Cara Jitu Membangun Brand di Internet

Brand atau merek adalah salah satu aset yang sangat berharga bagi bisnis yang kita miliki. Brand yang bagus dan terkenal biasanya menjadikan perusahaan pemilik brand tersebut menjadi sangat maju dan mampu merajai pasar. Lihat saja sederet merek terkenal seperti Apple, Microsoft, Google, Nike, Sosro, Aqua, KFC dan sederet nama-nama merek luar biasa lainnya.

Perusahaan-perusahaan itu mampu tumbuh subur dan amat sangat cepat. Bicara soal brand, bagaimana sih cara membangun brand (merek) di internet? Mari kita bahas di artikel ini.

Bagi Anda yang sudah membaca produk Panduan Lengkap Bisnis Ebook maka saya yakin Anda pasti sudah tahu cara membangun brand yang efektif, sebab di salah satu ebook nya sudah saya bahas secara komplit cara membangun brand lewat internet.

Nah berikut cara-cara yang bisa Anda tiru dan terapkan untuk bisa membangun brand yang terkenal dan melekat di hati para pemakai internet.

1. Pilihlah Nama Merek yang Sederhana dan Mudah Diingat.

Coba deh perhatikan merek-merek seperti Microsoft, Teh Botol Sosro, Nike, Adidas, Starbucks, dan Apple. Mereka memilih brand yang sangat simple dan mudah diingat. Nah apakah merek Anda juga simple dan mudah diingat?

Untuk itu dalam memilih merek, pastikan Anda memilih nama brand yang singkat, sederhana dan mudah diingat. Sebab semakin merek kita mudah diingat, maka akan semakin melekat brand kita di hati setiap orang.

Tapi nama merek saja belum cukup, jelas ada upaya promosi yang harus kita lakukan.

2. Ciptakan Kesan dan Rasa Yang Luar Biasa Bagi Konsumen.

Pernakah Anda makan di KFC, atau pernahkah Anda mampir di Pizza Hut? Bagaimana rasanya? Jelas berbeda dengan tempat makan biasa, bukan?

Dengan cita rasa dan kesan khusus yang mereka ciptakan, KFC, Pizza Hut dan sederet merek perusahaan makanan lainnya, mereka bisa mendapatkan pelanggan setia. Meskipun kalau kita telusur lebih dalam, produk-produk KFC tidaklah terlalu “wah” tapi mereka tetap saja punya konsumen setia.

Itu terjadi karena mereka tidak hanya menjual makanan saja, mereka juga menjual kebersihan tempat makan, fasilitas tambahan (seperti tempat parkir), dan banyak lagi. Apa pernah Anda lihat di KFC tempat makannya kotor, meja-mejanya pada reot? Tidak pernah kan :).

Untuk itu kalau mau brand Anda melekat dan dikenal maka ciptakan kesan dan rasa puas untuk konsumen. Misalnya Anda bisa buat layanan customer service yang memuaskan (ramah) untuk konsumen , atau Anda bisa berikan diskon dan bonus pada produk yang Anda jual, dan sebagainya.

3. Promosikan Lewat Iklan Secara Konsisten.

Salah satu media promosi yang tidak boleh Anda lupakan adalah dengan iklan. Jika Anda mau brand Anda diingat dan dikenal oleh masyarakat, maka promosikan brand tersebut lewat iklan. Entah itu iklan di media massa ataupun di internet.

Lihatlah perusahaan-perusahaan operator telekomunikasi seperti (I*3, T*lkomsel, dsb) mereka rela membayar biaya iklan yang sangat besar untuk menanamkan brand mereka di masyarakat. Contohnya T*lkomsel mereka tidak hanya beriklan di tv, tapi juga di media cetak bahkan di internet. Semua itu dilakukan agar brand mereka diingat oleh masyarakat.

Nah kalau Anda juga mau membangun brand maka coba deh iklankan merek/produk Anda di internet, entah itu dengan metode iklan banner, metode iklan PPC ataupun jenis iklan-iklan lain yang ada di internet.

Contoh nyatanya, saya sendiri selalu mengiklankan produk saya lewat berbagai media di internet. Baik itu lewat iklan maupun lewat upaya promosi lainnya.

4. Jaga Reputasi dan Ciptakan Kesan yang Baik.

Dapatkah Anda bayangkan kalau sebuah merek yang sudah sangat tertanam di masyarakat, tapi tiba-tiba jatuh karena reputasinya hancur? Tentu tidak ada pebisnis yang mau merek produknya hancur karena reputasi yang buruk. Untuk itu penting bagi kita para pebisnis untuk terus menjaga reputasi. Baik itu reputasi produk kita maupun reputasi profil kita sendiri.

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga reputasi supaya tetap baik :

  • Jangan menipu konsumen, ya ini mutlak, sekali Anda menipu konsumen maka konsumen yang ditipu itu akan menjadi salah satu musuh bisnis kita. Sebab ia pasti akan cerita ke teman-temannya mengenai tindakan penipuan yang ia alami dan hasilnya jelas reputasi Anda bisa hancur.
  • Jaga tindakan,terutama di internet. Tindakan kita di internet sangatlah diawasi, untuk itu jangan pernah memaki atau menjelek-jelekkan suatu figur, merek ataupun perusahaan. Kalau sampai orang-orang tahu bahwa Anda menghina suatu figur/merek maka bisa-bisa reputasi bisnis Anda terancam.
  • Jaga standar layanan agar tetap baik dan memuaskan.

Dengan reputasi dan citra yang baik, mudah-mudahan produk Anda makin dicintai oleh masyarakat.

Nah itu dia 4 cara jitu dan efektif yang perlu Anda lakukan jika Anda mau membangun merek di internet. Kuncinya adalah konsistensi dan upaya terus menerus. Lakukanlah promosi “merek/brand” Anda secara rutin, sebab semakin sering Anda mengingatkan masyarakat maka orang-orang akan semakin ingat dengan merek Anda.

Silakan terapkan semua cara yang tadi kita bahas di atas, maka mudah-mudahan brand kita semakin baik lagi.

Salam Super

Jefferly Helianthusonfri

Penulis dan blogger muda berusia 15 tahun asal kota Lubuklinggau.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara membangun brand
  • merek terkenal
  • merek
  • brand terkenal
  • cara membangun brand/merk
  • branding merk
  • merek merek terkenal
  • aqua merek anda
  • cara membangun branding
  • cara jitu promosi di internet
Be Sociable, Share!