Cara Membuat Website : Bagaimana Memilih Aplikasi CMS Website?

Duh, bingung memilih CMS apa ya?

Bagaimana ya cara memilih aplikasi CMS Website?

WordPress? Joomla! ? Blogger? atau yang mana nih?

sumber gambar : itvedant.com

sumber gambar : itvedant.com

Barangkali sebagian dari Anda saat ini tengah kebingungan mau menggunakan aplikasi CMS website apa yang akan digunakan untuk website Anda.

Artikel ini adalah seri ke-3 dari kumpulan artikel cara membuat website. Khusus pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana memilih aplikasi CMS yang akan digunakan untuk website kita nantinya.

Setelah mengikuti pembahasan di artikel ini, mudah-mudahan Anda sudah tahu CMS seperti apa yang paling cocok untuk membantu Anda membuat sekaligus mengembangkan sebuah website.

CMS Solusi Mudah Untuk Membuat Website

cms websiteCMS atau Content Management System, adalah sebuah aplikasi yang dapat kita gunakan membangun sekaligus mengembangkan sebuah website. Jika dulu orang harus ber-repot-repot menyusun kode website mulai dari nol, maka saat ini hal seperti itu tidak harus untuk dilakukan lagi.

Di tengah kemajuan teknologi saat ini, sudah hadir beragam CMS yang siap memudahkan siapa saja untuk membangun website sendiri. Bahkan bagi mereka yang betul-betul “buta” dengan dunia website, bisa dengan mudah membangun website bermodalkan sebuah CMS.

Hadirnya banyak CMS saat ini terkadang membingungkan sebagian orang, mereka bingung harus memakai CMS yang seperti apa dalam membangun sebuah website.

Tips Memilih CMS Website

Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan jika Anda masih bingung memilih CMS apa yang akan digunakan dalam membuat website. Berikut tipsnya.

  1. Tentukan jenis website yang mau Anda bangun. Anda mau membangun web jenis apa sih? Apakah web yang berupa toko online? blog? atau yang lainnya. Ingat beda jenis website, bisa beda pula CMS yang digunakan. Ambil contoh si A mau membuat toko online.
  2. Cari referensi tentang CMS yang cocok untuk jenis website Anda. Selanjutnya Anda bisa cari tahu CMS kayak gimana sih yang cocok untuk website saya? Contoh kalau si-A mau membuat toko online, maka dia bisa pakai sejumlah CMS toko online (seperti Prestashop, Opencart, dll).
  3. Cari tahu tentang CMS tersebut, kelebihan dan kekurangannya apa? Anda juga perlu mencari info tentang kelebihan dan kekurangan aplikasi CMS yang mau Anda gunakan. Jangan sampai Anda menggunakan CMS yang salah lalu Anda menyesal di kemudian hari.
  4. Pilihlah CMS yang didukung oleh banyak pengembang, dan sudah banyak penggunanya. Ini tidak harus Anda lakukan, tetapi akan sangat membantu jika Anda melakukannya. Jika CMS yang Anda gunakan itu sudah didukung oleh banyak pengembang, maka tentu Anda tidak akan kesulitan untuk mencari aplikasi tambahan guna mendukung kinerja website Anda. Selain itu gunakanlah CMS yang sudah populer, agar Anda bisa bertanya dan belajar dari para pengguna lainnya.

Jenis-Jenis Apliaksi Web yang Barangkali Cocok Untuk Anda

  • Prestahop. CMS yang satu ini cocok untuk Anda gunakan jika Anda mau membangun dan mengembangkan website jenis toko online. Anda bisa mendownload Prestashop di Prestashop.com.
  • WordPress. Nah jika Anda mau membangun sebuah website blog, maka aplikasi ini layak menjadi tumpuan utama Anda. Sebab WordPress benar-benar mudah digunakan dan cocok untuk Anda yang mau berkreasi dalam membuat blog. Tertarik mencoba WordPress, silakan kunjungi situsnya di WordPress.org.
  • Blogger.com. Nah kalau yang satu ini, cocok untuk Anda mau membuat blog/website dengan modal dengkul alias gratis. Website yang dibuat dengan Blogger bisa berupa blog, bahkan sampai toko online.
  • Magento. Aplikasi satu ini juga menarik untuk Anda coba jika Anda mau membangun website toko online.
  • Moodle. Anda mau membangun website e-learning? Tak ada salahnya coba aplikasi website satu ini. Silakan kunjungi situs dari Moodle di https://moodle.org/.
  • Mau membuat website forum? Anda bisa coba aplikasi phpBB. Anda bisa mengunjungi website aplikasi ini di https://www.phpbb.com/.

Bagaimana? Sudah tahu Anda mau memakai CMS apa? 🙂

Selamat berkreasi dan semoga website Anda sukses. Sampai jumpa di artikel seri cara membuat website selanjutnya.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • langkah-langkah membuat site toko online dengan memanfaatkan CMS blogger com
  • cara menggunakan cms
  • cara mengembangkan toko online menggunakan content management systems
  • aplikasi cms membuat web
  • cara pakai aplikasi cms
  • cara pakai cms
  • tips pilih cms
  • cara nembangun cms wordpress
  • gimana cara membuat website forum
  • ebook membuat web forum
Be Sociable, Share!