepada blogger lain (meningkatkan popularitas blog Anda),
  • membangun relasi dengan blogger lain,
  • mendatangkan pengunjung ke blog Anda.

Bagaimana Cara Mempromosikan Blog Lewat Blogwalking?

Sebelum melakukan kegiatan blogwalking, ada baiknya kita meningkatkan kualitas blog kita. Pastikan blog kita sudah siap untuk dikunjungi orang-orang. Pastikan di blog kita sudah tersedia konten yang sesuai dengan kebutuhan target pembaca. Jika konten sudah siap, barulah kita mulai mendatangkan pengunjung ke blog.

Jika blog sudah terisi dengan konten, sudah tentu pengunjung bisa lebih puas saat mereka datang ke blog kita.

Langkah-langkah mendatangkan pengunjung dengan cara blogwalking dapat Anda pelajari di video berikut.

Follow Twitter @JefferSuperClub untuk mendapatkan update artikel via Twitter.

banner horisontal langganan artikel

Be Sociable, Share!