Cara Membangun Relasi dengan Pelanggan Lewat Facebook

interaksi dengan pelanggan di FacebookPenggunaan Facebook untuk pemasaran, bukanlah sesuatu yang baru. Nah bagi Anda para Facebook marketer (orang yang memasarkan barang/jasa lewat Facebook) pasti sudah tidak asing dengan cara-cara membangun relasi dengan pelanggan lewat Facebook. Oleh karena itu pada artikel social media marketing kali ini saya ingin mengajak Anda untuk bersama-sama membahas mengenai cara membangun relasi dengan pelanggan lewat jejaring sosial Facebook.

Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini, Anda semakin terinspirasi untuk memanfatkan Facebook dalam kegiatan pemasaran Anda.

Langsung saja, berikut cara-cara membangun relasi dengan pelanggan lewat social media Facebook.

1. Sesekali Berikan Like atau Komentar Pada Status Pelanggan Anda.

Meski Anda memanfaatkan situs Facebook untuk melakukan pemasaran, jangan lupakan bahwa sebenarnya Facebook hadir sebagai media sosialiasi di internet. Jadi jangan lupa untuk sesekali bersosialiasi dengan pelanggan Anda. Tidak susah koq, dan ada banyak cara sederhana.

Misalnya dengan memberikan like atau komentar pada status para pelanggan Anda. Perhatian dan interaksi kecil semacam ini biasanya akanĀ  membuat brand atau bisnis Anda diingat oleh pelanggan Anda. Coba deh.

2. Berbaurlah di Grup Para Pelanggan Anda.

Setiap pengguna Facebook, biasanya juga cukup sering mengikuti suatu grup. Nah keberadaan grup ini sebenarnya sangat bagus untuk kita manfaatkan dengan tujuan melebarkan jaringan pemasaran kita. Hanya saja kita tidak boleh melakukan SPAM, bangunlah relasi dan interaksi yang sewajarnya saja :).

Jika Anda rutin berbaur dan cukup dikenal di grup, maka biasanya member-member dari grup yang Anda ikuti akan lebih kenal Anda. Dan dampaknya produk dan bisnis Anda akan semakin dikenal.

3. Manfaatkan Juga Fans Page.

Belum afdol Anda berpromosi di Facebook jika Anda belum punya fans page, kenapa? Sebab fans page adalah layanan yang memang sudah disediakan oleh Facebook untuk para pelaku bisnis. Selain bisa menjangkau banyak orang, pemanfaatan fans page juga akan membuat kesan bisnis Anda semakin profesional.

Jika Anda sudah punya fans page, maka ada banyak cara berinteraksi yang bisa Anda pilih. Misalnya melalui :

  • Status. Anda bisa buat status lewat fans page, kemudian para fans Anda bisa berinteraksi dengan Anda :).
status fans page

Memanfaatkan status untuk membangun interaksi dengan fans lewat fans page

  • Lewat foto. Kirimkanlah foto yang unik dan menarik ke fans page Anda, maka dijamin nanti akan banyak fans yang berinteraksi di page Anda.
  • Lewat catatan diĀ fans page Anda.

4. Jangan Lupa dengan Kuis.

Kuis adalah salah satu media membangun relasi yang sangat efektif. Anda bisa adakan sebuah kuis untuk para pelanggan Anda. Nanti untuk hadiahnya Anda bisa hadiahkan produk Anda secara gratis. Misalnya kalau Anda jual kaos, maka hadiah kuis nanti bisa berupa kaos dari Anda :). Kan keren tuh?

Saya dulu pernah mengadakan kuis, dan dampaknya cukup bagus. Selain bisa menambah jumlah fans di fans page saya, kuis juga meningkatkan interaksi antara kita dan para pelanggan.

Mengenai studi kasus kuis lewat Facebook, contohnya seperti yang saya lakukan di sini nih :).

contoh kuis di Facebook

contoh kuis di Facebook

Tertarik mencoba?

5. Sesekali Cobalah Untuk Chat dengan Para Pelanggan Anda.

Chating adalah salah satu media yang paling sering dimanfaatkan ketika sedang ber-Facebook ria. Nah sesekali cobalah untuk chat dengan para pelanggan Anda di Facebook. Ya tidak perlu ngobrol yang berat-berat, akan tetapi hal kecil seperti menanyakan kabar, ucapan selamat ulang tahun, ucapan selamat atas kabar gembira, itu saja sudah cukup untuk merekatkan relasi Anda dengan para pelanggan Anda :).

Coba deh, jika Anda tidak sedang sibuk, coba lakukan chat dengan para pelanggan Anda. Dijamin mereka akan sangat menghargai usaha baik Anda untuk menjaga silaturahim.

Nah rekan pembaca yang baik hatinya, ternyata tidak sulit ya untuk membangun relasi yang baik dengan pelanggan. Apalagi dengan hadirnya beragam fitur praktis dari jejaring sosial seperti Facebook, saat ini. So, sebenarnya tidak ada alasan bagi kita untuk tidak membangun relasi yang baik dengan sesama. Sebab sekarang silaturahim bisa jadi praktis dan mudah lewat social media.

Baik sekian dulu artikel ini, semoga bisa memberi banyak inspirasi untuk Anda.

Jefferly Helianthusonfri.

Penulis dan blogger muda berusia 16 tahun dari Lubuklinggau.

Informasi : jika Anda butuh panduan lengkap melakukan social media marketing/pemasaran di internet, maka silakan klik di sini.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara membangun relasi
  • cara membuat pelanggan di facebook menjadi banyak
  • tips promosi di social media
  • cara banyak pelanggan difacebook
  • cara membangun relasi di internet
  • rekomendasi buku tentang sosial media marketing
  • cara membangun relasi bisnis
  • makalah marketing jejaring sosial
  • cara banyak pelanggan di facebook
  • cara membuat atau memanfaatkan relasi
Be Sociable, Share!