Cara Melakukan Online Marketing yang Ampuh dan Efektif

ilustrasi online marketingAda banyak cara untuk melakukan kegiatan online marketing (pemasaran lewat internet), tak terhitung lagi banyaknya artikel, ebook dan panduan belajar online marketing di luar sana. Seiring dengan semakin gencarnya penggunaan internet marketing dalam berbisnis membuat kegiatan online marketing mau tidak mau harus dijalankan oleh para pelaku bisnis.

Nah bicara soal online marketing, maka kali ini kita akan bahas mengenai berbagai cara melakukan online marketing yang ampuh dan efektif. Berikut ini beberapa caru ampuh untuk melakukan online marketing atau pemasaran secara online.

Cara-cara yang dibahas di sini tidak harus Anda lakukan semuanya, akan lebih baik kalau seandainya Anda fokus pada cara-cara yang memang ampuh dan menghasilkan untuk Anda. Berikut ini beberapa cara dan strategi super ampuh dalam melakukan pemasaran lewat internet.

1. Online Marketing dengan Menggunakan Iklan.

Di internet, ada beragam jenis iklan yang dapat kita manfaatkan untuk memasarkan produk kita. Bagi Anda yang sudah membaca buku-buku karya saya maka saya yakin Anda sudah paham dan kenal sekali dengan berbagai jenis metode periklanan yang ada di internet.

Berikut beberapa jenis periklanan online yang kerap dipakai para pelaku bisnis dalam melakukan online marketing

  • PPC, atau pay per click yakni sebuah metode periklanan di mana para pemasang iklan hanya perlu membayar ketika iklannya diklik oleh orang-orang di internet. Jadi misalkan dalam sehari iklan Anda diklik oleh 100 orang, dan harga per klik adalah 500 Rupiah, maka Anda hanya perlu membayar 50.000 Rupiah dalam sehari.
  • TLA, atau text link ads adalah iklan dalam bentuk link (tautan) saja, tidak ada gambar, hanya berupa sebuah link yang mengarah ke situs website pemasang iklan.
  • PTR atau pay to reviewed adalah sebuah metode iklan di mana kita para pemasang iklan hanya perlu membayar blogger agar mau me-review produk yang kita jual. Jadi produk kita nantinya akan di-review oleh blogger, contoh artikel review produk misalnya seperti artikel Panduan lengkap membuat blog untuk pemula.

Berikut beberapa penyedia layanan iklan PPC yang sangat dikenal di internet, barangkali Anda tertarik mencobanya :).

  • www.adsensecamp.com
  • www.google.com/adwords.
  • www.infolinks.com.
  • www.ppcindo.com.

2. Online Marketing dengan Memakai Situs Penjualan.

Cara melakukan pemasaran online (online marketing) yang kedua adalah dengan melalui situs penjualan. Ya jika Anda mau berbisnis online, maka sebaiknya Anda memiliki sebuah situs website yang dipakai untuk mempublikasikan dan memasarkan produk Anda.

Situs website yang Anda gunakan bisa berupa toko online, blog ataupun jenis situs web minisite, tergantung dari jenis produk yang Anda jual. Jika Anda menjual produk yang beragam, seperti pakaian, aksesoris, atau buku maka sebaiknya gunakan toko online.

Tapi jika produk yang Anda jual berupa ebook atau video tutorial maka akan lebih baik jika memakai situs jenis minisite. Berikut beberapa rekomendasi untuk Anda.

3. Online Marketing dengan Menggunakan Social Media.

social media marketing ilustrasiDi jaman social media, seperti ini tentu saja kita tidak boleh lupa memanfaatkan keberadaan situs jejaring sosial yang ada untuk melakukan online marketing. Ada berbagai cara yang dapat kita lakukan untuk melakukan online marketing lewat social media, contohnya seperti :

  • Membuat dan menggunakan fans page Facebook untuk kepentingan promosi.
  • Menggunakan Youtube untuk menyebarkan video promosi.
  • Memanfaatkan Twitter untuk membangun fan base dan target prospek Anda.
  • Menggunakan Google Plus dan Facebook untuk menyebarkan konten website Anda.

Tentu saja masih ada banyak cara lainnya, setiap jejaring sosial pasti punya cara-cara tersendiri untuk kita manfaatkan dalam melakukan online marketing.

4. Online Marketing Melalui Forum-Forum di Internet.

Selain situs jejaring sosial, keberadaan forum-forum di internet juga dapat kita manfaatkan untuk melakukan kegiatan online marketing. Ambil contoh seperti Kaskus, di Kaskus ada banyak sekali orang yang memanfaatkan situs forum jual beli Kaskus untuk berjualan, jika tidak percaya Anda bisa lihat langsung di FJB Kaskus.

Bagaimana, Anda tertarik melakukan online marketing lewat situs forum-forum di internet?

5. Online Marketing Menggunakan Blog.

Blog superBlog tidak hanya dapat kita manfaatkan untuk berjualan saja, tetapi sebuah blog juga dapat kita manfaatkan untuk melakukan pemasaran. Contohnya seperti situs JefferlySuperClub ini, kami tidak hanya berjualan produk-produk kami saja, tapi kami juga fokus pada membangun komunitas, sehingga dari sana kami bisa mendapatkan target konsumen yang lebih terarah.

Nah salah satu cara yang sering dimanfaatkan oleh orang-orang untuk melakukan pemasaran lewat blog adalah dengan melakukan online marketing melalui artikel. Jadi kita para pelaku bisnis online bisa membuat berbagai artikel di mana di dalam artikel itu kita selipkan pesan promosi produk yang kita tawarkan.

Jika Anda mau tips lengkap melakukan pemasaran dan jualan lewat blog, silakan baca artikel Tips Jualan dan Berbisnis Online di Blog.

Nah rekan pembaca itu dia 5 cara-cara ampuh dalam melakukan online marketing, online marketing itu tidak sulit lho, asal kita tahu caranya :). Sekarang sudah saatnya Anda segera TAKE action dan menerapkan inspirasi yang Anda dapat dari artikel ini.

Salam super,

Jefferly Helianthusonfri.

Penulis dan pebisnis internet berusia 16 tahun.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara melakukan internet marketing
  • cara membuat marketing online
  • cara pemasaran online yang efektif
  • soal internet marketing
  • cara efektif internet marketing
  • cara marketing online
  • cara melakukan marketing via online
  • cara melakukan penjualan online
  • cara melakukan e-marketing
  • cara marketing internet
Be Sociable, Share!