Cara Berbisnis Online Agar Dipercaya Oleh Pelanggan

Cara berbisnis online agar dipercaya oleh pelanggan, itulah yang menjadi topik bahasan kita pada atikel ini. Kepercayaan adalah salah satu harta yang amat berharga dari sebuah perusahaan/bisnis. Tanpa mampu mendapatkan kepercayaan pelanggan/pembeli, jelaslah sulit bagi bisnis/perusahaan kita untuk bisa tumbuh dan melejit dengan pesat. Nah di artikel cara berbisnis online agar dipercaya oleh pelanggan ini kita akan sama-sama bahas hal-hal apa saja yang perlu kita lakukan agar bisa mendapatkan kepercayaan dari pelanggan-pelanggan produk kita.

Meskipun sama-sama bisnis, tapi bisnis online punya perbedaan yang cukup mencolok dengan bisnis di dunia nyata. Perbedaan tersebut ada dalam hal tatap muka. Kalau di dunia nyata kan kita bisa tatap muka langsung dengan si penjual, lha kalau di bisnis online kan jarang bisa terjadi tatap muka antara penjual dan pembeli. Nah karena susah bertatap muka itulah bisnis online atau bisnis internet sering menjadi lahan empuk bagi para pelaku kejatahan untuk melakukan penipuan berkedok bisnis online.

Oleh karena itu, sebagai pelaku bisnis internet yang baik jelas kita haruslah bisa benar-benar meyakinkan pelanggan agar mereka percaya pada kualitas layanan yang kita tawarkan. Maka dari itu berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk selanjutnya Anda terapkan bila ingin mendapatkan kepercayaan dari pelanggan dalam kegiatan bisnis online.

1. Tampil Profesional Dalam Bisnis Online.

Ya tampilah profesional, tunjukkan kredibilitas bisnis Anda. Hal semacam ini akan membantu perusahaan/bisnis Anda mendapatkan kepercayaan pelanggan. Tunjukkan profesionalitas Anda, misalnya dengan :

  • Profesional dalam hal desain website. Usahakan agar tampilan web Anda nyaman dipandang mata, rapi dan membuat pengunjung betah berlama-lama di sana. Mudah-mudahan dengannya akan banyak orang yang mau mengunjungi website Anda.
  • Tampil profesional dalam pemakaian bahasa penawaran. Ya pakailah bahasa Indonesia yang baik dan benar, sebab dengan memakai bahasa yang baik maka pelanggan atau calon pembeli akan yakin dengan kredibilitas Anda sebagai pebisnis yang benar-benar serius mau berbisnis. Hindari pemakaian bahasa yang alay atau kurang sopan, sebab itu bisa menjadi nilai minus di mata para pelanggan Anda.
  • Tampil profesional dalam penggunaan nama domain. Ini penting, usahakanlah untuk memakai nama domain profesional di website Anda. Hindari pemakaian domain gratisan (seperti contohya .co.cc) untuk website bisnis Anda. Pemakaian domain non profesional bisa menjadi “pengganggu” profesionalitas bisnis Anda.

2. Kemudahan Untuk Dikontak.

Pelanggan itu akan merasa lebih percaya jika mereka bisa dengan mudah menghubungi Anda, jika Anda mudah untuk dihubungi maka mereka (para pelanggan) akan lebih nyaman menukarkan uangnya dengan produk Anda. Oleh karena itu buatlah agar Anda mudah untuk dihubungi.

Nah supaya mudah dihubungi, maka cara-cara berikut ini bisa Anda lakukan.

  • Tampilkan informasi kontak yang jelas. Tampilkan alamat email Anda, profil jejaring sosial, blog pribadi, atau jika memungkinkan tampilkan pula nomor handpone Anda, agar sewaktu-waktu pelanggan dapat dengan menghubungi Anda jika terjadi suatu masalah terkait pelayanan/produk Anda. Lihatlah perusahaan-perusahaan besar, seperit perbankan, perusahaan operator telekomunikasi, mereka semuanya menyediakan customer service yang mudah untuk dihubungi.
  • Sediakan formulir kontak dan fasilitas komunikasi lainnya. Jangan lupa untuk menyediakan formulir kontak yang mudah digunakan di blog/situs website Anda.
  • Jika memungkinkan siapkan pula fasilitas chat di website/blog Anda. Contohnya seperti yang biasa kita jumpai pada situs-situs perusahaan hosting di internet. Atau setidaknya mungkin Anda juga bisa menyiapkan fasilitas chat dengan Yahoo Messenger.

3.Jaminan Kepuasan.

Juga penting untuk Anda berikan, pelanggan jelas akan lebih percaya dengan Anda jika produk Anda juga dilengkapi dengan jaminan kepuasan pelanggan (garansi). Misalnya Anda bisa berikan garansi uang kembali, atau garansi barang boleh ditukar jika kondisinya tidak memuaskan, dan sebagainya.

Apalagi jika produk yang Anda jual adalah produk digital, seperti ebook, video tutorial, atau aplikasi. Garansi uang kembali sangatlah realistis untuk Anda berikan. Contohnya di situs Sekolah Bisnis Ebook saya memberikan garansi 100 % uang kembali jika produk yang didapat tidak memuaskan.

4. Memberikan Kepedulian dan Solusi.

Di suatu saat saya pernah menonton video motivasi dari Pak Mario Teguh, dan kebetulan waktu itu Pak Mario Teguh menjelaskan bagaimana cara agar pelanggan itu percaya sama kita. Dan resep dari Pak Mario Teguh itu juga bisa kita terapkan dalam bisnis internet lho, resepnya adalah kita harus peduli dan memberi solusi bagi permasalahan pelanggan.

Memberikan kepedulian dan solusi bisa kita lakukan dengan cara-cara berikut ini.

  • Membalas email dari calon pelanggan/pembaca blog kita. Tak jarang ada pembaca blog/calon pembeli produk kita yang bertanya, nah ketika mereka bertanya maka jawablah pertanyaan tersebut dengan ramah dan penuh kepedulian. Sebab jika mereka menyukai Anda maka mereka akan sangat percaya kepada Anda. Saya sudah mengalaminya sendiri, saya sering mendapatkan pertanyaan dari para pembaca buku dan blog saya, setelah saya jawab pertanyaan mereka, mereka menjadi sangat care dan peduli akan blog saya.
  • Rutin menjawab pertanyaan yang ada di blog Anda.

Nah jadi mulai sekarang, kita haruslah menjadikan pelanggan sebagai teman. Perlakukanlah para pelanggan seperti teman-teman baik Anda, mudah-mudahan dengannya mereka akan semakin percaya dengan produk/bisnis kita.

5. Tampilkan Testimonial yang Jujur.

Testimonial adalah salah satu komponen penting untuk membangun kepercayaan dari pelanggan Anda. Dengan adanya testimonial, calon pembeli akan menjadi lebih yakin dan percaya pada produk kita, sebab sudah ada orang yang mencoba produk tersebut.

Tentu saja testimonial yang kita tampilkan haruslah testimonial yang jujur.

Anda bisa tampilkan testimonial di berbagai tempat, misalnya di sales letterproduk Anda, di halaman khusus pada blog Anda, atau mungkin bisa juga difans page Facebook perusahaan Anda.

Kepercayaan Tidak Dibangun Dalam Waktu Singkat.

Ya, upaya untuk membangun kepercayaan haruslah kita lakukan secara terus menerus, sebab membangun kepercayaan tidak bisa hanya kita lakukan dalam proses yang instan. Segala sesuatu yang dicapai dengan instan biasanya juga sangat mudah rapuh, oleh karena itu jangan terlalu berharap bisa mendapatkan kepercayaan dalam waktu singkat.

Lakukanlah kegiatan membangun kepercayaan ini secara konsisten :).

setuju atau sangat setuju?

Baiklah pembaca, sekian dulu artikel kita mengenai cara berbisnis online agar dipercaya pelanggan ini. Semoga bermanfaat ya.

Jangan lupa sampaikan komentar terbaik Anda, sebab Anda akan mendapatkan limpahan trafik dan backlink bila berkomentar di blog ini.

Jefferly Helianthusonfri.

Penulis dan blogger muda dari kota Lubuklinggau.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara meyakinkan pembeli online
  • cara meyakinkan customer dalam bisnis online
  • cara meyakinkan pelanggan online
  • cara mendapatkan kepercayaan pelanggan
  • cara membuat selogan bahwa online shop kita tidak penipuan
  • cara meyakinkan konsumen dalam bisnis online
  • Apakah kita dapat dipercaya pelanggan
  • cara menjadi pelanggan internet
  • kepercayaan dalam bisnis
  • contoh testimonial
Be Sociable, Share!