Cara Membangun Toko Online dengan Blogspot Mudah dan Praktis

Toko Online Dengan BloggerBlogspot atau yang juga dikenal dengan nama Blogger juga merupakan salah satu aplikasi website yang paling diminati saat ini, sebab selain praktis dan mudah digunakan, aplikasi Blogger ini juga gratis :). Tak heran karena punya banyak kelebihan, maka orang-orang berbondong-bondong mau menggunakan aplikasi Blogger untuk membangun toko online.

Nah pada artikel kali ini, kami akan coba bahas langkah-langkah yang diperlukan untuk membangun toko online dengan menggunakan Blogger (Blogspot). Mudah-mudahan setelah mengikuti pembahasan cara yang ada dalam artikel ini, Anda mampu membuat sendiri toko online Blogger Anda.

Langsung saja, inilah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk membangun toko online dengan memakai aplikasi Blogspot.

1. Siapkan Dulu Produk yang Akan Dijual

Sebelum mulai membangun toko online ada satu hal yang wajib Anda siapkan terlebih dahulu, hal tersebut adalah produk. Ya tentukan dulu produk yang akan Anda jual. Apakah berupa produk fisik, atau produk digital?

Jika Anda belum mampu menjadi produsen produk tersebut, maka Anda tidak perlu kuatir :). Sebab kita bisa bekerja sama dengan pihak lain, entah itu melalui sistem reseller ataupun sistem dropship.

Akan tetapi saya sangat merekomendasikan Anda mencoba sistem dropship, sebab sistem dropship punya banyak kelebihan. Informasi lebih lanjut mengenai sistem dropship bisa Anda baca di artikel Cara Memulai Bisnis Dropship Untuk Pemula.

Pastikan Anda memilih untuk menjual produk yang nantinya bakal laris di pasaran.

2. Rencanakan Toko Online Anda

merencanakan toko onlineSetelah produk siap, maka berikutnya adalah rencanakan dulu toko online Anda. Perencanaan toko online sangatlah penting, sebab dengan perencanaan yang matang Anda akan sangat terbantu ketika akan menjalankan toko online di masa depan nanti. Ingat, perjalanan untuk meraih sukses lewat toko online tidak mudah, ada banyak halang rintang yang harus kita lewati.

Sebelum mulai membangun, maka rencanakan dulu hal-hal berikut ini.

  • Nama dan merek toko online Anda. Nama/merek sangatlah penting, pilihlah nama toko online yang benar-benar menggambarkan produk yang Anda jual. Contoh misalnya seperti situs JualMakananPalembang.com yang sesuai dengan namanya menjual berbagai makanan khas dari Sumatera Selatan dan Palembang.
  • Target pasar toko online Anda nantinya. Apakah ibu-ibu yang baru punya bayi? Atau bapak-bapak yang hobi main futsal? Atau justru remaja putri yang sedang suka dengan segala sesuatu yang berbau korea? Siapa sih yang menjadi target utama untuk menjadi pembeli produk Anda?
  • Cara promosi toko online Anda. Beda target pasar, jelas beda cara promosi. Untuk itu pastikan Anda memilih metode promosi yang paling tepat dan efektif.

3. Mulai Membangun Toko Online

Setelah perencanaan siap, pastikan Anda segera membangun toko online yang nantinya akan Anda miliki. Jika Anda memakai toko online dari Blogger, Anda bisa membangun toko onlinenya secara gratis.

Untuk mulai membangun toko online di Blogger, silakan Anda daftar dulu melalui situs www.blogger.com.

Nah setelah daftar nanti, Anda tinggal mengisi produk ke toko onlinenya, lalu mempercantik tampilan toko online tersebut.

4. Percantik Tampilan Toko Online Blogger Anda

template Blogger os 1Setelah toko online Anda jadi, maka langkah berikutnya yang perlu kita lakukan adalah mempercantik tampilan toko online.

Pastikan Anda menggunakan template yang mendukung tampilan sebuah toko online. Contoh template Blogger yang mendukung tampilan toko online bisa Anda cari di Google memakai kata kunci “Blogger online store template“.

Nah setelah Anda mendapatkan templatenya maka silakan instal dan gunakan template tersebut di toko online Blogger Anda.

5. Lengkapi dan Promosikan Toko Online Anda

Setelah dari segi fisik dan tampilan sudah siap maka sekarang segera lengkapi toko online Anda. Tentu saja orang-orang datang ke toko online Anda karena ingin berbelanja, so lengkapi katalog produk toko online Anda. Semakin variatif produk yang tersedia, mudah-mudahan semakin banyak konsumen yang tertarik membeli dari toko online Anda.

Tak hanya melengkapi saja, tapi juga promosikan toko online Blogspot Anda. Tujuannya jelas, agar bisa segera dapat pembeli :). Bagaimana cara promosi toko online? Akan kita bahas selengkapnya pada artikel selanjutnya.

Semoga artikel cara membangun toko online Blogspot kali ini bisa bermanfaat ya.

Tetap semangat dan sukses selalu!!

Klik di sini untuk dapatkan buku panduan lengkap membangun toko online dengan Blogger (ada penawaran khusus)

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara membuat toko online dengan blogspot
  • membuat toko online dengan blogspot
  • cara buat toko online dengan blogspot
  • bikin toko online dengan blogspot
  • membuat toko online di blogger
  • cara membuat toko online dengan blogger
  • membuat katalog produk di blogspot
  • langkah cara membuat toko online
  • cara buat toko online di blogspot
  • cara mempercantik tampilan toko online diblog wordpress
Be Sociable, Share!