Cara dan Tips Memulai Bisnis Hosting yang Sukses

Halo sahabat yang luar biasa? Bagaimana kabar Anda. Semoga setelah membaca artikel cara memulai bisnis hosting yang sukses ini, rezeki dan kesuksesan Anda bisa lebih baik lagi ya. Aamin.

Oke topik bahasan kita pada artikel ini adalah mengenai berbisnis hosting. Seperti yang kita ketahui, kebutuhan akan hosting di internet semakin meningkat saja. Seiring dengan semakin gencarnya bisnis online, dan makin banyaknya situs web di internet, hosting menjadi sangat-sangatlah dibutuhkan.

Di artikel ini saya akan bagikan tips-tips ampuh untuk teman-teman yang mau memulai bisnis hosting. Tips ini saya dapatkan dari hasil wawancara bersama salah satu rekan pebisnis internet saya, dan beliau memang termasuk praktisi yang sejak beberapa tahun terakhir berbisnis di bidang layanan hosting. Anda bisa kunjungi situs webnya di http://hostingpangeran.com/

Wawancara ini adalah wawancara yang saya lakukan pada 1 September 2012 lalu, berikut hasil wawancara yang saya lakukan via Facebook ini :).

Aktor utama dibalik situs http://hostingpangeran.com/.

Modal Awal Untuk Memulai Bisnis Hosting.

Mas bro, kan biasanya untuk memuali bisnis itu pelu modal nih, nah dalam hal berbisnis hosting ini modal awal yang perlu kita investasikan berapa besar sih?

Jawab : Untuk modal hosting tergantung kita memilih yang mana, kalau awal banget sih pilih reseller aja setahun paling 1,5 juta, ini pengalaman saya pribadi.

—————————————————

Jadi untuk modal awal ini teman-teman tidak harus punya server sendiri, teman-teman bisa menyewa layanan hosting dalam jumlah cukup besar dari perusahaan hosting lain, lalu teman-teman sewakan layanan hosting yang disewa tadi kepada orang-orang. Ibaratnya ini mirip seperti kita bisnis dropship hositng begitu :). Nah jika teman-teman mencari perusahaan yang mau bekerja sama dalam sistem reseller, teman-teman tinggal kunjungi situs-situs perusahaan-perusahaan hosting besar yang ada.

Hal yang Harus Dipersiapkan.

Oke deh mas, tadi sudah cukup jelas. Sekarang mengenai persiapan memulai bisnis hosting nih, kalau menurut mas sendiri, apa saja sih yang perlu disiapkan agar bisa segera berbisnis hosting ini?

Jawab : Kita perlu menyiapkan website untuk web company (web perusahaan hosting) kita dan kemampuan marketing. Soalnya untuk masalah teknis server kita bisa tanya ke cs (customer service) perusahaan tempat kita menyewa jika ada maintanance server, berbeda kalau sudah pake VPS (Virtual Private Server) kita maintanance sendiri.

——————-

Jadi jika teman-teman ingin berbisnis hosting nih, minimal teman-teman bisa menyediakan website perusahaan hosting teman-teman sendiri untuk menjual hostingnya. Atau teman-teman bisa membentuk tim yang terdiri dari tim marketing, tim teknis website, dan tim keuangan. Itu saran dari saya :).

Kendala dan Motivasi.

Nah mas, sekarang kita bicara soal kendala dalam berbisnis hosting. Adakah kendala yang mas alami ketika bekerja di bidang bisnis hosting ini?

Jawab : Kalau kendala sih relatif, setiap orang pasti berbeda. Kalau kendalanya saya yaitu malas, ketika client marah-marah bahkan maki-maik kita jadi malas, atasinya cukup dengan sabar dan belajar dari pengalaman.

Bagaimana dengan motivasi mas sendiri, apa sih yang melatarbelakangi keinginan mas berbisnis hosting ini?

Jawab : Dulu saya itu melihat pasaran internet semakin ramai, orang membutuhkan hosting dan domain untuk bikin website seperti toko online, blog dan sebagainya. Dari sana kan bisa jadi peluang bisnis.

Tips Memulai Bisnis Hosting Untuk Pemula.

Mas kan sudah cukup pengalaman di bidang bisnis hosting ini, nah adakah tips untuk pemula yang baru mau belajar membuka bisnis layanan hosting semacam ini?

Jawab : Jangan pernah putus asa apa lagi menyerah karena keuntungan hosting itu tiba-tiba aja besar, nanti kesananya kecil dulu, saya pernah alami tapi sekarang udah stabil pendapatan 3 juta ke atas.

————————-

Memang dalam berbisnis tidak boleh ada istilah menyerah. Selain itu, tips dari saya adalah teman-teman juga perlu banyak belajar. Belajar berbagai hal terkait hosting dan website, entah itu dari artikel di internet, buku, ebook ataupun dari seminar-seminar. Semakin banyak yang teman-teman ketahui mengenai hosting dan web, mudah-mudahan semakin maju bisnis hostingnya. Aamin.

Cara Membuat Web Untuk Perusahaan Hosting Kita.

Bicara soal web perusahaan hosting kita nih mas, cara bikinnya gimana sih? Software yang dibutuhkan apa saja ya?

Jawab : Untuk websitenya saya biasa buat pakai Adobe Dreamweaver, tapi untuk software billing (penagihan biaya hosting), direkomendasikan pakai aplikasi WHMCS. WHMCS ini bisa teman-teman dapatkan dari situs http://www.whmcs.com/.

Oke sudah cukup banyak nih bahasan dan informasi yang mas bagikan, saya kira ini saja dulu. Terima kasih dan semoga mas sukses selalu.

Salam super.

———————-

Nah rekan pembaca yang baik hatinya, itu dia beberapa tips berbisnis hosting hasil wawancara saya bersama “Pangeran Angin”. Mudah-mudahan dengan beberapa tips di atas teman-teman semakin semangat untuk memulai bisnis hosting. Ingat ya, cara terbaik untuk memulai bisnis adalah dengan segera mulai.

Tetap semangat dan semoga sukses selalu !!

Jefferly Helianthusonfri

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • bisnis hosting
  • cara bisnis hosting
  • bisnis server hosting
  • cara jualan hosting
  • cara bisnis domain
  • memulai bisnis hosting
  • cara memulai bisnis hosting dan domain
  • cara membuat perusahaan hosting
  • cara bisnis web hosting
  • belajar bisnis hosting
Be Sociable, Share!