Beragam Salah Kaprah Mengenai Bisnis Internet

 

Salah kaprah mengenai bisnis internet, itulah topik yang akan kita bahas pada artikel ini. Tak bisa dipungkiri, mindset yang dimiliki seseorang sangatlah menentukan seperti apa orang itu nantinya, termasuk dalam berbisnis internet. Dengan mindset (paradigma) yang baik mudah-mudahan orang itu juga bisa sukses berbisnis internet.

Nah bicara soal mindset bisnis internet, kali ini saya tertarik untuk membahas berbagai  salah kaprah dalam bisnis internet. Kesalahan memahami semacam ini juga dialami oleh banyak pebisnis internet pemula, mudah-mudahan dengan adanya artikel ini, teman-teman pemula bisa mendapatkan bisnis internet yang benar dan bisa sukses dari sana.

1. Bisa Berbisnis Internet Tanpa Modal.

Mungkinkah kita berbisnis tanpa modal? Jawabannya adalah tidak mungkin :). Ya tidak mungkin.

Ingat lho ya, modal itu kan bukan hanya uang saja, tapi keahlian, semangat, rumah, nama yang baik adalah contoh bentuk modal yang harus dimiliki jika kita ingin berbisnis, termasuk bisnis internet. Mindset bisnis tanpa modal ini haruslah diubah, sebab kalau mengharapkan segala sesuatunya tanpa modal maka kita akan sulit untuk berkembang.

Memang benar bahwa kita bisa belajar bisnis internet secara gratis, tapi bagaimana dengan kelengkapan teknis, seperti nama domain, sewa hosting, biaya listrik, biaya koneksi internet, apakah itu tidak termasuk modal? Jadi, bisnis internet itu tetap butuh modal ya :).

2. Selagi Ada yang Gratis, Pakai yang Gratis.

Nah ini yang juga kurang tepat, saya tidak bilang hal semacam ini salah. Tetapi akan lebih baik jika kita bisa menempatkan segala sesuatu pada tempat yang sesuai.
Ambil contoh seperti ini, seorang pebisnis internet mengaku punya profit puluhan juta per bulan, tapi ketika blog nya dikunjungi koq alamat nya masih pakai sub domain gratisan (contoh .blogspot.com, atau .wordpress.com)?
Tidak sesuai kan dengan apa yang ia katakan, masa’¬† sewa domain aja tidak sanggup.

Akan tetapi tidak semua yang gratis itu tidak baik, banyak koq yang gratis tapi justru luar biasa. Contohnya untuk web browser, Mozilla Firefox itu browser yang gratis, tapi Mozilla justru biasa dipakai oleh banyak pebisnis internet dunia dan juga dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar.

Untuk itu, jika kita ingin berbisnis internet maka cobalah untuk menempatkan segala sesuatunya secara tepat. Termasuk dalam hal gratis yang tepat atau gratis yang tidak tepat ini. Untuk sesuatu yang bersifat profesionalitas, seperti nama domain, layanan web hosting, desain banner promosi, dan lainnya ada baiknya kita benar-benar mengandalkan yang profesional.

3. Harus Punya Produk yang “Beda” dan Luar Biasa.

Banyak juga kalangan yang menganggap bahwa agar bisa sukses kita harus punya produk yang beda dan luar biasa. Tapi anggapan semacam ini tak selamanya benar, apalagi dalam hal bisnis internet. Memang dalam berbisnis kita harus menciptakan diferensiasi (perbedaan) dengan kompetitor kita, tapi ketika di awal tidak ada salahnya kita mencoba sesuatu dari yang bisa kita lakukan.

Ambil contoh, ketika di awal kita hanya bisa membuat dan menulis blog, nah kita bisa coba berbisnis dari yang sederhana saja dulu, misalnya dengan menampilkan iklan PPC lokal, lama kelamaan kita akan mulai mendapatkan banyak informasi sehingga kita bisa terus berkembang.

Oleh karena itu, kita tidak perlu takut untuk segera mengambil langkah awal dalam berbisnis internet. Segera ACTION saja jika Anda sudah betul-betul ingin ACTION.

4. Bisnis Internet Harus Bisa Bikin dan Punya Website/Blog.

Anggapan semacam ini juga cukup sering saya temui, pernah ada seorang teman yang saya tanyai, kenapa sih kamu nggak coba berbisnis internet? Lalu teman itu menjawab, aku gak bisa komputer, aku ini gaptek.

Nah pendapat semacam ini jelas salah, untuk bisa berbisnis internet kita tidak harus bisa dan mahir dalam hal-hal teknis, seperti kode pemerograman website, harus pintar SEO, harus jago memakai aplikasi, tidak harus koq, tapi jika bisa itu lebih baik :).

Di artikel cara berbisnis internet tanpa perlu punya blog/web saya sudah jelaskan cara bagaimana Anda bisa mendapatkan profit melimpah dari internet tanpa perlu harus bisa bikin/punya situs web.

5.Bisnis Internet Itu Cepat Menghasilkan.

Nah ini yang sering keliru, tak jarang sebagian pemula mengira bahwa bisnis internet adalah bisnis yang cepat menghasilkan. Padalah jelas-jelas yang namanya bisnis itu tetap butuh proses dan kerja keras. Memang ada peluang menghasilkan uang dengan cepat lewat bisnis internet, tapi jelas itu butuh kerja keras.

Jumlah pelaku bisnis internet itu sangat banyak, sehingga persaingan juga akan makin keras. Nah kalau tidak kerja keras mana mungkin kita bisa menghasilkan profit. Oleh karena itu mari kita perbarui mindset kita bahwa bisnis internet itu susah dan butuh proses, jangan tergoda untuk sesuatu yang instan tanpa kerja keras.

Nah kawan-kawan itu dia 5 hal yang sering disalah artikan dalam bisnis internet, semoga artikel ini bermanfaat ya. Dan jangan lupa sampaikan komentar terbaik Anda, untuk mendapatkan trafik dan backlink gratis.

Tetap semangat !!

Jefferly Helianthusonfri

 

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • Kalau ingin jago seo harus belajar apa?
  • kesalahan internet marketing
  • mainset yang salah
  • mengenai bisnis
  • mindset bisnis
  • promosi sesuatu yang memiliki profit
  • situs-situs yang ada di internet yang mengenai bisnis
  • web salah
Be Sociable, Share!