Cara-Cara Ampuh Promosi Ebook

Produk ebook adalah salah satu komoditas produk bisnis online yang sangat diminati masyarakat saat ini. Nah seiring dengan semakin banyaknya pemakai internet, maka prospek bisnis ebook menjadi semakin cerah. Seperti artikel-artikel sebelumnya di kategori menjual produk informasi, kali ini kita akan kembali membahas seputar bisnis ebook.

Nah di aritkel ini kita akan mengupas sajian menarik seputar cara-cara promosi produk ebook. Bagi Anda para pelaku bisnis ebook, atau Anda yang tertarik memulai bisnis ebook maka artikel ini akan sangat bermanfaat. Langsung saja kita mulai pembahasannya ya.

Secara umum, cara-cara promosi ebook itu dibagi ke dalam dua kategori. Dua kategori tersebut adalah :

  • Promosi secara online (melalui dunia maya), dan
  • Promosi secara offlline (melalui dunia nyata).

Dari dulu, cara-cara promosi suatu produk konsepnya tetap sama. Yakni membuat orang-orang tahu akan produk kita. Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman dan semakin tingginya tingkat persaingan maka jelas kita harus melakukan banyak inovasi dalam pemasaran suatu produk.

Kreativitas kita akan cukup menentukan menarik atau tidaknya cara promosi yang kita gunakan. Semakin kreatif cara pemasaran yang kita lakukan maka mudah-mudahan hasilnya juga memuaskan.

Promosi Melalui Dunia Nyata

Ada banyak cara promosi yang bisa kita lakukan melalui dunia nyata, misalnya kita bisa berpromosi dengan cara sebagai berikut.

  • Memakai brosur. Anda bisa buat brosur, yang isinya mempromosikan produk ebook Anda. Tapi ingat, sebarkanlah brosur tersebut ke tempat-tempat yang efektif. Misalnya karena produk Anda berkaitan dengan internet maka sebarkan brosur tersebut di warnet-warnet, sekolah ataupun kantor.
  • Pasang iklan di koran. Jika Anda punya anggaran pemasaran yang besar, tidak ada salahnya mencoba cara promosi ini.
  • Pakai kartu nama. Manfaatkan kartu nama untuk mempromosikan website/produk yang Anda miliki.
  • Adakan seminar.
  • dan banyak lagi cara lainnya, kita bisa berpromosi memakai kreativitas kita sendiri :).

Promosi Melalui Dunia Maya.

Nah bagi Anda yang anggaran dana promosinya tidak terlalu besar, maka solusinya adalah dengan memanfaatkan media internet. Ada segudang cara promosi di internet, akan tetapi demi efektivitas maka tidak semua cara harus kita pakai, akan tetapi lebih baik kita FOKUS pada cara-cara terbaik yang bisa menjadikan profit kita bertambah.

Berikut ini beberapa cara promosi ebook yang direkomendasikan untuk Anda.

  1. Pasang Iklan PPC. Iklan PPC adalah metode sederhana yang bisa dibilang akan dengan cepat (instan) mendatangkan banyak calon pembeli ke website penjualan ebook Anda. Hanya saja, memang kita harus membayar biaya iklannya. Semakin banyak orang yang datang ke web kita karena iklan PPC, maka semakin besar pula biaya yang harus kita bayar.
  2. Review produk ebook Anda melalui blog. Ya buatlah blog, dan manfaatkan blog tersebut untuk kepentingan promosi ebook Anda. Anda bisa buat artikel di blog yang isinya membahas seputar produk Anda. Contoh artikel review misalnya bisa Anda lihat di artikel Bagaimana cara membuat blog untuk pemula? Di artikel tersebut saya sempat membahas seputar ebook panduan blog yang menjadi produk saya.
  3. Kenalkan produk ebook Anda lewat forum-forum. Keberadaan forum-forum seperti Kaskus.co.id, Adsense-id, juga bisa Anda manfaatkan untuk kepentingan pemasaran produk Anda. Lakukan promosi yang baik dan sesuai aturan forum, maka lama kelamaan Anda akan makin dikenal sebagai seorang ahli. Nah bagi yang mau berpromosi lewat forum, maka rutin-rutinlah melakukan kegiatan sharing. Sebab dari sana semakin banyak member forum yang akan menyukai Anda.
  4. Manfaatkan social media. Keberadaan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube, dan kawan-kawannya juga bisa kita manfaatkan untuk promosi ebook. Dan bagi Anda yang sering atau aktif di jejaring sosial maka cara ke-4 ini pasti akan sangat mengasyikkan bagi Anda. Lebih jauh mengenai cara-cara promosi ebook lewat social media akan kita bahas di artikel selanjutnya ya.

Contoh promosi ebook di Facebook

Selain 4 cara rekomendasi di atas, ada beberapa cara lain yang juga bisa Anda coba. Misalnya cara :

  • Email marketing. Untuk yang ingin belajar lebih jauh seputar email marketing silakan baca buku karya saya yang judulnya Meledakkan Profit dengan Blog dan Email.
  • Optimasi SEO. Dengan optimasi SEO yang baik memungkinkan web penjualan ebook Anda untuk menempati hasil pencarian teratas di mesin pencari. Nah jika web penjualan ebook Anda bisa nangkring di pencarian teratas untuk kata kunci produk Anda, maka bukan tidak mungkin akan terjadi lebih banyak penjualan. Tertarik mempelajari panduan SEO untuk pemula? Silakan klik di sini.

Baiklah rekan pembaca, itu saja dulu sharing kita seputar cara-cara ampuh promosi ebook. Semoga artikel ini bisa menginspirasi Anda, tetap semangat dan semoga sukses selalu.

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara promosi buku yang menarik
  • carA mempromosikan ebook
  • Cara mempromosikan barang
  • cara promosi barang
  • contoh promosi melalui dunia maya
  • contoh promosi lewat email
  • cara-cara promosi
  • kata kata untuk promosi ebook
  • promosi jualan ebook
  • cara promosi prodak media informasi yang baik dan menarik
Be Sociable, Share!