Cara Memasarkan Produk UKM Lewat Internet

promosi produk UKM

Ilustrasi (sumber gambar : Wix.com).

Keberadaan internet sangatlah membantu para pelaku bisnis untuk memasarkan bisnis mereka. Termasuk bagi para pelaku UKM, keberadaan internet juga dapat dimanfaatkan untuk promosi bisnis mereka. Lantas, bagaimana cara memasarkan produk UKM lewat internet?

Dalam tulisan berikut kami akan mengulas sejumlah cara yang dapat digunakan untuk memasarkan produk UKM di internet. Mudah-mudahan setelah membaca tulisan ini, Anda dapat segera memasarkan produk melalui internet.

Inti dari Pemasaran di Internet

Inti dari kegiatan pemasaran di internet adalah menjadikan produk/bisnis Anda ditemukan oleh orang-orang. Untuk itu, berbagai upaya pun harus dilakukan agar bisnis/produk Anda ditemukan di internet. Apapun media yang kita gunakan dalam memasarkan produk di internet, pada intinya kita ingin menjadikan bisnis/produk kita mudah ditemukan orang-orang.

Ada banyak cara yang dapat kita gunakan untuk menjadikan produk kita mudah ditemukan oleh orang-orang.

1. Memasarkan Produk Melalui Website

Website merupakan sarana marketing yang sangat penting dalam bisnis internet. Apapun bisnis Anda, keberadaan website dapat memudahkan Anda untuk berpromosi di internet. Website bisa menjadi semacam lambang eksistensi Anda di internet.

Sebagai sebuah media, website dapat digunakan untuk kegiatan publikasi. Termasuk, sebuah website juga bisa dipakai untuk memasarkan produk Anda. Ada berbagai jenis website yang dapat kita gunakan untuk memasarkan produk, di antaranya sebagai berikut.

  • Web company profile, merupakan website yang digunakan untuk memublikasikan profil perusahaan/bisnis Anda. Melalui web ini, seorang pelaku bisnis dapat mengenalkan profil bisnis mereka. Web jenis ini cocok digunakan oleh perusahaan jasa (misalkan penyedia jasa desain, penyedia jasa konsultan, penyedia jasa bimbingan belajar dsb).
  • Blog. Blog termasuk salah satu jenis website. Contoh sebuah blog misalnya seperti blog yang tengah Anda baca ini. Sebuah blog juga bisa digunakan untuk promosi produk UKM.
Contoh sebuah blog.

Contoh sebuah blog.

  • Toko online, merupakan website yang digunakan untuk menjual produk. Website jenis ini (toko online) cocok digunakan oleh UKM yang bergerak di bidang penjualan ritel/penjualan produk dalam jumlah banyak (misalkan : toko sepatu, toko batik, toko buku, toko aksesoris, dsb).

Keunggulan memasarkan produk melalui website milik sendiri adalah Anda memegang kendali penuh terhadap pemasaran Anda. Lain halnya ketika Anda memasarkan produk melalui marketplace atau media sosial. Jika Anda memasarkan produk melalui marketplace, sudah tentu Anda harus tunduk pada ketentuan layanan penyedia marketplace.

(Baca juga : Cara Mempromosikan Produk UKM Lewat Blog.)

2. Memasarkan Produk Melalui Marketplace

Bagi Anda yang belum ingin membuat website, Anda juga bisa memanfaatkan keberadaan marketplace untuk memasarkan produk Anda. Contoh marketplace misalnya BukaLapak dan Tokopedia. Lewat marketplace, siapapun dapat mendaftar dan selanjutnya bisa segera menjual produk.

Dibandingkan memasarkan produk melalui web, memasarkan produk lewat marketplace terbilang lebih praktis. Mengapa? Karena fasilitas pemasaran sudah disediakan oleh penyedia marketplace. Anda tinggal berjualan.

Tokopedia, salah satu marketplace yang populer di Indonesia.

Tokopedia, salah satu marketplace yang populer di Indonesia.

Lebih dari itu, marketplace yang besar (seperti Tokopedia) gencar melakukan promosi di berbagai media (Anda tentu sering melihat iklan Tokopedia di televisi). Kegiatan promosi secara gencar seperti ini menjadikan marketplace tersebut semakin ramai. Semakin ramai sebuah marketplace sudah tentu bagus bagi para penjual di sana. Makin ramai sebuah marketplace sudah tentu makin banyak pembeli yang berdatangan.

3. Memasarkan Produk Melalui Media Sosial

Keberadaan media sosial juga dapat kita gunakan sebagai salah satu sarana promosi produk. Media sosial populer seperti Facebook, Twitter, Instagram dapat dimanfaatkan untuk kegiatan promosi. Ada berbagai fungsi media sosial dalam kegiatan pemasaran di internet.

  • Sebagai sumber trafik (sumber datangnya pengunjung) bagi website Anda. Di satu sisi, media sosial dapat dijadikan sebagai sarana promosi website. Dengan cara ini, Anda bisa mendatangkan pengunjung web dari media sosial.
  • Sebagai media promosi. Selain bermanfaat sebagai sumber trafik, media sosial juga dapat menjadi sarana promosi. Anda dapat melakukan kegiatan marketing ataupun selling di media sosial.

Baca juga :

Rekan pembaca sekalian, itulah sejumlah media yang dapat dimanfaatkan untuk promosi UKM di internet. Selain memanfaatkan sejumlah media di atas, Anda juga bisa menggunakan berbagai program periklanan di internet guna memopulerkan bisnis Anda. Ambil contoh, Anda dapat menggunakan iklan Facebook untuk mempromosikan website Anda. Contoh lain, Anda juga bisa menggunakan Google AdWords untuk mengiklankan toko online Anda.

Selain itu, juga ada berbagai strategi gerilya marketing yang dapat dijalankan untuk promosi produk UKM. Baca juga : Strategi-Strategi Pemasaran GRATIS Untuk UKM.

Follow Twitter @JefferSuperClub untuk mendapatkan update artikel via Twitter.

banner horisontal langganan artikel

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara memasarkan produk lewat internet
  • gambar produk ukm
  • cara memasarkan sofa lewat internet
  • kegiatan memasarkan produk online melalui web
  • cara memasarkan suatu produk lewat internet
  • memasarkan produk ukm lewat facebook
  • cara pemasaran produk lewat online
  • cara memasarkan produk online
  • cara untuk mempromosikan produk ukm di internet
  • Cara promosi ukm diinternet
Be Sociable, Share!