Bagaimana Cara Sederhana Tapi Ampuh Untuk Membangun Link Web Anda?

ilustrasi backlinkSEO, lagi-lagi kita bicara soal SEO. Sebagai salah satu inventori utama dalam bisnis online, tentu membahas soal SEO akan sangat menarik, terutama bagi Anda yang mau melakukan optimalisai SEO untuk website bisnis online Anda.

Beberapa waktu yang lalu, kami sudah pernah bahas seputar bagaimana cara belajar SEO untuk pemula, nah kali ini kita akan coba bahas seputar cara-cara ampuh untuk membangun link website.

Seperti yang telah kita ketahui, SEO ada 2 jenis yakni SEO on page dan SEO off page. Nah teknik SEO off page memang erat sekali kaitannya dengan membangun link (link building).

Seperti apakah cara yang ampuh dan efektif untuk membangun link? Silakan simak artikel berikut ini.

1. Harus Diawali dengan Konten yang Berkualitas dan Disukai

Nah ini adalah hal yang amat sangat penting dan menjadi dasar sebelum Anda melakukan optimalisasi SEO off page.

Penjelasannya seperti ini. Blog-blog/website dengan konten yang bagus, berkualitas dan disukai biasanya akan dengan mudah direkomendasikan oleh orang lain. Ya sebut saja misalnya blog yang bagus itu namanya blog A.

Tentu saja para pembaca blog A akan dengan senang hati membagikan dan membantu promosi blog A. Bukan tidak mungkin para pembaca blog A akan banyak menulis seputar blog A di blog yang mereka miliki. Nah dari sana, blog A sudah dapat backlink.

Tentunya dengan faktor kali, jumlah backlink yang didapat oleh blog A bisa akan melipat berkali-kali.

Intinya, website/blog kita harus bagus, menarik dan disukai orang-orang. Barulah dari sana SEO yang kita lakukan bisa semakin optimal.

2. Membangun Link dengan Memanfaatkan Niche Blog

Apa itu niche blog? Jawabannya sudah kami bahas di artikel Apa itu niche blog dan apa kelebihannya?

Nah jika Anda punya beberapa blog lain di luar blog/website utama Anda, maka Anda bisa manfaatkan keberadaan berbagai blog pendukung tersebut.

Contohnya, saya punya beberapa blog lain, seperti BlogMotivasi.com, KeajaibanMenulis.com, nah tak jarang dari blog-blog tadi saya memberi sumbangan backlink untuk website ini.

3. Kirimkan Artikel ke Social Bookmark

Di internet, ada buaanyaak sekali social bookmark yang dapat kita manfaatkan. Mulai dari social bookmark lokal hingga sosial bookmark luar negeri.

Berikut beberapa social bookmark yang kami rekomendasikan.

  • Lintas.me.
  • InfoGue.com.
  • Digg.
  • StumbleUpon.

4. Bagikan Konten Website Anda di Jejaring Sosial

Ya, jangan sungkan-sungkan untuk membagikan konten website Anda di berbagai jejaring sosial yang Anda gunakan.

Entah itu Facebook, Google Plus, dan jangan lupa pula manfaatkan Twitter untuk kegiatan optimalisasi SEO dan promosi website/blog Anda.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memanfaatkan Youtube.

5. Backlink dari Berkomentar di Web/Blog Lain.

Tentu saja, jangan lupa dengan blogwalking. Selain dapat kita manfaatkan untuk berburu backlink, blogwalking juga penting untuk menjaga silaturahim dengan website-website lain.

6. Backlink dari Direktori Website dan Forum

Cara ini jarang kami lakukan, tapi bagi sebagian blogger juga cukup gencar memanfaatkan metode ini dalam meningkatkan peringkat website mereka di mesin pencari.

Kemudian, jangan lupa juga dengan berburu backlink melalui forum-forum yang ada di internet. Sudah ada banyak forum di internet yang dapat kita optimalkan guna melakukan SEO off page.

7. Menjadi Penulis Tamu di Berbagai Web Lain

Cara yang ke-7 adalah dengan menjadi penulis tamu (guest post) di website-website lain. Akan lebih baik bila Anda jadi penulis tamu di website yang topiknya berkaitan dengan website Anda.

Misalnya kalau web Anda seputar kesehatan, maka menjadi penulis tamu di blog lain tentang kesehatan adalah solusi yang baik.

Akhir kata, saya tunggu kisah sukses Anda melejitkan website Anda ke peringkat yang memuaskan di mesin pencari. Jika Anda mau share, mau konsultasi atau mau memberi masukan silakan hubungi kami melalui Facebook di JefferlySuperClub.

O iya penting untuk diingat agar kegiatan link building ini dilakukan secara bertahap, dan natural. Jangan pernah melakukan optimalisasi SEO off page dengan membombardir.

Salam,

Jefferly Helianthusonfri—————————-

Catatan, bagi Anda yang mencari buku panduan SEO untuk pemula, silakan klik di sini.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara membangun link
  • cara seo off page
  • ilustrasi membangun bisnis
  • panduan seo off page
Be Sociable, Share!