Cara Melakukan Email Marketing yang Mudah

email marketingCara melakukan email marketing yang mudah itulah judul artikel kita kali ini. Beberapa waktu yang lalu, sebelum artikel ini kami publikasikan, kami sudah sempat membuat kiriman di fans page JefferlySuperClub yang berisi inspirasi kegiatan email marketing. Dan salah satu rekan sempat bertanya, bagaimanakah cara melakukan email marketing?

Kami pun mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

Nah agar semakin banyak orang yang tahu bagaimana cara melakukan kegiatan email marketing, maka kami buatlah artikel ini. Belakangan ini email marketing menjadi salah satu metode internet marketing yang sangat populer, sebab selain hemat biaya, kegiatan marketing yang kita lakukan via email marketing juga akan lebih personal, seperti layaknya kita berhubungan langsung dengan prospek dan konsumen kita.

Mau tau apa saja yang harus disiapkan agar bisa melakukan kegiatan email marketing?  Simak pembahasan luar biasa kali ini.

1. Email

Ya tentu saja, ini adalah komponen dasar yang wajib Anda miliki. Email adalah alat komunikasi utama di internet saat ini, tanpa email tidak akan ada jejaring sosial, tanpa email tidak akan ada website, jadi pastikan Anda sudah punya satu email khusus yang nantinya akan dipakai untuk kegiatan email marketing.

Membuat email kan tidak sulit, kita bisa pakai email gratis seperti yang tersedia di situs Gmail.com.

2. Autoresponder

Autoresponder ini sangat penting dalam kegiatan email marketing. Sebab fungsi autoresponder antara lain sebagai berikut :

  • Menampung alamat email yang nanti akan kita kirimi email penawaran dari kita.
  • Mengirim email berisi penawaran promosi secara massal.
  • Mengelola daftar prospek yang bisa kita kirimi penawaran lewat email.

Intinya autoresponder ini akan sangat membantu kita dalam melakukan kegiatan email marketing.

Bayangkan seandainya Anda harus mengirim penawaran ke 200 email sekaligus, berapa banyak waktu yang Anda butuhkan? Tapi jika pakai autoresponder, cukup 5 menit email berisi penawaran dari Anda sudah bisa tersebar kepada banyak penerima.

Autoresponder ini ada yang gratis dan ada pula yang berbayar.

3. Halaman Landing Page

Waduh apa tuh halaman landing page?

Landing page itu bisa berupa halaman yang dapat kita manfaatkan untuk menangkap alamat email target prospek yang nantinya akan kita kirimi penawaran-penawaran.

Jadi begini, orang-orang yang mau menerima email penawaran dari kita perlu mendaftar dulu. Tujuannya supaya orang-orang tadi tidak merasa menerima email spam dari kita. Jadi ibaratnya mereka itu meminta dikirimi penawaran dari kita.

Oke langsung saja, supaya jelas silakan lihat langsung halaman landing page seperti ini.

Bagaimana cara membuat halaman landing page? Silakan baca artikel Cara Mudah dan Praktis Membuat Halaman Situs Landing Page.

Contoh tampilan sebuah halaman landing page

Contoh tampilan sebuah halaman landing page

Apa Langkah Berikutnya?

Setelah ketiga hal tadi siap, maka berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mulai mengumpulkan prospek yang nantinya bisa Anda kirimi email berisi penawaran.

Ada satu cara praktis untuk mengumpulkan banyak prospek. Caranya adalah Anda buat sebuah ebook/video tutorial yang berkaitan dengan produk Anda, nah ebook/video tutorial tadi Anda bagikan secara gratis. Tapi bagi yang mau mendownload ebook/video tutorial tadi, ia harus daftar dulu pada Anda. Setelah mereka mendaftar, barulah Anda bisa mengirimi ebook/video tutorial tadi + berbagai email berisi penawaran dari Anda.

Nah dari sanalah lambat laun Anda akan mulai mendapatkan prospek.

Setelah nanti Anda dapat prospek barulah Anda bangun silaturahim dengan mereka, kirimi mereka konten yang bermanfaat, yang sesekali disisipi dengan pesan promosi produk Anda :).

Mudah-mudahan dengannya penjualan produk Anda akan semakin meningkat.

Siap mencoba email marketing?

Remaja 16 tahun sukses menerapkan email marketing, tiru dan pelajari caranya lewat panduan ini.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara kerja email marketing
  • cara email marketing
  • kegiatan email
  • bagaimana cara kerja email marketing
  • cara kirim email blast
  • bagaimana cara kerja internet marketing yang memanfaatkan email
  • marketing lewat gmail
  • cara marketing via email
  • contoh promo email blast
  • cara melakukan email marketing
Be Sociable, Share!