Belajar dari Tokopedia : Lebih Dekat dengan Konsumen Melalui Cerita

William TanuwijayaCerita, semua orang suka cerita.

Pernahkah terpikir di benak Anda untuk memanfaatkan media cerita sebagai salah satu senjata pengembangan bisnis Anda?

Mengembangkan dan menjalankan sebuah startup, memang tidak akan pernah mudah. Salah satu hal yang tidak mudah dalam menjalankan startup adalah membangun kedekatan dengan konsumen.

Bagaimana cara membangun kedekatan dengan konsumen/customer produk kita?

Inspirasi kali ini datang dari Tokopedia, salah satu startup yang sukses dan mulai tumbuh menjadi besar. Tokopedia memang sudah tidak asing di dunia startup Indonesia. Karena kesuksesan Tokopedia, nama William Tanuwijaya pun mulai dikenal di Indonesia.

Satu hal menarik yang kami amati dari Tokopedia adalah situs marketplace satu ini cenderung lebih dekat dengan user dan konsumen mereka. Hal ini dapat kita lihat bersama di blog-nya Tokopedia yang beralamat di http://blog.tokopedia.com/.

Apa sih yang menarik dari Tokopedia dan bagaimana cara mereka membangun kedekatan dengan konsumen?

Silakan lanjutkan membaca.

Lebih Dekat dengan Konsumen Melalui Media Blog

Sudah kita ketahui bersama bahwa blog adalah salah satu media paling cocok untuk dioptimalkan guna membangun kedekatan dengan konsumen. Inilah yang kemudian diadopsi oleh Tokopedia. Sebagai sebuah startup yang terus tumbuh membesar, tentu saja media blog juga dioptimalkan oleh Tokopedia.

Melalui blognya, Tokopedia membangun kedekatan dengan para pengguna mereka. Anda bisa lihat sendiri blog Tokopedia itu seperti apa. Yang menarik di blog Tokopedia ada sederet segmen yang ternyata “wow.. menarik sekali”.

Berikut beberapa isi blog yang menarik bagi penulis :

  • Adanya segmen success story. Di segmen ini penulis menemukan kisah sukses seorang anak yang baru lulus SD berhasil dan sukses menjadi salah satu penjual sukses di Tokopedia. Menarik sekali bukan?

success story

 

  • Segmen kisah berdirinya Tokopedia. Lewat segmen ini, Tokopedia berbagi cerita bagaimana kisah awal beridirinya startup ini. Di sini ada kisah tentang bagaimana Tokopedia didirikan, bagaimana mereka mencari investor, sampai ada juga kisah kenapa memakai nama Tokopedia.

segmen the making of tokopedia

 

  • Segmen behind the scene. Kalau di segmen ini kita bisa melihat sesuatu yang ada di balik layar Tokopedia. Jadi Tokopedia benar-benar mau terbuka dan mengizinkan user tahu apa yang ada di balik Tokopedia. Tentunya hal semacam ini akan membuat konsumen menjadi begitu dihargai. :)

behind the scenKendati penulis belum menjadi pengguna Tokopedia, namun penulis begitu menyukai cara Tokopedia membangun kedekatan dengan para pengguna mereka.

Salut untuk Tokopedia!!

Apa yang Bisa Kita Pelajari dari Tokopedia?

TokopediaTokopedia adalah salah satu role model yang perlu kita tiru ketika ingin sukses di dunia startup. Beragam inspirasi bisa kita dapatkan dari perjalanan Tokopedia. Yang lebih menarik lagi, Tokopedia mau berbagi kisah perjalanan mereka, mereka merangkai dan membagi cerita agar bisa menginspirasi. Menginspirasi para pelaku startup, konsumen, investor dan semua pihak yang berkaitan dengan Tokopedia.

Ada beragam hal yang bisa kita pelajari dari Tokopedia. Berikut beberapa pelajaran dari Tokopedia, khususnya dalam hal membangun kedekatan dengan user.

  • Bagikan cerita kepada user atau konsumen Anda. Ingatlah bahwa orang-orang itu suka mendengarkan cerita. Tokopedia dengan cerdik mampu mengemas keseharian mereka menjadi sebuah cerita yang menarik bagi konsumen mereka.
  • Gunakan blog untuk distribusi konten. Kita bisa lihat bahwa Tokopedia begitu mengandalkan blog. Meskipun tidak hanya blog thok, tetapi Tokopedia peduli dan menganggap penting keberadaan blognya. Dengan blog kita bisa membangun kedekatan dengan konsumen.
  • Libatkan user dalam mengembangkan startup Anda. Penting bagi kita untuk juga melibatkan para konsumen dalam pengembangan startup kita. Tanpa konsumen kita bukanlah apa-apa. Untuk itu hargailah konsumen dengan cara mengikut sertakan mereka dalam pengembangan bisnis kita. Beragam hal sederhana bisa kita lakukan untuk lebih melibatkan konsumen, ya misalnya dengan menyelenggarakan kontes khusus kepada konsumen, meminta kritik dan saran dari mereka, berdiskusi dengan mereka dan banyak lagi.

Itulah beberapa keping inspirasi dari Tokopedia. Semoga startup dan bisnis Anda senantiasa sukses selalu. :)

@JefferlyHelian

Penulis adalah Jefferly Helianthusonfri-Co-founder JefferlySuperClub.com dan penulis IT di Elex Media Komptuindo.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • apa sih toko pedia
  • apa yang menarik di toko pedia
  • bagaimana tokopedia
  • keberadaan tokopedia
  • kisah penjual sukses tokopedia
  • kisah tokopedia
Bantu Share ya :)