Cara dan Tips Menjual Jasa Super Ampuh Lewat Blog

Senin pagi yang cerah ini saya awali dengan membaca salah satu aritkel super di blog langganan saya setiap senin pagi. Artikel yang saya baca itu adalah 3 best decisions in my professional life dari Pak Yodhia Antariksa, sebuah sajian maknyus yang benar-benar mantap. Singkat kata, dari artikel tersebut saya menjadi terinspirasi untuk berbagi pengalaman saya menjadi seorang penjual jasa dan konsultan dalam bisnis internet yang pernah saya lakoni beberapa bulan yang lalu (dari pertengahan 2011 sampai Maret 2012).

Saya dulu pernah menjadi seorang penyedia layanan pembuatan blog, toko online dan juga menerima jasa konsultan seputar blog dan pemasaran internet. Namun sayangnya karena kehilangan minat dan ketidakjelasan strategi bisnis saya memutuskan mundur dari bidang tersebut dan fokus untuk menjadi penulis dan pembicara seputar bisnis internet.

Akan tetapi bukan itu yang kita bahas pada artikel ini, di artikel ini saya akan coba berbagi tips dan konseplah begitu untuk teman-teman yang ingin berbisnis internet dengan menjual jasa layanan lewat internet, khususnya melalui media blog.

Kelebihan Menjual Jasa Lewat Blog.

Media di internet itu kan banyak, tidak harus blog, tapi koq kenapa saya merekomendasikan teman-teman pakai blog. Jawabannya simple, blog itu praktis dan efektif, itu saja sih.

Nah konsep sederhana dan praktis inilah yang menjadi kelebihan blog untuk digunakan sebagai media pemasaran jasa yang kita jual. Mari kita lihat betapa praktis dan simple-nya menjual jasa lewat blog.

  • Kita bisa memasarkan jasa lewat berbagai bentuk promosi, ya kita bisa pakai berbagai media di blog, seperti lewat  tulisan artikel, lewat video atau bahkan aplikasi khusus. Kita bisa berinovasi dalam penyajian penawaran jasa yang kita lakukan.
  • Blog itu mudah ditemukan dan profesional. Jika Anda menerapkan teknik SEO yang baik dan ditambah dengan kemampuan pemasaran yang baik di internet maka jasa Anda akan mudah ditemukan oleh mereka yang membutuhkannya.
  • Bisa diintegrasikan dengan berbagai fitur lain. Coba arahkan perhatian Anda pada like box fas page saya di sebelah kanan tampilan situs ini. Nah like box itu juga termasuk media atau fitur yang bisa kita integrasikan (pasang) di blog. Dengan adanya kemudahan untuk berintegrasi dengan fitur-fitur lain jelas blog Anda akan semakin menarik.

Contoh bentuk integrasi fitur Facebook like box dengan blog

  • Kita bisa membangun merek (brand) lewat blog. Jika teman-teman adalah seorang konsultan, pembicara, ataupun pekerja profesional lainnya maka teman-teman bisa membangun merek (nama) lewat blog, contohnya seperti yang saya lakukan di blog ini. Selain berbagi ilmu dan informasi, saya juga berusaha membangun nama sebagai seorang penulis dan pebisnis internet muda.

Tips 1 Bagikan Ilmu Anda Lewat Artikel.

Agar blog Anda bisa dikenal maka Anda harus menjadikan blog Anda sebagai media yang pantas dikenal, nah caranya adalah dengan rutin dan banyak membagikan ilmu/informasi Anda lewat berbagai artikel (konten) yang bermanfaat. Sebab kemanfaatan bagi banyak oranglah yang akan menjadi suatu blog itu terkenal atau tidak. Semakin bermanfaat blog Anda maka mudah-mudahan semakin terkenal pula blog Anda.

Oke, jadi nanti kalau Anda mau jual jasa lewat blog maka perbanyaklah artikel berkualitas di blog Anda.Lakukan kegiatan berbagi ini secara konsisten maka lama kelamaan Anda pasti akan dikenal.

Tips 2 Tunjukkan Kredibilitas dan Bangun Kepercayaan Pelanggan.

Bagaimana cara menunjukkan kredibilitas dan membangun kepercayaan pelanggan di internet? Semua sudah saya bahas di artikel cara bisnis online agar dipercaya pelanggan.

Tips 3 Ciptakan Komunikasi.

Ya komunikasi ini memegang peranan yang sangat penting dalam berbisnis, dengan komunikasi yang baik mudah-mudahan orang-orang akan lebih nyaman untuk memakai jasa kita. Nah bagaimana cara menciptakan komunikasi dua arah yang baik lewat blog? Berikut sedikit saran saya.

  • Siapkan fasilitas formulir kontak di blog Anda.
  • Tampilkan infomasi kontak (seperti nomor handpone, alamat email, dsb) di blog.
  • Rutin membalas komentar yang masuk di blog Anda.

Tips 4 Selalu Tampilkan Panggilan Untuk Action.

Anda jualan, mau dibeli bukan? Kalau ya, maka dari itu mintalah agar pengunjung blog Anda nanti membeli produk Anda. Jangan ragu untuk menampilkan panggilan action dan permintaan Anda untuk pelanggan di setiap artikel yang Anda buat. Contohnya seperti yang sering saya lakukan di berbagai artikel blog ini.

Di penghujung atau salah satu bagian artikel biasanya saya menyisipkan sedikit promosi dan ajakan untuk membeli produk-produk yang saya jual. Nah hal semacam itulah yang perlu Anda ciptakan agar makin banyak orang mau membeli produk/jasa Anda.

Tips 5 Pelajari dan Terapkan Teknik Copywriting yang Baik.

Teknik copywriting adalah teknik menulis yang dipakai untuk menyampaikan suatu informasi penawaran kepada orang-orang. Salah satu bukti penerapan teknik copywriting ini bisa kita lihat di berbagai sales letter produk yang ada di internet. Seperti contohnya di situs saya, Sekolah Bisnis Ebook.

Nah dalam menjual jasa, Anda juga perlu menerapkan teknik copywriting yang baik agar semakin banyak orang yang mau memakai jasa layanan Anda. Dan jangan lupa untuk selalu belajar dan meningkatkan kemampuan copywriting Anda.

Baiklah rekan pembaca, itu dia 5 tips dan cara ampuh terkait kegiatan bisnis menjual jasa lewat internet, kali ini. Semoga saja bisa bermanfaat ya. Dan jangan lupa sampaikan komentar terbaik Anda untuk mendapatkan limpahan trafik dan backlink dari blog ini.

Tetap semangat dan salam super :).

Jefferly Helianthusonfri.

Penulis, dan blogger muda dari Lubuklinggau.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara menjual jasa di internet
  • cara menjual jasa
  • menjual jasa di internet
  • tips menjual jasa
  • cara memasarkan jasa
  • cara menawarkan jasa
  • cara menjual jasa online
  • teknik menjual jasa
  • cara memasarkan jasa lewat internet
  • cara memasarkan jasa konsultan
Be Sociable, Share!