Bagaimana Cara Mudah Belajar SEO Untuk Pemula?

SEO itu seperti iniSEO, atau search engine optimization adalah salah satu kemampuan yang sangat perlu untuk dimiliki oleh para pelaku bisnis di internet. Dengan dukungan tim/kemampuan SEO yang baik, tentu saja website Anda akan mampu “berbicara banyak” dan mendapatkan posisi yang amat menggembirakan di mesin pencari, seperti Google.

Lantas timbul pertanyaan, bagaimana cara mudah belajar SEO? Adakah tips atau kiat agar kita bisa mahir SEO dalam waktu yang tidak terlalu lama? Temukan jawabannya hanya di artikel ini :).

Kali ini saya akan mencoba berbagi inspirasi seputar hal SEO kepada kawan-kawan. Barangkali pengetahuan saya yang belum terlalu banyak ini bisa bermanfaat besar buat kawan-kawan. Bagaimana cara untuk mudah belajar SEO bagi pemula? Inilah beberapa inspirasi dari saya.

1. Awali dengan Konsep Dasar SEO

Seperti apa itu konsep dasar SEO? Nah kalau ngomongin konsep dasar SEO sih sudah saya kupas tuntas dalam buku Ranking 1 di Google? Siapa Takut!.

Untuk Anda yang sudah baca buku dahsyat tadi, pasti Anda sudah sepaham dengan komentar dari Pak Rozikin yang beliau berikan di halaman ini.

Buku ini menarik sekali mas. Konsep dasar SEO benar benar di bahas tuntas di buku ini. Selain lengkap cara penggunaan bahasanya pun mudah untuk di pahami. Saya baru saja membeli buku ini dan sudah selesai membaca sampai halaman 105. Mudah – mudahan bukunya laris dan banyak blogger pemula ksususnya menjadi lebih paham lagi konsep dasar SEO.

Tapi okelah, saya akan coba bahas mengenai konsep dasar SEO di sini.ranking 1 di Google

Konsep dasar dari SEO itu adalah menjadikan website kita layak dan pantas untuk ditempatkan pada posisi yang baik di hasil pencarian mesin pencari. Sudah itu dulu dasarnya. Segala hal yang menjadikan web kita punya reputasi jelek itu bukan SEO. TITIK.

Jadi jangan mudah percaya dengan beragam trik SEO “aneh” yang belum tentu benar di luar sana.

Lantas seperti apakah SEO yang baik dan sebaiknya kita lakukan? Nah inilah pentingnya poin kedua berikut ini.

2. Carilah Mentor dan Guru Anda

Belajar SEO memang bisa secara otodidak, tapi Anda tetap butuh guru. Entah itu dengan belajar dari pengalaman orang lain, pengalaman kawan-kawan Anda yang sudah lebih dulu menekuni SEO, ikut kursus SEO, beli buku SEO dan sebagainya.

Dan jangan pernah berpuas dengan pengetahuan dan ilmu yang sudah Anda miliki. Terus belajar, dari siapa saja selagi pelajarannya positif.

Kalau boleh sharing, saya dulu banyak belajar SEO dari kawan-kawan blogger yang memang punya passion di bidang SEO.

3. Perbaiki Betul Mindset Anda

mindset SEO tepatMindset adalah hal yang amat penting dalam melakukan sesuatu. Sekarang coba pikir baik-baik.

  • Apakah SEO adalah hal mutlak dalam bisnis online Anda?
  • Apakah dengan melakukan “sedikit” SEO bisnis online Anda masih bisa tumbuh subur? Ingat, SEO bukanlah satu-satunya meraih sukses bisnis online. Masih ada berbagai metode lain.
  • Apakah harus Anda yang melakukan SEO? Bukankah Anda bisa mendelegasikan tugas SEO tersebut ke orang-orang yang lebih berpengalaman dan siap membantu Anda. Ingat, ada berbagai jasa SEO terpercaya di luar sana.

Mudah-mudahan ketiga pertanyaan tadi bisa memberi refleksi pada diri Anda. Satu hal yang mau saya tegaskan, Anda tidak harus menguasai semua kemampuan bisnis online. Kerja tim adalah salah satu metode menggapai sukses bisnis online.

4. Praktik Langsung di Lapangan.

Cara ini adalah cara terbaik untuk belajar SEO. Ya praktik langsung di lapangan. Ibaratkan belajar mengendarai sepeda, Anda tidak bisa belajar hanya dengan membaca buku atau mengikuti saran orang-orang. Belajar mengendari sepeda itu adalah dengan berusaha langsung bersepeda.

Dan seperti itulah belajar SEO. Wajib praktik langsung di lapangan.

Belajarlah dari pengalaman.

Nah rekan pembaca, semoga artikel SEO untuk pemula ini bisa menginspirasi Anda ya.

Mohon maaf saya tidak memberi pembahasan detail seputar teknik-teknik SEO atau langkah-langkah SEO apa yang harus Anda lakukan. Tapi saya yakin dengan ke-4 poin dahsyat di atas, Anda sudah tahu hal apa yang harus Anda lakukan agar bisa mahir SEO.

Salam super, dan semoga sukses selalu untuk Anda.

Jefferly Helianthusonfri

Penulis dan pebisnis internet muda berusia 16 tahun.

Mau belajar SEO langsung dari Jefferly? Klik di sini.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • buku seo
  • cara mudah belajar seo
  • buku tentang konsep seo
  • downlaod ranking 1 google siapa takut
  • belajar mudah seo
  • ebook seo untuk pemula
  • konsep dasar seo
  • dasar seo untuk pemula
  • Cara mudah memahami penjadwalan
  • bagaimana belajar internet dengan mudah
Be Sociable, Share!