Bagaimana Cara Memperoleh Uang Jajan Tambahan Selama Liburan?

Holiday

Musim liburan telah tiba, ibarat dua mata pisau liburan bisa membawa dampak kesenangan sekaligus “kekurang senangan” bagi para remaja :).

Di satu sisi, liburan membuat pelajar punya waktu yang lebih bebas, mereka bebas menikmati hidup seutuhnya seakan tanpa beban, namun di sisi lain satu sisi yang kurang mengenakan, uang jajan mereka berkurang (bahkan yang lebih parah di-STOP).

Terinspirasi dari status salah satu teman di Facebook, Jefferly Helianthusonfri (Co-Founder JefferlySuperClub.com) akan berbagi inspirasi kepada kawan-kawan muda mengenai bagaimana cara memperoleh uang jajan tambahan selama liburan.

Mencari tips-tips dahsyat yang mudah dilakukan untuk mendapatkan uang tambahan selama liburan? Simak artikel yang berikut ini.

Awali dengan Kreativitas dan Keberanian

Dua hal yang wajib Anda miliki ketika ingin menghasilkan uang selama liburan adalah kreativitas dan keberanian.

Yang pertama keberanian, Anda harus berani melakukan sesuatu yang selama ini Anda takuti. Dengan keberanian, Anda akan lebih terdorong untuk segera ACTION dan bertindak melakukan kegiatan-kegiatan guna menghasilkan uang selama liburan.

Yang kedua kreativitas, kreativitas diperlukan agar Anda bisa mendapatkan uang dengan menjual ide, keterampilan atau sesuatu yang sudah Anda miliki saat ini.

Siap dengan dua hal di atas? Coba praktikkan beberapa tips berikut ini.

1. Ajarkan Orang-Orang Tentang Sesuatu yang Anda Kuasai

Jika Anda adalah seorang pelajar yang punya kemampuan lebih dalam suatu bidang, maka dari sana rezeki sudah bisa Anda bangun.

Misalnya Anda pandai dan jago memasak, tak ada salahnya Anda membuka kursus memasak selama liburan di rumah. Atau ide kreatif lainnya, Anda menulis dan mengirimkan resep masakan Anda ke majalah kuliner :).

Ayolah, bayangkan betapa serunya liburan Anda ketika Anda bisa mendapatkan uang sambil melakukan hobi yang Anda sukai. Betapa serunya liburan tersebut.

2. Pamerkan Bakat Anda

Setiap orang pasti punya bakat, termasuk Anda. Investopedia.com dalam salah satu artikelnya yang berjudul 7 ways to make money in this holiday season pernah menulis bahwa memamerkan bakat adalah salah satu cara mendapatkan uang tambahan selama musim liburan.

Termasuk Anda juga dapat mendapatkan uang dengan memamerkan bakat Anda. Misalnya Anda punya bakat menulis, tak ada salahnya Anda kirimkan tulisan artikel atau cerpen/puisi Anda ke majalah. Selain mendapatkan uang, Anda juga akan mulai dikenal oleh publik.

Ehmm.. pasti nikmat sekali menjalani liburan, mendapat uang dan mulai dikenal oleh orang-orang.

3. Jadi Pekerja Lepas (Freelance)

fotografer wanitaPekerja lepas (freelance) adalah salah satu profesi yang dapat dijalankan oleh pelajar dan mahasiswa saat ini. Entah itu menjadi seorang penulis lepas, desainer freelance, dan sebagainya. Dengan menjadi seorang freelance, tentunya pekerjaan utama Anda sebagai pelajar dan mahasiswa tidak akan terganggu, sebab jam kerja seorang freelancer relatif lebih fleksibel.

Termasuk di musim liburan, tak ada salahnya Anda memanfaatkan waktu yang longgar untuk menjual keahlian Anda sebagai seorang pekerja lepas. Misalnya Anda punya kemampuan fotografi, wah pasti keren sekali kalau Anda mulai mencoba menjadi seorang fotografer freelance, pasti menarik sekali sebab Anda bisa merintis karier mulai dari usia yang masih belia.

4. Jual Barang/Produk

Mulai liburan ini tak ada salahnya Anda mulai mencoba berjualan. Entah itu berjualan fashion, tas, aksesoris, sepatu atau lainnya.

Tak perlu malu-malu untuk mulai berjualan, lha namanya cari rezeki ya memang harus ada kerja keras dan pengorbanan dulu di awal :).

Tapi jika Anda belum siap untuk berjualan secara langsung atau door to door di dunia nyata, tak ada salahnya memulai dari dunia maya.

Apalagi saat ini sudah jamannya media sosial, blog dan toko online, siapapun asal mau bisa berjualan di internet.

Produk yang Anda jual bisa Anda dapat dari kegiatan dropship ataupun dengan memproduksinya sendiri. Barangkali dari kegiatan semacam ini Anda sudah mulai bisa membangun bisnis.

5. Mendapatkan Uang Jajan Tambahan dari Internet

Ditengah kemajuan teknologi seperti sekarang ini, tambahan uang juga bisa didapat dari internet. Ada banyak sekali cara dan metode untuk menghasilkan uang melalui internet.

Bahkan sangking banyaknya, kami sudah pernah menulis buku berjudul 88 Cara Inspiratif Cari Uang di Internet.

Namun untuk Anda pelajar dan mahasiswa maka kami sarankan Anda memulai dengan membaca artikel 5 Cara Mudah Bagi Pelajar Untuk Mendapatkan Uang Secara Online.

Just Do It

Meminjam slogan dari Nike, satu pesan dari kami yakni just do it. Jangan kebanyakan mikir. Lakukanlah apa yang mau Anda lakukan, terkait dalam menghasilkan tambahan uang jajan ini. Selagi Anda enjoy, dan itu baik Anda bebas melakukannya.

Buang rasa malu Anda, atasi rasa takut Anda dan mulailah ACTION.

Oke, mudah-mudahan artikel ini menginspirasi Anda dan have a nice day :).

Jefferly Helianthusonfri

Co-Founder JefferlySuperClub.com, Penulis dan pebisnis internet muda berusia 16 tahun.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara mengisi liburan dengan menghasilkan uang
  • kegiatan yang menghasilkan uang saat liburan
  • mengisi waktu liburan yang menghasilkan uang
  • cara pelajar mendapatkan uang tambahan
  • cara mencari uang tambahan untuk pelajar
  • cara mengisi liburan yang menghasilkan uang
  • ngisi kekosongan waktu libur dgn menambah uang jajan
  • cara mendapatkan uang saat liburan sekolah
  • cara mencari uang tambahan bagi mahasiswa
  • cara menghasilkan uang saat liburan
Be Sociable, Share!