Beragam Profesi Sumber Passive Income di Internet

passive income dari internet

Kemajuan teknologi menjadikan banyak bisnis baru bermunculan. Salah satunya kita juga bisa memanfaatkan internet untuk kegiatan menghasilkan uang. Ada banyak potensi bisnis di internet. Kita bisa berjualan online dengan memanfaatkan internet, kita bisa memasarkan produk/jasa kita, dan lain sebagainya.

Bicara soal penghasilan dari internet, dalam tulisan ini sudah diulas berbagai profesi yang dapat mengalirkan passive income ke kantong Anda. Apa saja profesi tersebut?

Profesi-profesi ini dapat menjadi profesi sampingan Anda. Siapa tahu dengan menjalankan profesi ini Anda mampu membangun bisnis yang sukses.

1. Menjadi Affiliate Marketer

Affiliate marketer adalah orang yang memasarkan suatu produk, lalu mendapatkan komisi penjualan ketika produk tadi terjual. Jadi si affiliate marketer bekerja sama dengan pemilik produk. Nah ketika si affiliate marketer berhasil menjual produk yang ia pasarkan, ia akan mendapatkan komisi.

Hadirnya internet memungkinkan seseorang memasarkan produk secara fleksibel. Contoh, kita tinggal di Indonesia. Dengan adanya internet kita bisa membantu memasarkan produk vendor yang ada di Amerika sana. Selanjutnya, saat produk tadi terjual si affiliate marketer akan mendapatkan komisi penjualan.

Untuk menjadi seorang affiliate marketer, Anda perlu punya jaringan promosi. Jaringan promosi ini bisa berupa list email yang Anda miliki, akun sosial media, ataupun website/blog yang Anda miliki. Yang paling penting dalam affiliate marketing adalah Anda mampu membuat orang lain melakukan sesuatu yang membuat Anda dibayar. Salah satunya Anda mampu membuat orang-orang membeli produk yang Anda tawarkan.

Untuk memulai menjadi affiliate marketer, Anda dapat bergabung di situs marketplace afiliasi yang banyak bertebaran di internet. Contoh marketplace afiliasi ini misalnya : Amazon, Clickbank, dan masih banyak lagi.

2. Menjadi Blogger

Seorang blogger juga bisa menghasilkan passive income. Terlebih ketika si blogger punya blog yang dikunjungi oleh banyak orang. Sebagai blogger, kita dapat menyediakan dan kemudian menyewakan ruang iklan di blog kita. Setiap kali pengiklan ingin beriklan di blog kita, mereka harus membayar biaya iklan.

Selain itu, blogger juga bisa bekerja sama dengan penyedia layanan periklanan di internet. Misalkan si blogger menjadi publisher iklan-iklan Google AdSense. Tugas si blogger adalah menayangkan iklan Google AdSense tadi di blognya. Ketika iklan tersebut diklik oleh pengunjung, si blogger akan mendapatkan bayaran.

Agar bisa menjadi blogger yang punya passive income, kita perlu punya blog yang ramai dikunjungi orang-orang.

(Baca juga : Mau Passive Income dari Blog? Gabung Di sini.)

3. Menjadi YouTuber

youtube

Menjadi YouTuber termasuk salah satu profesi yang dapat Anda jalani. Apalagi jika Anda punya hobi di bidang pembuatan video. Anda dapat membuat video-video yang berkaitan dengan kegemaran Anda. Selanjutnya Anda dapat mengunggah video tadi ke YouTube. Ketika video Anda ditonton oleh banyak orang, ada banyak peluang bisnis yang tercipta untuk Anda.

Tugas seorang YouTuber adalah membuat video-video yang menarik, lalu menguploadnya ke channel yang ia miliki. Semakin banyak pelanggan (subscriber) yang kita miliki di YouTube, maka makin besar potensi kita untuk bekerja sama dengan pengiklan. Kita dapat bekerja sama dengan suatu brand/perusahaan. Kita akan mempromosikan produk si perusahaan tadi di video kita, lalu kita mendapatkan bayaran.

Selain itu, YouTuber juga dapat mengikuti program Google AdSense untuk YouTube. Dengan program ini, YouTuber dapat memonetisasi videonya. Nantinya akan muncl iklan Google AdSense di video YouTube kita. Dari sanalah si YouTuber bisa mendapatkan penghasilan.

Sama halnya dengan seorang blogger, YouTuber perlu punya banyak pelanggan dan penonton video agar ia mampu menghasilkan passive income.

4. Menjadi Pemilik Produk Digital

Profesi yang ke-4 adalah menjadi pemilik produk digital. Contoh produk digital ini misalnya : ebook, video tutorial, kursus online, software, template website, dan produk desain (misal : template banner promosi). Menjadi pemilik produk digital memungkinkan kita meraih passive income dari internet.

Contoh, jika kita membuat sebuah ebook, lalu menjualnya di internet, maka kita akan mendapatkan income setiap kali ada orang yang membeli ebook kita. Atau kalau kita membuat software, lalu software tadi dibeli/dipakai oleh orang-orang, kita akan mendapatkan pembayaran atas software/aplikasi buatan kita tadi.

Passive Income Dari Bisnis Kursus Online 250x250Bisnis produk digital termasuk bisnis yang menjanjikan, sebab kita cukup memproduksi produk digitalnya sekali, tapi bisa dijual berkali-kali. Bisnis produk digital kian menarik sebab saat ini sudah ada banyak situs marketplace produk digital yang memudahkan kita untuk menjual produk digital kita. Baik itu situs marketplace yang ada di luar negeri ataupun yang berbasis di Indonesia.

Bagi Anda yang tertarik membangun bisnis produk digital di bidang ebook/video tutorial, Anda dapat belajar di website berikut : www.BisnisKursusOnline.com.

Nah teman-teman, itulah beberapa profesi menarik yang dapat menjadi sumber passive income. Kunci utama untuk bsa memiliki passive income di internet adalah memiliki aset. Aset adalah segala sesuatu yang menghasilkan uang ke kantong Anda. Ketika Anda punya web yang ramai, atau Anda punya channel YouTube yang besar dan dimonetisasi, maka itulah aset Anda. Anda bisa menghasilkan passive income dari internet.

 

banner horisontal langganan artikel

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • sumber sumber passive invome
  • bisnis pasif income desain menjanjikan
  • motivasi com
  • profesi di internet yang menghasilkan
Be Sociable, Share!