Bagaimana Cara Menghasilkan Uang di Internet dengan Berjualan Online

ilustrasi jualan di internetJualan online adalah sebuah istilah keren untuk kegiatan menjual barang-barang lewat internet. Tahukah Anda bahwa salah satu jenis bisnis internet yang sangat diminati saat ini adalah kegiatan menghasilkan uang secara online dengan cara berjualan. Ya berjualan barang di internet tentunya.

Lantas, bagaimanakah cara untuk menghasilkan uang dengan cara jualan online ini? Adakah tips atau cara khususnya? Mari kita bahas pada artikel berikut ini. Di artikel berikut saya akan coba bahas langkah demi langkah untuk memulai bisnis jualan online, semoga saja dengan menerapkan artikel ini, Anda bisa mendapatkan rezeki yang lebih banyak lagi dari bisnis di internet.

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan jika ingin mendapatkan uang dari kegiatan berjualan barang secara online.

1. Tentukan Dulu Jenis Produk Apa yang Akan Anda Jual.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jenis produk yang akan Anda jual. Seperti apa sih produk yang akan Anda pasarkan di internet itu? Apakah berupa sepeda, sepatu, pakaian, aksesoris, tas, makanan khas daerah, atau apa? Anda tentukan saja dulu.

Jangan ragu untuk menjual produk yang “beda” dan tidak ikut arus. Jika Anda bingung mau menjual produk apa, maka lihatlah sekeliling Anda. Carilah produk di sekitar Anda yang kira-kira bisa Anda pasarkan lewat internet. Misalnya di sekitar Anda ada produsen jaket, maka bekerja samalah dengan perusahaan jaket tersebut untuk produknya Anda pasarkan lewat internet.

2. Pikirkan Strategi Pemasaran yang Akan Anda Lakukan.

memikirkan strategi pemasaranAnda juga perlu merencanakan seperti apa sih cara pemasaran yang akan Anda lakukan, pikirkan dan bayangkan bagaimana cara memasarkan produk yang akan Anda jual itu. Apakah dengan cara mempromosikan produk itu lewat Facebook? Ataukah dengan pasang iklan di TokoBagus.com, atau bagaimana?

Jika Anda masih sama sekali nge-blank dan tidak punya rencana bagaimana memasarkan produk tadi, maka Anda wajib belajar dari guru-guru atau orang lain yang sudah lebih dulu sukses di bisnis jualan online. Anda bisa cari mentor berpengalaman di luar sana, entah itu dengan belajar dari para pelaku bisnis jualan online, dari buku seputar jualan online, buku seputar pemasaran lewat internet, ataupun dari seminar/workshop.

Nantinya jika Anda sudah menekuni dunia jualan online, jangan lupa pula untuk selalu mengikuti perkembangan strategi pemasaran di internet. Caranya? Rutinlah membaca blog-blog seputar jualan online.

3. Pilihlah Media Publikasi Produk Anda.

Setelah Anda memikirkan seperti apa strategi dan cara promosi yang akan Anda lakukan, maka berikutnya adalah putuskan Anda mau jualan pakai apa. Ada banyak media online di internet yang bisa Anda manfaatkan untuk berjualan, berikut beberapa pilihan media publikasi yang bisa Anda pilih :

  • Toko online. Bayangkan, dengan sebuah toko online Anda bisa menjual berbagai produk Anda ke seluruh Indonesia (bahkan dunia) melalui toko virtual yang bisa buka dan melayani pembeli selama 24 jam. Belum tahu cara membangun toko online? Silakan baca buku saya yang berjudul Sukses Bisnis Toko Online dengan Blogger.
  • Social media, social media atau jejaring sosial juga merupakan salah satu media yang sangat efektif untuk berjualan di internet. Ambil contoh Facebook, banyak para pelaku jualan online yang memanfaatkan keberadaan situs Facebook.
jualan di Fb

Contoh kegiatan berjualan di Facebook

  • Blog. Ya berjualan lewat blog juga sangat bagus, dan bisa memberi hasil optimal untuk Anda. Contoh nyatanya seperti yang saya lakukan di blog saya yang bernama Cara Memulai Bisnis. Belum bisa membangun blog? Dapatkan panduan lengkapnya di Panduan Membuat Blog.
  • Situs jual beli, contohnya seperti TokoBagus.com, Berniaga.com, Yoogho.com, BukaLapak.com, dan banyak lagi.
  • Forum jual beli, jika Anda ingin berjualan dengan cepat dan tanpa ribet maka forum jual beli juga bisa Anda manfaatkan. Contoh forum jual beli misalnya Kaskus.co.id.

4. Datangkan Pembeli dan Jangan Lupa Bangun Kepercayaan.

promosiSetelah Anda tahu media apa yang akan Anda pakai untuk berjualan, maka segeralah isi media tersebut dengan berbagai penawaran produk-produk Anda. Misalnya Anda putuskan untuk menggunakan toko online, maka segeralah bangun dan isi toko online Anda.

Jika toko online, blog ataupun media jualan Anda siap maka segeralah datangkan pembeli. Bagaimana cara mendatangkan pembeli? Artikel-artikel berikut akan membantu Anda.

Kemudian, jangan lupa untuk membangun kepercayaan dari orang-orang. Ada berbagai cara membangun kepercayaan (trust) dalam bisnis online, selengkapnya Anda bisa caranya di bagaimana cara membangun kepercayaan di bisnis online?

5. Tips Cepat Mendapatkan Pembeli.

Jualan online itu tidak mudah, butuh perjuangan keras untuk mendapatkan pembeli. Tapi Anda jangan kuatir, saya sudah bongkar rahasia bagaimana mempercepat terjadinya proses penjualan produk Anda, terapkan saja kiat-kiat yang saya bahas di artikel cara cepat mendapatkan pembeli maka mudah-mudahan Anda akan langsung dapat order beberapa hari setelah Anda mulai berjualan online.

Nah rekan pembaca itu dia beberapa poin penting seputar kegiatan jualan online di internet, semoga artikel ini memberi inspirasi bagi kesuksesan Anda ya :).

Tetap semangat dan salam super,

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara cepat menghasilkan uang
  • cara berjualan online
  • cara berjualan lewat facebook
  • tips berjualan online
  • berjualan online
  • kegiatan yg menghasilkan uang
  • Cara mudah berjualan online
  • bagaimana cara berjualan lewat internet
  • cara berjualan diinternet
  • cara menghasilkan uang dengan berjualan
Be Sociable, Share!