Cara Jualan di Facebook Supaya Laris Manis

facebook ads

Cara jualan di Facebook supaya laris manis, itulah topik yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Di artikel ini kami akan membagikan 3 hal penting yang menciptakan kesuksesan penjualan di Facebook. Apabila Anda ingin mendapatkan banjir order dari Facebook, ingin meningkatkan omzet dari Facebook maka Anda perlu memenuhi 3 syarat berikut ini.

Tiga syarat yang kami maksud adalah :

  • Adanya hasrat membeli dari orang yang melihat penawaran produk Anda.
  • Anda memiliki reputasi yang baik.
  • Perbanyak jumlah orang yang melihat penawaran Anda.

Mari kita kupas satu per satu.

1. Hasrat Membeli Produk

Pakar psikologi finansial sangat meyakini bahwa keputusan seorang pembeli tidak selalu ditentukan oleh logika. Pakar ekonomi tradisional sangat meyakini bahwa logika adalah hal yang paling mempengaruhi keputusan membeli seseorang. Faktanya, sebagian besar transaksi penjualan sering terjadi karena emosi. Demam batu akik, fenomena bunga gelombang cinta, fenomena meledaknya saham teknologi di awal 2000-an lalu adalah sederet fenomena ekonomi yang dilatarbelakangi oleh faktor emosional. Ketika sebagian orang larut dalam hegemoni batu akik, maka kelompok masyarakat lain pun tertarik juga terhadap batu akik. Akibatnya batu akik semakin populer dan menjadi daya tarik tersendiri.

Ilustrasi batu akik. Sumber foto : jpnn.com.

Ilustrasi batu akik. Sumber foto : jpnn.com.

Sejalan dengan hukum permintaan yang berbunyi semakin tinggi permintaan maka semakin tinggi harga produk, maka harga batu akik pun terus melambung sampai suatu saat akan tercipta “ledakan batu akik” yang menyebabkan harga batu tersebut menjadi turun drastis.

Singkatnya, faktor emosional sangat berperan dalam pembuatan keputusan “beli atau tidak”. Ketika Anda berhasil mempengaruhi emosional calon pembeli plus Anda bisa meyakinkan logika mereka, maka  mereka akan sepakat berkata, “ya saya mau membeli produk Anda”.

Untuk itu, kalau mau dagangan Anda laris manis, apapun media yang Anda gunakan, entah itu Facebook, website, Google, forum atau lainnya, Anda harus mampu menimbulkan hasrat ingin beli di benak calon pembeli. Bagaimana cara menimbulkan hasrat ingin beli + mempengaruhi emosi calon pembeli?

Pelajari tekniknya di video ini.

Oleh sebab itu, sebagai seorang Facebook marketer kita harus betul-betul paham dengan psikologi pengguna Facebook. Panduan belajar psikologi dan konsep Facebook marketing yang kami sarankan adalah Panduan Facebook Marketing Facebook Domination.

2. Memiliki Reputasi yang Baik

Selain dituntut mampu menimbulkan hasrat ingin beli, kita juga perlu meyakinkan logika calon pembeli. Kita tidak bisa menggeneralisasi publik dengan mengira bahwa publik selalu membeli karena emosi. Masih ada sangat banyak orang yang kritis dalam membuat keputusan membeli atau tidak. Nah untuk meyakinkan logika calon pembeli, kita perlu menunjukkan reputasi yang baik.

Reputasi ini sangat menentukan keputusan membeli atau tidak. Tak hanya dalam bidang ekonomi, dalam bidang politik pun reputasi sangat-sangat penting. Sehebat apapun janji kampanye seorang politisi, kalau reputasi si politisi tadi sudah tercoreng maka akan sangat sulit untuk menyakinkan publik.

Oleh sebab itu, sebagai seorang marketer dan penjual, kita wajib membangun reputasi. Tak hanya itu, kita juga harus mampu meyakinkan orang-orang agar mereka percaya dengan kita. Bagaimana cara membangun dan menjaga reputasi dengan baik? Ini dia cara-caranya.

  • Buatlah orang-orang percaya dengan Anda. Cara membangun kepercayaan dari calon pembeli bisa Anda pelajari di artikel berikut : Cara Berbisnis Online Agar Dipercaya Pelanggan.
  • Jadilah pribadi yang berintegritas. Pribadi yang memiliki integritas adalah pribadi yang setia kepada yang benar. Seperti apa setia kepada yang benar? Setia kepada yang benar artinya ucapan dan tindakan kita selalu berlandaskan kebenaran. Tindakan yang berintegritas misalnya : berjualan dengan jujur, tidak memberikan janji palsu, tidak berbohong, intinya sesuai dengan nilai-nilai kebenaran. Integritas ini harus selalu dijaga. Penjual yang punya integritas akan selalu diapresiasi oleh orang lain, entah itu oleh konsumen, pembeli, investor, karyawan, dan pihak-pihak pemangku kepentingan lainnya.
  • Perbanyak sharing. Tak hanya melulu berjualan, kita juga perlu melakukan kegiatan sharing. Sharing yang kami maksud di sini adalah edukasi. Sebagai penjual kita perlu mengedukasi calon pembeli. Tak hanya calon pembeli, konsumen setia kita pun harus selalu diedukasi. Contoh sederhana, misalkan Anda menjual produk-produk fashion (sepatu, baju, kaos, dsb). Nah bentuk edukasi yang Anda lakukan bisa berupa edukasi tentang bagaimana cara berpakaian agar tampil menarik, cara memikat lawan jenis dengan kombinasi pakaian, dan sebagainya. Dalam kegiatan edukasi yang Anda lakukan itulah, Anda bisa sedikit menyelipkan promosi tentang produk Anda. Kegiatan edukasi semacam ini dapat Anda lakukan lewat grup, akun personal di Facebook, ataupun halaman Facebook.

3. Perbanyak Jumlah Orang yang Melihat Penawaran Anda

Jika Anda sudah mampu menimbulkan hasrat ingin beli, plus Anda juga mampu meyakinkan logika calon pembeli, maka syarat ketiga yang harus dipenuhi agar dagangan Anda laris manis adalah Anda harus menjadikan orang-orang tahu tentang produk Anda. Semakin banyak orang yang tahu tentang produk Anda maka semakin mungkin produk Anda akan laris manis.

Inilah mengapa brand-brand besar tidak tanggung-tanggung ketika berpromosi. Brand-brand besar seperti Garuda Indonesia, Coca Cola, XL, Tokopedia, dsb dilengkapi budget pemasaran yang sangat besar karena mereka ingin brand mereka dikenal luas.

Fokus ke brand Tokopedianya ya bro.. jangan ke Chelsea Islannya. :) (sumber foto : http://tekno.kompas.com).

Fokus ke brand Tokopedianya ya bro.. jangan ke Chelsea Islannya. 🙂 (sumber foto : http://tekno.kompas.com).

Dalam bisnis dan penjualan dikenal istilah tingkat konversi. Semakin tinggi tingkat konversi maka semakin besar pula angka penjualan. Anggaplah tingkat konversi produk Anda adalah 5 %. Itu artinya jika produk Anda dilihat/ditawarkan kepada 100 orang maka akan ada 5 pembeli.

Nah, guna meningkatkan jumlah penjualan maka tugas Anda adalah :

  • Mempertahankan tingkat konversi (kalau bisa ditingkatkan).
  • Memperbanyak jumlah orang yang melihat penawaran produk Anda.

Dengan audiens sebanyak 100 orang, Anda mampu mendapatkan 5 pembeli. Bayangkan kalau audiens (orang yang melihat penawaran Anda) adalah 10.000 orang. Jika tingkat konversi tetap 5 % maka Anda bisa mendapatkan 500 pembeli! Dua faktor kunci inilah yang menjadi “rahasia” sukses orang-orang meraup penjualan yang fantastis di internet.

Lantas, bagaimana cara memperbanyak jumlah audiens yang melihat penawaran kita di Facebook? Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan bantuan Facebook Ads. Dengan Facebook Ads, Anda bisa menawarkan produk kepada ribuan atau bahkan ratusan ribu orang. Jika kita hanya mengandalkan halaman Facebook, maka kita perlu waktu dan proses untuk membangun ribuan audiens. Kalau pakai Facebook Ads, pagi ini Anda pasang iklan, maka nanti sore produk Anda sudah bisa dilihat ratusan bahkan ribuan orang.

(Bagi Anda yang mau belajar Facebook Ads, silakan belajar di BelajarIklandiFacebook.com)
Belajar Iklan Di Facebook 468x60
Sidang pembaca sekalian, itulah rahasia sukses supaya jualan Anda laris manis. Sekadar mengingatkan, ada 3 komponen yang membentuk sukses jualan di Facebook. 3 komponen tersebut antara lain :

  • Anda mampu menciptakan hasrat ingin beli;
  • Anda mampu meyakinkan calon pembeli dengan reputasi yang baik;
  • Anda mampu menjadikan produk Anda diketahui oleh banyak orang.

Silakan FOKUS pada 3 hal di atas maka Anda akan menjumpai kesuksesan Facebook marketing.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • jualan di facebook
  • cara jualan di facebook laris
  • cara jualan online laris manis
  • cara jual beli online di facebook
  • cara berjualan online agar cepat laku
  • cara jualan online laris
  • cara menjual hp di fb
  • cara menarik pembeli di facebook
  • cara jual baju online di facebook
  • tips jualan laris di facebook
Be Sociable, Share!