Cara dan Kiat Memperkuat Brand Anda di Internet

cara memperkuat brandBrand, adalah sebuah kata magic yang sangat penting dalam berbisnis. Sebuah perusahaan yang sukses pasti memiliki merek (brand) yang luar biasa dan dicintai oleh masyarakat. Lihat saja merek-merek seperti Samsung, Starbucks, Mario Teguh, merek-merek yang baru saja saya sebut tadi kerap menjadi top of mind di masyakarat.

Lantas muncul pertanyaan, bagaimanakah cara untuk menjadikan brand kita makin dikenal dan diingat masyarakat? Atau adakah tips untuk memperkuat brand kita? Nah di artikel inilah kita akan coba bahas.

Memang saya belum menjadi seorang yang sangat ahli seperti Hermawan Kartajaya yang merupakan suhu dan master marketing Indonesia, tapi tidak ada salahnya saya mencoba berbagi kiat dan cara yang saya pelajari untuk memperkuat brand, khususnya memperkuat brand lewat internet.

Sebenarnya kiat-kiat memperkuat brand di internet ini sudah pernah saya bahas di salah satu buku karya saya yang berjudul Sukses Bisnis Toko Online dengan Blogger yang telah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada 30 Januari 2013 lalu, tapi tidak ada salahnya kalau saya coba bagikan di artikel kali ini.

Secara umum, ada beberapa kiat sederhana untuk memperkuat brand kita di internet, berikut tips dan cara-caranya.

1. Gencarkan Promosi dengan Cara yang Tepat.

menggencarkan promosiYa promosi, kita perlu tell more atau memberi tahu lebih banyak kepada masyarakat. Itulah sebabnya kenapa promosi tidak bisa lepas dari yang namanya iklan. Untuk memasarkan sesuatu, sekarang tidaklah se-ribet dulu sewaktu belum ada internet.

Ambil contoh saja, saat ini sudah hadir berbagai social media, situs microblogging, yang pastinya amat membantu kita untuk memperkuat brand kita di internet.

Mungkin beberapa poin berikut ini akan menginspirasi Anda untuk memperkuat brand lewat internet.

  • Apakah produk atau bisnis Anda sudah punya fans page di Facebook? Lihatlah Pak Mario Teguh, beliau berhasil membangun fans base yang amat besar dengan jumlah fan lebih dari 7 juta orang. Dan bayangkan kalau jutaan orang itu menjadi pelanggan bisnis dari Pak Mario Teguh? Tentu sangat luar biasa hasilnya. Jadi, mari kembangkan brand Anda di Facebook.
  • Apakah produk Anda sudah jadi perbincangan di internet? Jika belum, maka buatlah agar produk Anda dikenal lewat internet. Bagaimana cara agar produk kita menjadi perbincangan di internet? Tenang, mulailah dari Anda dulu. Anda lah yang harus mengenalkan produk Anda kepada masyarakat, salah satu caranya misalnya dengan memanfaatkan media blog. Lihatlah seperti yang saya lakukan di blog ini, saya selalu mengenalkan produk-produk saya kepada orang-orang di internet.
  • Apakah teman-teman Anda sudah tahu tentang produk Anda? Sebagian orang, malu untuk mengenalkan produk nya kepada teman-temannya. Akibatnya teman-temannya jadi tidak tahu, dan jadi tidak membeli dari si orang tadi. Kasihan sekali ya? Nah sekarang coba renungkan apakah semua teman-teman Anda sudah mengenal produk Anda? Jika belum maka kenalkan. Ingat, Anda bisa manfaatkan jejaring sosial yang ada.

Intinya, gencarkan promosi.. tapi dengan cara yang tepat dan efektif.

2. Puaskan Pelanggan Anda.

Kepuasan pelanggan adalah reward bisnis yang amat tak ternilai harganya. Satu pelanggan yang puas, itu akan menjadi sahabat dari bisnis Anda. Seorang sahabat akan dengan senang hati menceritakan kebaikan dan kelebihan produk Anda kepada teman-temannya. Dan Anda tahu apa akibatnya?

Kelebihan dan kebaikan produk Anda akan menyebar dari mulut ke mulut. Luar biasa bukan?

Ya, brand Anda akan makin tertancap di hati dan pikiran orang-orang.

3. Ciptakan Keterkaitan.

Ketika saya berbicara mengenai toko buku, apa yang ada di dalam benak Anda?

Tentu saja sebagian besar orang akan mengingat Gramedia. Nah hal semacam ini membuktikan bahwa Gramedia berhasil menciptakan keterkaitan antara kata toko buku dengan brand mereka. Jadi ketika orang mau ke toko buku, sebagian orang pasti ingatnya ke Gramedia. Dan inilah bukti bila brand Anda sudah tertanam di pikiran dan hati orang-orang.

Contoh lain misalnya kalau kita mendengar nama J.K. Rowling, tentu saja yang pertama teringat di benak kita adalah Harry Potternya :). Itulah yang dinamakan keterkaitan.

Nah agar brand kita tertanam kuat di internet, tentu saja kita harus menciptakan keterkaitan.

Caranya? Memang tidak mudah tapi harus kita lakukan.

4. Bangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan/Prospek Anda.

membangun relasi dengan konsumenCara lain agar brand Anda tertanam kuat di masyarakat adalah dengan menjalin relasi dan membangun hubungan yang baik dengan para pelanggan/prospek Anda. Bukankah kita semua sudah sepakat bahwa silaturahim antara pintu rezeki :).

Bangunlah relasi dengan konsumen dan pelanggan Anda, jadikan produk Anda sebagai sahabat yang selalu siap membantu mereka. Upayakan bahwa Anda sebagai pemilik produk siap sedia mendampingi mereka.

Lihatlah produk dan merek-merek ternama, mereka selalu bisa dekat dan seperti sangat bersahabat dengan konsumennya. Contohnya seperti Starbucks, Apple, Yamaha, dan lain sebagainya.

Baiklah rekan pembaca yang baik hatinya, itu dia pembahasan kita mengenai cara memperkuat brand di internet agar mencapai top of mind di benak orang-orang. Ingat, kuncinya ada pada hubungan yang baik, promosi yang gencar dan efektif, dan kepuasan pelanggan.

Semoga merek produk Anda semakin dikenal dan semakin tertanam kuat di hati orang-orang.

Salam super,

Jefferly Helianthusonfri

Penulis dan pebisnis internet muda berusia 16 tahun.

===================

sumber gambar :bestmarketstrategy.com, docnews.fr .

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara memperkuat brand
  • teknik memperkuat branding
  • cara memperkuat merek
  • cara memperkuat market yang sudah ada
  • cara promosi domain brand
  • cara mempromosikan brand lewat internet
  • cara top of mind
  • cara memperkuat brand di internet
  • memperkuat brand
  • memperkuat branding
Be Sociable, Share!