Belajar Nge-Blog dari Timnas Spanyol

Siapa yang meragukan ketangguhan tim nasional Spanyol, ya tim yang mendapat julukan La Furia Roja tersebut memang sangat luar biasa. Dalam kurun waktu 4 tahun terakhir, La Furia Roja sukses memborong 3 gelar bergengsi sekaligus, sebuah sejarah yang belum pernah ditorehkan negara manapun di dunia. 2 Piala Euro,  dan satu piala dunia dalam 4 tahun 🙂 bukan main.

Kesuksesan La Furia Roja bisa menjadi sebuah motivasi dan inspirasi bagi kita para blogger yang ingin juga sukses. Nah lewat artikel ini kita akan bahas apa saja yang bisa kita pelajari dari timnas Spanyol.

Berikut beberapa hal yang saya catat dan bisa kita terapkan dalam strategi menuju kesuksesan blog kita.

1. Sabar

Ya, kesabaran itu memang diperlukan untuk sukses. Sama halnya dengan timnas Spanyol, mereka tidak membangun tim yang superior itu dalam satu dua tahun saja, tapi mereka sudah membangun tim tersebut sejak dulu. Bahkan di tahun 2006 Spanyol sempat gagal total dalam piala dunia di Jerman.Namun seiring dengan makin berjalannya waktu, pemain timnas Spanyol mulai menemukan performa terbaik mereka, sebut saja nama-nama seperti Xavi, Fernando Torres, Iniesta, Casillas dan banyak lagi.

Dalam dunia blogging juga begitu, kita harus sabar membangun blog. Tidak tergesa-gesa, kita harus sabar dalam mengelola blog, tidak terlalu cepat memikirkan soal pendapatan blog, dan dari kesabaran itulah kita harus terus memperbanyak pengalaman seperti sederet bintang dari timnas Spanyol.

2. Punya Visi dan Misi

Timnas Spanyol juga punya visi dan misi, namun visi dan misi tersebut mereka kemas dalam satu filosofi yang namanya tiki taka. Tiki taka adalah gaya permainan sepak bola menyerang dengan mengandalkan kekuatan penguasaan bola, dan terus menggempur pertahanan lawan. Tim Matador selalu mengacu pada gaya bermain tiki taka, sehingga mereka tidak hanya mengejar hasil akhir tapi mereka juga fokus pada keindahan yang ditampilkan.

Dalam blog juga begitu, Anda harus punya visi dan misi. Visi bisa menjadi mimpi atau cita-cita Anda, targetkan dalam satu tahun blog Anda sudah harus seperti apa.

Nah untuk mewujudkan visi tersebut, Anda butuh misi. Contoh misi misalnya :

  • berapa banyak artikel yang harus Anda tulis dalam satu tahun ke depan?
  • berapa banyak target penghasilan Anda dalam satu tahun ke depan?
  • Program-program monitesasi apa saja yang Anda ingin kerjakan?
  • dan sebagainya.

Jika blog Anda sudah punya visi dan misi, maka Anda akan punya arah yang jelas ke mana blog tersebut akan berlayar.

3. Terus Berlatih

Jelas saja kualitas timnas Spanyol jauh berbeda dengan timnas Indonesia. Penyebabnya adalah kedua negara punya standar sepak bola bagai langit dan bumi, jika di La Liga Spanyol pemain dituntut tampil maksimal dengan segala skill terbaik mereka dan kualitas permainan yang harus mengagumkan.

Untuk bisa tampil dengan kualitas tinggi, pemain dituntut terus berlatih. Jadwal game yang padat plus latihan ketat membuat para pemain menjadi makin terasah. Hasil dari latihan tersebut, kita bisa lihat timnas Spanyol mampu memiliki sederet bintang luar biasa seperti Juan Mata, Pique, Ramos, Sergio, Xavi, Xabi, Cesc Fabregas dan banyak lagi.

Dalam menjadi blogger juga begitu, kita harus terus berlatih secara disiplin, ketat dan berusaha terus menampilkan skill terbaik kita. Contoh latihan yang bisa Anda lakukan sebagai blogger misalnya,

  • Konsisten menulis setidaknya 3 artikel sehari.
  • Konsisten dalam melakukan blogwalking
  • Konsisten dalam membaca artikel/newsletter dari blogger-blogger profesional
  • dan masih banyak lagi.

4. Bersaing

Kompetisi tidak hanya terjadi dalam turnamen saja, tetapi kompetisi juga terjadi dalam skuad La Furia Roja. Dengan sederet bintang yang dimiliki oleh Spanyol, tentu Vicente del Bosque  harus mampu memilih mana nama-nama terbaik yang cocok dengan skema permainan yang ingin ditampilkan. Alhasil setiap pemain berusaha tampil terbaik bagi tim.

Begitu juga dalam dunia blogger, jangan takut bersaing dengan kompetitor Anda. Berikan yang terbaik, dan jadilah blogger yang memang pantas untuk menjadi yang terbaik. Mulai sekarang jangan takut persaingan :).

5. Konsisten Untuk Membangun Brand

Timnas Spanyol selalu berusaha tampil konsisten dengan memperagakan tiki-taka mereka. Jika mereka tampil tanpa tiki-taka, maka Spanyol ibaratkan seperti sayur tanpa garam. Nah karena mereka konsisten, penikmat sepak bola dunia mengenal timnas Spanyol sebagai negara tiki-taka. Lama kelamaanbrandtimnas Spanyol pun tercipta. Yakni jika bicara soal timnas Spanyol, maka kita bicara soal permainan indah dengan akurasi passing tingkat tinggi.

Dalam nge-blog juga begitu, Anda harus selalu konsisten menampilkan ciri khas blog Anda. Konsisten dalam menulis artikel berkualitas, konsisten dalam mengupdate blog, tonjolkan sisi unik blog Anda maka dari sanalah Anda bisa membangun brand.

Jika brand sudah berhasil dibangun blog Anda akan lebih cepat populer.

6. Unik

Timnas Spanyol punya ciri khas yang unik, yakni mereka punya gelandang-gelandang dan pemain berutubuh kecil tapi skill nya luar biasa. Xavi, Iniesta, David Silva, Jordi Alba, adalah sederet bintang Spanyol yang postur mereka hanya 170 cm. Ukuran yang termasuk mungil untuk standar sepak bola Eropa. Tapi biarpun “cilik-cilik” tapi mereka punya kemampuan akurasi umpan yang luar biasa, kecepatan yang tidak diragukan dan skill individu yang menawan.

Blog Anda juga perlu menjadi unik. Dengan blog yang unik, Anda bisa menciptakan konteks yang membuat pembaca menjadi rindu dengan blog Anda.

Untuk bisa jadi unik, cara yang bisa dilakukan misalnya :

  • Menggunakan desain tampilan yang minimalis, dan unik.
  • Memposting artikel-artikel yang unik, dan jarang ditemui di blog lain.
  • Memberi banyak bonus khusus bagi pembaca,
  • dan masih banyak lagi.

7. Seimbang

Timnas Spanyol punya keseimbangan yang luar biasa, mereka adalah tim paling produktif Euro dan mereka juga tim paling sedikit kebobolan di Euro 2012.

Blogging juga seperti itu, Anda harus seimbang. Seimbang dalam aktivitas di dunia nyata maupun di dunia maya. Atur waktu sebaik mungkin agar Anda dapat menjadi seorang blogger yang tetap perhatian pada lingkungan sekitar.

Bagi yang menjadi blogger paruh waktu (seperti saya) maka waktu 3 atau 4 jam sehari sudah sangat cukup untuk mengurus blog.

8. Passions

Para pemain timnas Spanyol begitu memiliki passions dalam penampilan mereka (ya iyalah, kalau gak minat di bola mana bisa jadi pemain bola). Mereka selalu tampil dengan penuh semangat, gak ada loyo-loyo-an.

Dalam menjadi seorang blogger, pilihlah bidang yang memang Anda minati, sebab dengan begitu Anda akan bersemangat. Nah dari semangat-semangat itulah karya-karya yang luar biasa bisa Anda hasilkan.

9. Menghormati Kawan dan Lawan

Ya begitulah timnas Spanyol, bagi Anda para pecinta sepak bola pasti sudah tahu bahwa Spanyol dibentuk oleh sinergi dua kekuatan kutub sepak bola mereka, FC Barcelona dan Real Madrid. Di luar timnas Spanyol para pemain Barcelona dan Madrid sering berseteru dan aroma persaingan tercium begitu keras, tapi ketika berbaju La Furia Roja mereka saling menghormati dan bekerja bahu membahu membawa timnas Spanyol jadi juara.

Tak hanya pada kawan, tapi mereka juga punya banyak teman baik dari lawan-lawan mereka. Sebut saja nama-nama seperti Cristiano Ronaldo, Buffon, Pirlo adalah nama-nama bintang yang menjadi musuh Spanyol ketika mereka bertemu tapi ketika di luar lapangan mereka adalah teman baik.

Dalam blogging juga haruslah demikian, Anda boleh saja bersaing ketat dengan blogger-blogger lain, tetapi harus tetap saling menghormati. Misalnya :

  • dengan mengapresiasi prestasi pesaing Anda.
  • menjawab komentar-komentar di blog Anda.
  • mengunjungi dan membangun silaturahmi dengan bloger lain.

Baiklah pembaca, sekian artikel seputar belajar nge-blog dari timnas Spanyol ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi prestasi blogging Anda.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • usaha menggempur pertahanan lawan dalam sepak bola biasa dilakukan pola
  • usaha menggempur pertahanan lawan dalam sepak bola
  • usaha menggempur pertahanan lawan dalam sepak bola dilakukan pola
  • Usaha menggempur pertahanan lawan dilakukan pola
  • cara belajar tiki-taka
  • usaha menggempur pertahanan lawan dalam sepakbola biasa dilakukan pola
  • untuk menggempur pertahanan lawan sepak bola dilakukan pola
  • usaha menggempur pertahanan lawan dalam sepak bola biadssa dilakukan pola
  • Usaha menggempur pertahanan lawan dalam sepak bola biasa dilakukan pada
  • usaha menggempur pertahanan lawan dalam sepak bola dinamakan pola
Be Sociable, Share!