Bagaimana Cara Mendatangkan Pengunjung Toko Online dan Website?

Sebagian besar para pembaca buku kami adalah para pelaku bisnis jualan online, sebagai salah satu bentuk kepedulian kami terhadap para pelaku bisnis online di Indonesia maka secara spesial kami buatlah artikel ini. Sebuah artikel yang diharapkan dapat menginspirasi Anda untuk mendatangkan banyak pengunjung sehingga bisa menciptakan banjir traffic di toko online ataupun situs website Anda.

Trafik atau pengunjung website adalah salah satu elemen kunci yang mendukung dalam upaya mensukseskan bisnis online yang kita jalani. Tanpa didukung dengan trafik yang lumayan, peluang terjadinya konversi penjualan akan menjadi lebih kecil. Tapi trafik yang besar, ribuan pengunjung per hari belum tentu mampu menghadirkan penjualan lho :).

Berikut ini kami uraikan beberapa kiat dan tips untuk mendatangkan pengunjung ke toko online dan website yang Anda miliki.

1. Bagikan Cerita Mengenai Toko Online Anda

cerita tentang toko online, berpromosi toko onlineSemua orang suka mendengar cerita, dan berita baiknya cerita adalah salah satu media promosi yang dapat kita manfaatkan untuk mendatangkan pengunjung ke toko online/website kita. Coba deh perhatikan artikel-artikel yang ada di blog JefferlySuperClub ini, kami sering menceritakan mengenai produk yang kami jual, bukan? Contoh langsungnya sepeti di artikel ini nih, Review Buku Cerdas Berburu Dollar Lewat Internet.

Jika orang-orang (target pasar toko online Anda) menyukai cerita Anda, atau cerita Anda bermanfaat bagi mereka, mereka akan kembali datang ke toko online Anda. Dan barangkali saja mereka akan menjadi pelanggan setia Anda :).

Bagaimana cara bercerita-nya? Tenang tidak sulit koq. Anda tinggal buat artikel di berbagai situs, seperti melalui blog (seperti yang rutin kami lakukan), melalui situs seperti forum-forum (misal Kaskus), lewat situs direktori artikel dan sebagainyya.

Bagaimana, Anda tertarik untuk mencobanya?

2. Bangun dan Manfaatkan Daftar Prospek Anda

daftar list prospekSalah satu cara atau metode pemasaran yang juga ampuh di internet adalah dengan melakukan kegiatan list buildingList building adalah sebuah kegiatan membangun daftar prospek (target potensial yang nantinya bisa menjadi pembeli produk Anda). Setelah Anda punya daftar (list) prospeknya, maka Anda bisa berpromosi secara lembut/soft selling kepada mereka.

Sesekali Anda bisa kirimi artikel dari situs website Anda, sesekali Anda bisa bagikan hadiah berupa ebook, dan jangan lupa sesekali Anda juga mempromosikan produk yang Anda jual.

Supaya jelas, mari lihat studi kasus cara list building-nya langsung. Contoh kegiatan membangun prospek ini bisa Anda lihat langsung di sini.

Tetarik mencoba belajar list building? Kami rekomendasikan buku ini Meledakkan Profit dengan Blog dan Email“.

3. Manfaatkan Media Iklan

Tidak hanya berpromosi di dunia nyata yang membutuhkan iklan, di dunia maya pun juga boleh koq pakai iklan. Di internet ada banyak sekali jenis dan metode iklan yang dapat kita manfaatkan. Iklan-iklan seperti :

  • PPC.
  • Review.
  • Iklan mandiri.

akan sangat membantu dalam upaya Anda untuk menaikkan omzet melalui media internet. Jika target pasar Anda adalah pasar lokal, maka pakailah iklan seperti Facebook, Google Adwords, ataupun PPC lokal lain yang berasal dari Indonesia.

4. Bekerja Samalah dengan Reseller

Sebagai pelaku bisnis online, kita perlu merangkul partner lain. Seperti yang pernah kami bongkar di artikel Cara Cepat Mendapatkan Pembeli Produk, bekerja sama (joint venture) dengan para pelaku bisnis lain adalah salah satu cara ampuh dalam mengembangkan bisnis. Termasuk metode ini juga sangat efektif untuk mendatangkan trafik ke toko online ataupun website Anda.

Jika Anda tertarik bekerja samalah dengan reseller, kerja sama tersebut adalah kerja sama win-win solution. Anda untung karena dapat trafik dan si reseller untuk karena dapat suplai produk dan komisi dari Anda.

Jadi, tidak ada salahnya dicoba kan? :).

5. SEO

Dalam bisnis dikenal istilah 4 P, dan salah satu P yang dimaksud adalah place atau penempatan. Toko online Anda akan ramai jika toko online Anda mudah ditemukan. Sekarang yang jadi pertanyaan, bagaimana agar toko online Anda bisa mudah ditemukan di internet?

Salah satu caranya adalah dengan melakukan optimalisasi SEO. SEO atau search engine optimization akan membuat website Anda bisa menempati hasil pencarian yang baik di mesin pencari. Dampaknya, toko online Anda akan lebih mudah ditemukan oleh para pengguna mesin pencari. Dan Anda tahu akibat selanjutnya? Ya betul sekali toko online Anda akan kedatangan calon pembeli :).

Jadi, mari optimalkan SEO ya.

SEO  menjadikan website Anda menempati hasil pencarian yang baik di mesin pencari.

SEO menjadikan website Anda menempati hasil pencarian yang baik di mesin pencari.

===================

Mau konsultasi gratis dengan tim JefferlySuperClub? Gabung dulu di fans page JefferlySuperClub.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara mendatangkan pengunjung ke toko online
  • mendatangkan trafik
  • trik memdatangkan bamyak pengunjung1
  • promosi toko online
  • cara-cara ampuh mendatangkan pembeli ke situs web anda
  • daftar prospek
  • pengunjung toko online pakai artikel
  • cara mendatangkan prospek ke toko online
  • cara mendatangkan prospek
  • jasa untuk mendatangkan traffic pengunjung toko on line
Be Sociable, Share!