Cara Mempromosikan Blog UKM dengan Blogwalking

ilustrasi blogwalking
Sebagai sebuah bisnis, penting bagi UKM untuk memiliki blog. Dengan memiliki sebuah blog, kita bisa melakukan kegiatan publikasi di internet. Sebuah blog dapat digunakan untuk berbagai kegiatan publikasi. Mulai dari untuk mengenalkan produk kita, memublikasikan event-event yang kita selenggarakan, ataupun untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan.

Hanya saja, memiliki sebuah blog saja tidaklah cukup. Kita harus mendatangkan pengunjung (trafik) ke blog kita. Ada banyak sekali cara untuk mendatangkan pengunjung ke blog yang kita miliki.

Salah satu cara promosi blog yang dapat dilakukan adalah blogwalking. Apa itu blogwalking? Bagaimana cara mempromosikan blog melalui kegiatan blogwaking? Berikut pembahasan lengkapnya.

Mau belajar SEO, social media marketing, pembuatan website, email marketing, dan lainnya? Yuk belajar digital marketing secara ampuh, efektif, dan terarah di program private mentoring digital marketing dari Jefferly.

Apa Itu Blogwalking?

Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog lain, lalu kemudian berkomentar di blog tersebut. Misalkan Anda mengunjungi JefferlySuperClub.com. Selanjutnya, Anda meninggalkan komentar di JefferlySuperClub. Itu berarti Anda telah melakukan kegiatan blogwalking.

Saat bekomentar di blog lain, kita bisa menyisipkan alamat url blog kita di bagian nama pemberi komentar. Dengan demikian, ketika orang-orang mengklik nama kita, maka mereka akan diarahkan ke blog kita.

mempromosikan blog dengan blogwalking
Ketika blogwalking, kita bisa mencantumkan alamat web di bagian nama pemberi komentar.

Kegiatan blogwalking bermanfaat untuk :

  • mengenalkan blog Anda kepada blogger lain (meningkatkan popularitas blog Anda),
  • membangun relasi dengan blogger lain,
  • mendatangkan pengunjung ke blog Anda.

Bagaimana Cara Mempromosikan Blog Lewat Blogwalking?

Sebelum melakukan kegiatan blogwalking, ada baiknya kita meningkatkan kualitas blog kita. Pastikan blog kita sudah siap untuk dikunjungi orang-orang. Pastikan di blog kita sudah tersedia konten yang sesuai dengan kebutuhan target pembaca. Jika konten sudah siap, barulah kita mulai mendatangkan pengunjung ke blog.

Jika blog sudah terisi dengan konten, sudah tentu pengunjung bisa lebih puas saat mereka datang ke blog kita.

Langkah-langkah mendatangkan pengunjung dengan cara blogwalking dapat Anda pelajari di video berikut.

Follow Twitter @JefferSuperClub untuk mendapatkan update artikel via Twitter.

banner horisontal langganan artikel

Mau belajar SEO untuk meningkatkan penjualan dan ranking bisnis Anda di Google? Yuk belajar di MasterClass SEO Untuk Bisnis di sini

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • strategi promosi dengan blog walking

5 thoughts on “Cara Mempromosikan Blog UKM dengan Blogwalking

  • Pengunjung blog saya sering datang dari url perujuk dari domain ini,padahal sepertinya saya belum pernah melakukan blogwalking disini.Pertanyaan saya apakah blogwalking masih penting untuk seo,menurut kabar yang saya dengar,blogwalking sudah tidak penting dijaman sekarang.Saya tungggu jawabannya karena saya takut resiko melakukan blogwalking.

    • Untuk kegiatan SEO, blogwalking termasuk salah satu cara menanam backlink. Blogwalking tetap diperlukan asal dilakukan dengan upaya yang tidak berlebihan. Dengan blogwalking, kita bisa membangun interaksi dan relasi dengan blogger lain. Selain itu, kita juga bisa sambil promosi blog ketika blogwalking.

      Kalau untuk aspek SEOnya memang blogwalking bukanlah yang paling penting. Tetapi dalam aspek marketing, blogwalking termasuk salah satu strategi untuk memopulerkan blog kita.

  • Terima Kasih JEFFERLY SUPER CLUB atas jawabannya,ini sangat membantu saya. Hampir setiap hari saya melihat ada perkembangan dengan blog saya tapi belum pernah menyentuh page one untuk keyword yang saya targetkan. Justru keyword yang tidak saya duga sebelumnya, malah selalu duduk di page 1.

    Ini saya simpulkan blog walking sangat berperan dalam marketing karena saya sudah membuktikan. Untuk seo jg masih lumayan,asal tidak berlebihan.

  • Wowww…mantabs ilmunya Mas Jef
    BTW apakah kegiatan blogwalking hanya untuk blog UKM atau bisa untuk mempromosikan blog2 kita yang lainnya. Kebetulan memang blog saya bergerak di bidang UKM, yaitu menyediakan peluang usaha terutama kuliner dengan modal kecil. TrimaKasih
    Sukses selalu Mas Jef
    http://www.kemitraanusaha.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *