Cara dan Tips Mendapatkan Pembeli Pertama Produk Ebook Anda

Mendapatkan pembeli pertama, adalah hal yang harus sangat diupayakan oleh orang-orang yang baru membuka bisnis. Sebab pembelian pertama biasanya akan melipatgandakan motivasi dari orang yang baru membuka bisnis tersebut. Nah bicara soal pembeli pertama, maka pada artikel kali ini saya ingin membahas mengenai cara dan tips menciptakan penjualan pertama untuk produk ebook Anda.

Jika di artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai cara-cara promosi produk ebook maka giliran pada artikel ini kita akan kupas mengenai bagaimana sih mendapatkan pembeli pertama dari produk ebook Anda? Sudah tidak sabar mengetahui cara nya? Mari lanjutkan membaca.

Pentingnya Pembeli Pertama.

Ketika akan membeli suatu produk, orang-orang akan cenderung ikut-ikutan orang lain. Ambil contoh ada dua restoran di jalan yang sama. Restoran pertama ini sangat ramai dan bahkan orang-orang sampai antri, akan tetapi restoran yang satunya ini tidak ramai dan sangat sepi, bahkan hanya ada satu pelayan dalam restoran tersebut. Nah jika Anda mau makan, restoran manakah yang Anda pilih?

Jika Anda sangat-sangat lapar mungkin Anda memilih restoran kedua yang sepi tadi. Akan tetapi pasti lain cerita bila Anda tidak terlalu lapar, Anda pasti lebih tertarik mencoba restoran pertama yang ramai tadi bukan? Nah seperti itu juga bisnis ebook.

Orang-orang akan lebih tertarik membeli produk yang dulu sudah pernah dicoba oleh orang lain. Apalagi kalau sudah banyak yang mencobanya. Singkat kata, agar kita bisa menciptakan lebih banyak konsumen kita harus punya konsumen dulu.
Jadi Anda sudah tau kan kenapa sangat penting mendapatkan pembeli pertama?

Setelah nanti Anda dapatkan pembeli pertama, maka berikanlah service (layanan) dan produk yang benar-benar memuaskan. Sebab jika si konsumen pertama tadi puas maka mereka pasti akan bercerita kepada teman-teman mereka. Nah dari sanalah bisnis Anda akan makin dikenal.
Berikut tips dan cara mendapatkan pembeli pertama.

Tips 1 Berikan Free Review

Free review ini adalah suatu cara promosi di mana Anda memberikan beberapa bonus gratis kepada orang-orang yang mau me-review produk Anda. Jadi si pe-review nanti akan melihat dan memakai produk Anda, lalu mereka akan berikan masukan, dan kalau mereka puas mereka biasanya akan memberikan testimonial pada produk Anda.

Nah dalam memberi free review maka berikanlah free review (FR) kepada mereka yang bisa menciptakan pengaruh atau bisa juga kepada mereka tokoh/figur terkenal di bidang produk Anda. Misalnya jika Anda adalah seorang penulis yang mau menerbitkan buku, maka Anda bisa memberi dan mengharapkan free review dari Ippho Santosa misalnya, atau dari Andrea Hirata, dan banyak lagi.

Dari strategi free review ini nantinya produk Anda bisa dikemas lebih baik lagi plus didukung oleh testimonial dari para reviewer yang sudah mencoba produk Anda.
Sehingga dampaknya orang-orang akan lebih tertarik membeli produk Anda.

Tips 2 Berikan Diskon/Potongan Harga Khusus.

Misalnya Anda akan merilis produk ebook baru, nah pada saat rilis nanti jika memungkinkan Anda bisa memberi potongan harga/diskon khusus. Misalnya potongan 30 % selama bulan pertama launching, atau bisa juga diskon/potongan dalam bentuk lain. Strategi semacam ini pernah saya pakai ketika menjual produk ebook panduan lengkap membangun blog pencetak uang.

Selain itu, Anda juga bisa pakai strategi harga lebih murah dari pesaing Anda. Akan tetapi strategi lebih murah ini tidak harus selalu Anda pakai, tergantung situasi dan kondisi yang ada. Sebab saat ini terkadang orang-orang menilai kualitas suatu produk berdasarkan harga produk tersebut. Semakin mahal produk, maka kemungkinan orang akan menganggap produk tersebut makin bagus.

Hanya saja jika target pasar Anda adalah kalangan menengah ke bawah, dan bukan kelas premium maka kemungkinana strategi harga lebih murah ini akan cukup ampuh.

Tips 3 Kerja Sama dengan Pemain Besar Untuk Minta “Pembeli”.

Ada banyak pebisnis pemula yang mencoba strategi ini dan akhirnya mereka berhasil mendapatkan pembeli pertama. Strategi semacam ini biasanya banyak dipakai oleh rekan-rekan kita yang berbisnis jasa/konsultan. Jadi mereka bekerja sama dengan “pemain besar” yang sudah berhasil lebih dulu, lalu biasanya si pemain besar akan memberikan client kepada si pemula tadi. Pemberian client ini bisa terjadi karena barangkali si pemain besar sedang sibuk menangani client yang lebih menguntungkan.

Akan tetapi tidak menutup kemungkinan strategi semacam ini juga bisa membantu Anda mendapatkan pembeli pertama untuk produk ebook Anda. Cara melakukan strategi ini tidak terlalu sulit koq, Anda bisa buat perjanjian atau kerja sama dengan si pemain besar yang sudah lebih dulu sukses.

Biasanya para pemain besar sudah punya list prospek (daftar pelanggan) yang sangat banyak, dan mereka punya nama besar yang bisa membuat orang lain percaya, nah di sini mintalah si pemain besar tadi untuk mereferensikan produk Anda kepada semua list prospek dan orang-orang yang sudah pernah mencoba produk dari si pemain besar tadi. Otomatis dari sana, akan ada beberapa yang pasti tertarik mencoba produk Anda.

Nah sebagai gantinya, Anda bisa bayar si pemain besar tadi dengan uang, ya bisa dianggap sebagai kegiatan sponsorship Anda terhadap mereka.

Bagaimana, Anda tertarik mencobanya?

Tips 4 Gencarkan Promosi.

Agar makin banyak orang yang mau membeli produk Anda, maka Anda harus membuat orang-orang tahu akan produk Anda. Dan cara agar orang-orang tahu produk Anda adalah dengan mempromosikan produk tersebut. Untuk itu jika mau mendapatkan pembeli pertama, maka gencarkanlah promosi ebook Anda.

Dengan promosi yang gencar, maka seiring berjalannya waktu lama kelamaan Anda pasti akan mendapatkan pembeli. Bagaimana cara mempromosikan ebook? Caranya sudah dibahas di artikel cara-cara ampuh promosi ebook.

Baiklah rekan pembaca, itulah 4 tips dan cara mendapatkan pembeli pertama untuk produk ebook Anda yang bisa saya bahas kali ini. Semoga sajian menarik kali ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Tetap semangat dan semoga Anda sukses selalu.

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • menjual ebook
  • ilustrasi potongan harga sebuah produk
  • cara mendapatkan pelanggan pertama
  • cara untuk mendapatkan pembeli
  • cara untuk membuat orang tertarik pada produk
  • usaha jualan produk digital
  • ebook restoran
  • tips mendapatkan pembeli
  • produk yang dikemas dengan cara yang lebih baik dan baru
  • strategi mendapatkan buyer
Be Sociable, Share!