Cara Berjualan di Instagram : Strategi Promosi di Instagram

Instagram (sumber gambar : gescis.com).

Instagram (sumber gambar : gescis.com).

Artikel ini ditulis oleh Rio Quiserto, Pengelola Blog Duwitmu | Mengelola Keuangan.

(Bagi Anda yang ingin menjadi penulis tamu di blog JefferlySuperClub.com, silakan membaca panduan posting tamu di sini.)

Jumlah pengunjung Instagram tumbuh sangat fantastis dan menjadi salah satu media sosial yang paling ramai dikunjungi saat ini. Setahun lalu, Instagram has announced that it now has over 200 million monthly active users and more than 20 billion photos have been shared on the service – per Maret 2014.

Bagaimana cara berpromosi di Instagram?

Instagram, disingkat IG, merupakan sosial media yang fokus pada berbagi foto (photo sharing). Pengguna mengunggah foto yang diambil dengan aplikasi IG di smartphone. Antar pengguna saling melihat dan berkomentar atas foto – foto mereka.

Seiring kualitas kamera di smartphone semakin baik, hasil foto yang ditampilkan di IG menjadi semakin berkualitas. Apalagi manusia umumnya lebih mudah tertarik dengan visual dibandingkan kata – kata.
Media sosial ini menjadi tempat yang tepat untuk mempromosikan dan menjual produk secara online. Sudah banyak pemasar online yang menjadi besar dengan hanya mengandalkan penjualan via Instagram.
Ini beberapa tips mengenai cara promosi dan berjualan di IG.

1. Perhatikan Kualitas Foto

Sebisa mungkin foto yang ditampilkan adalah yang kualitasnya bagus. Karena kekuatannya ada di sisi visual, foto harus diupayakan relevan dan berkualitas baik. Selain untuk menarik pengunjung, foto yang baik menunjukkan kualitas dan detail produk. Sangat membantu untuk menarik pembeli. Anda bisa membuat foto sendiri atau meminta bantuan jasa professional. Ini semuanya kembali ke budget dan pertimbangan para pemasar.

2. Lakukan Update Rutin

Update secara rutin itu menjadi kunci. Dengan sering mengunggah foto terbaru, pengunjung baru atau followers menjadi tertarik untuk berkunjung dan melihat produk-produk kita. Salah satu yang bisa dilakukan adalah membuat jadwal update produk-produk terbaru. Jadwal bisa diumumkan untuk membuat followers menantikan produk terbaru.

3. Gunakan Hashtag

Gunakan hashtag setiap kali mengunggah foto. Hashtag membantu meningkatkan jumlah pengunjung dan followers. Pilih hashtag yang relevan dan banyak dicari pengunjung. Anda bisa melakukan riset untuk menentukan hashtag yang paling sesuai.

4. Repost Foto Testimoni

Satu hal yang menarik di IG adalah para pemakai produk kita bisa memberikan testimoni dengan mengambil foto produk dan mengunggahnya di akun IG mereka. Karena puas dengan produk atau pelayanan yang diberikan, pelanggan memberikan testimoni positif. Anda bisa memanfaatkan testimoni ini. Caranya gunakan fasilitas re-post di IG untuk menampilkan foto-foto pelanggan tersebut di akun IG Anda. Dengan begini, para followers lain bisa ikut melihat komentar pelanggan lain.

5. Sediakan Contact Number

Penting untuk menyediakan nomor-nomor penting di bio IG Anda. Ini untuk memastikan bahwa pengunjung yang tertarik bisa langsung menghubungi.

6. Jangan Melakukan Spamming ke Akun Lain

Spamming dilakukan dengan memberikan komentar tidak relevan atau promosi di akun lain yang banyak follower-nya. Ini dilakukan dengan tujuan menaikkan jumlah pengunjung. Tapi, cara SPAM seperti ini tidak akan baik untuk reputasi produk Anda. Lebih baik menggunakan cara – cara yang pantas dan tidak mengganggu akun orang lain.

7.  Pasang di Akun yang Pengikutnya Banyak

Daripada melakukan spam, Anda bisa kerjasama dengan pemilik akun Instagram yang followers sudah banyak. Tidak harus dengan membayar. Dalam beberapa kesempatan, mereka bisa saling berbagi promosi. Sebenarnya ada banyak cara untuk kerjasama. Tidak selalu harus mengeluarkan dana dalam jumlah besar.

Kesimpulan

Kehadiran Instagram membuka peluang pemasar online untuk menjajakan produknya secara lebih efektif dan menarik. Kekuatan visual Instagram membuatnya menjadi salah satu media sosial yang paling banyak dikunjungi saat ini. Saatnya, Anda para pemasar online memanfaatkan media ini.

 

Passive Income Dari Bisnis Kursus Online 728x90

belajar affiliate marketing

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara promosi di instagram
  • cara promosi online shop di instagram
  • kalimat menarik untuk promosi makanan di instagram
  • Cara berjualan di instagram
  • cara promosi produk di instagram
  • cara menarik pelanggan di instagram
  • cara menarik pembeli di instagram
  • cara promosi lewat instagram
  • cara promosi instagram
  • pemasaran melalui instagram
Be Sociable, Share!