Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Melalui Facebook?

menghasilkan uang melalui facebook

Bagaimana cara menghasilkan uang melalui Facebook? Ada banyak orang yang bertanya tentang hal ini. Dalam tulisan ini, kami akan membagikan sejumlah cara yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang melalui Facebook. Cara-cara berikut ini tidak hanya bermanfaat bagi Anda yang ingin menghasilkan uang dari Facebook. Anda para pemilik bisnis pun dapat menggunakan cara-cara berikut untuk meningkatkan omzet bisnis Anda.

Inti dari Menghasilkan Uang Melalui Facebook

Jika ingin menghasilkan uang dari Facebook, maka hal yang harus dilakukan adalah menggunakan Facebook untuk kegiatan bisnis. Seperti apa contohnya?

Contohnya adalah dengan memanfaatkan Facebook untuk berjualan atau memasarkan produk Anda. Bagi Anda yang memilki bisnis, Anda dapat menggunakan Facebook untuk promosi produk-produk Anda. Barangkali Anda punya bisnis penatu (laundry). Anda dapat menggunakan Facebook untuk promosi bisnis penatu Anda.

Dalam hal ini, Facebook digunakan untuk promosi guna meramaikan laundry Anda. Selain memanfaatkan Facebook untuk promosi bisnis, ada berbagai cara lain agar bisa menghasilkan uang melalui Facebook. Berikut pembahasan selegkapnya.

1. Memanfaatkan Facebook Untuk Promosi Bisnis

Dalam hal ini, Anda akan memanfaatkan Facebook untuk kegiatan promosi bisnis Anda. Ada berbagai sarana promosi bisnis yang tersedia di Facebook. Salah satu sarana promosi yang sering digunakan di Facebook adalah halaman Facebook (Facebook page).

Melalui halaman Facebook, seorang pemilik bisnis dapat memasarkan bisnisnya. Halaman Facebook dapat digunakan untuk publikasi informasi promo, untuk berinteraksi dengan target pasar, untuk memublikasikan pengumuman, dan lain sebagainya.

Bagi Anda para pemilik toko online, Anda juga bisa memanfaatkan Facebook sebagai salah satu sarana promosi produk.

2. Memanfaatkan Facebook Untuk Kegiatan Affiliate Marketing

Dalam bisnis internet, juga dikenal istilah affiliate marketing. Affiliate marketing merupakan salah satu metode pemasaran yang ada di internet. Dengan menjalankan kegiatan affiliate marketing, kita akan memasarkan suatu produk dari vendor. Misalkan vendor A menjual produk sepatu. Nah, dengan menjadi seorang affiliate marketer, kita bisa bekerja sama untuk memasarkan produk sepatu dari vendor A tadi. Ketika sepatu yang kita pasarkan laku terjual, maka kita akan mendapatkan komisi.

Dalam kegiatan affiliate marketing, tugas kita adalah memasarkan suatu produk. Ketika produk tersebut laku terjual berkat upaya kita, maka kita akan mendapatkan komisi.

Nah, dalam hal ini Anda dapat menjalankan kegiatan affiliate marketing. Selanjutya, Facebook Anda jadikan sebagai salah satu sarana promosi produk-produk afiliasi Anda. Supaya semakin jelas, mari perhatikan contoh berikut.

Salah satu website yang menyediakan program afiliasi adalah KeajaibanMenulis.com. KeajaibanMenulis merupakan kursus online yang memandu orang-orang untuk menjadi seorang penulis. Nah, dengan bergabung sebagai affiliate marketer dari KeajaibanMenulis, Anda dapat membantu memasarkan KeajaibanMenulis kepada teman-teman Anda (misalkan kepada teman-teman Facebook).

Saat teman-teman Anda mendaftar di KeajaibanMenulis melalui link afiliasi Anda, Anda akan mendapatkan komisi sebesar 50 %. Contoh promosi produk afiliasi di Facebook misalnya seperti pada gambar berikut. Di gambar berikut, si affiliate marketer mencantumkan link afiliasinya. Selanjutnya ketika orang-orang membeli produk melalui link afiliasi tersebut, si pembuat status akan mendapatkan komisi.

promosi link afiliasi di Facebook

Jika Anda tertarik belajar lebih mendalam tentang affiliate marketing, silakan ikuti training affiliate marketing dari JefferlySuperClub.com.

3. Memanfaatkan Facebook Untuk Jualan Online

Cara ketiga agar bisa menghasilkan uang melalui Facebook adalah dengan berjualan online lewat Facebook. Dalam hal ini, Anda akan memanfaatkan Facebook sebagai sarana promosi produk-produk Anda.

Belum punya produk?

Tak perlu kuatir. Saat ini sudah ada banyak toko online yang menyediakan program reseller ataupun dropship. Reseller dan dropship merupakan contoh solusi untuk Anda yang ingin berjualan online tetapi belum punya produk. Jika Anda menjadi seorang reseller, Anda akan membeli produk dari penyedia produk (misal toko). Selanjutnya, Anda akan menjual kembali produk tadi ke konsumen. Umumnya, si penyedia produk akan memberikan diskon kepada Anda. Dengan demikian, diskon tadi dapat menjadi keuntungan Anda.

Selain menjadi reseller, Anda juga bisa menjadi seorang dropshipper. Dengan menjadi dropshipper, Anda akan membantu vendor memasarkan produk. Ketika produk Anda terjual, pembeli akan membayar ke Anda. Selanjutnya, Anda akan membayar ke vendor. Namun, yang mengurusi pengiriman barang ke pembeli adalah vendor. Dengan demikian, Anda tidak harus repot mengurusi pengiriman barang.

Untuk mencari vendor yang dapat diajak bekerja sama, Anda dapat memanfaatkan pencarian Google. Selain itu, situs seperti Cakning atau Supplier.id juga dapat dimanfaatkan untuk mencari produk untuk dijual kembali.

Setelah Anda memiliki produk untuk dipasarkan, Anda bisa segera memasarkan produk melalui akun Facebook Anda.

4. Memanfaatkan Facebook Untuk Jualan Jasa

Tak hanya menjual produk dalam bentuk barang, Anda juga bisa menjual jasa. Facebook pun juga bisa digunakan untuk pemasaran jasa. Tak harus bermodal besar, akun personal Facebook pun juga dapat digunakan untuk pemasaran jasa.

Adapun jasa yang dapat dijual di Facebook cukup beragam. Anda dapat menjual jasa penulisan artikel, jasa desain grafis, ataupun berbagai jenis jasa lainnya. Yang perlu Anda lakukan adalah memberitahu orang lain bahwa Anda menyediakan jasa. Bagaimana cara memberi tahu orang lain bahwa Anda menjual jasa?

  • Bisa dengan cara memasang cover Facebook yang menceritakan tentang jasa yang Anda tawarkan. Contohnya seperti pada gambar berikut.

promosi jasa di Facebook

  • Bisa dengan menggunakan nama Facebook yang menampilkan jasa Anda.
Menggunakan nama Facebook yang menampilkan jasa yang dijual.

Menggunakan nama Facebook yang menampilkan jasa yang dijual.

  • Bisa dengan cara membuat status yang berisi tentang promosi jasa Anda.

Usai Anda membuat akun Facebook, selanjutnya Anda bisa segera mulai berteman dengan orang-orang yang sesuai dengan target pasar Anda. Contoh, jika Anda memasarkan kursus online tentang menulis, Anda dapat berteman dengan orang-orang yang punya minat di bidang menulis.

Jika Anda memasarkan jasa penulisan artikel, Anda dapat berteman dengan mereka yang membutuhkan jasa penulisan artikel. Contoh orang yang butuh jasa penulisan artikel : blogger, pemilik web, dan para pelaku bisnis online.

Setelah Anda berteman dengan mereka, buatlah status yang berkaitan dengan produk yang Anda pasarkan. Jika Anda memasarkan produk yang ditujukan untuk ibu-ibu, maka Anda dapat membuat status yang relevan dengan ibu-ibu (misalkan status tentang perawatan buah hati, tentang keluarga, dan lain sebagainya). Dengan status-status ini, Anda akan membangun interaksi dengan target pasar. Jika mereka (target pasar) sudah sering berinteraksi dengan Anda, mereka akan lebih yakin untuk memakai jasa Anda.

5. Memanfaatkan Facebook Sebagai Sumber Trafik Website

Anda juga bisa memanfaatkan Facebook sebagai sarana promosi website. Dalam hal ini, website Anda lah yang akan menghasilkan uang. Contoh, jika Anda menjual produk melalui web, Anda dapat menggunakan Facebook sebagai salah satu sarana promosi web Anda. Dengan demikian, teman-teman Facebook Anda dapat mengunjungi web Anda. Siapa tahu mereka akan menjadi salah satu pembeli produk Anda.

Selain itu, jika di website Anda menampilkan iklan PPC (Paid Per Click),  Anda akan mendapatkan komisi setiap kali ada orang yang mengklik iklan Anda. Semakin banyak orang yang berkunjung ke web Anda, maka semakin besar pula peluang terjadinya klik terhadap iklan Anda. Nah, di sinilah Anda dapat memanfaatkan Facebook untuk meramaikan website Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah rutin membagikan tulisan-tulisan di web Anda ke Facebook. Dengan cara ini, teman-teman Facebook Anda akan tertarik berkunjung ke web Anda. Selanjutnya, mereka dapat mengikuti perkembangan website Anda secara berkala.

Contoh kegiatan membagikan posting blog di Facebook.

Contoh kegiatan membagikan posting blog di Facebook.

Rekan pembaca, itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang melalui Facebook. Pada intinya, siapapun dapat menghasilkan uang melalui Facebook. Selagi kita mau bekerja keras dan mau memanfaatkan Facebook untuk kegiatan bisnis, kita pasti bisa menghasilkan uang melalui Facebook.

Follow Twitter @JefferSuperClub untuk mendapatkan update artikel via Twitter.

banner horisontal langganan artikel

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • bisnis afiliasi sepatu lewat facebook
  • cara kerja komisi facebook
  • program afiliasi lewat fb gratis
  • facebook sekarang dimanfaatkan orang untuk cari uang
  • cari komisi dari pemilik facebook
  • cara mencari uang di facebook
  • cara dan contoh meramaikan facebook
  • Cara affiliate marketing lewat page facebook
  • bisnis online selain komisi facebook
  • tips sukses hasilkan uang dari facebook
Be Sociable, Share!