Bagaimana Cara Mendapatkan dan Menjaga Trafik Website Anda

Trafik website, terkadang sangat berperan penting dalam kesuksesan sebuah website. Entah itu website toko online, website forum ataupun website yang berupa blog. Sebab semakin banyak trafik (lalu lintas pengunjung) website tersebut, maka hal itu menandakan situs website tersebut semakin populer, karena diakses oleh banyak orang.

Nah bicara soal trafik website, saya tertarik untuk membahas mengenai cara mendapatkan dan menjaga trafik website yang kita miliki. Artikel ini terinspirasi dari salah satu pertanyaan pembaca buku saya, namanya mbak Fitri. Waktu itu mbak Fitri ini bertanya mengenai seputar cara mendapatkan dan menjaga trafik website yang ia miliki. Berikut isi pertanyaan dari mbak Fitri tadi.

“N hal yg bikin saya ‘melotot’ adalah bagaimana mendatangkan traffic sebanyak-banyaknya ke web saya dan ‘merawat’ web biar tetep menarik”.

Oke, untuk mendapatkan trafik ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Secara umum, cara mendatangkan trafik website itu terbagi jadi dua, yakni :

  1. Cara berbayar.
  2. Cara gratis.

Mendatangkan Trafik dengan Cara Berbayar.

Berikut ini beberapa cara mendatangkan trafik secara berbayar :

  • Menggunakan iklan Google Adwords. Google Adwords adalah sebuah layanan periklanan berbasis kontekstual yang disediakan oleh Google. Jika Anda mau mendatangkan trafik web yang sangat besar, maka memanfaatkan iklan dari Google adalah solusi yang sangat tepat.
  • Beriklan di Facebook.
  • Memasang iklan di berbagai situs/blog yang terkenal.
  • Pasang iklan PPC lokal.
  • Bayar orang/blogger untuk me-review situs yang Anda miliki.
  • Selenggarakan kontes SEO.

Nah itu untuk cara-cara berbayar, berikutnya mari kita bahas cara-cara mendatangkan trafik website yang gratis :).

Mendatangkan Trafik dengan Cara Gratis.

Ada berbagai macam cara mendatangkan trafik secara gratis yang bisa Anda coba, misalnya cara-cara nya bisa berupa :

  1. Mempromosikan situs web Anda di jejaring sosial, seperti di Facebook, Twitter, Youtube, Google Plus dan lain sebagainya.
  2. Blogwalking dan rutin membangun silaturahim dengan rekan-rekan blogger lain.
  3. Optimasi SEO, sehingga website kita bisa menempati peringkat atas dalam hasil pencarian di Google. Untuk yang mau download ebook SEO gratis, silakan klik di sini.
  4. Kirimkan konten situs blog Anda ke situs social bookmark.
  5. Promosikan situs Anda di forum-forum yang ada di internet, seperti di Kaskus.
  6. Promosikan situs web Anda lewat media seperti ebook, atau video tutorial.

Untuk mendatangkan trafik website sendiri, harus dilakukan melalui proses. Jadi prosesnya itu harus berkelanjutan, sebab kegiatan membangun trafik web yang besar itu butuh waktu. Tidak hanya satu atau dua bulan saja, tetapi perlu terus Anda lakukan sampai website Anda menjadi benar-benar dikenal.

Bagaimana Cara Agar Orang Tetap Setia Mengunjungi Situs Saya?

Merebut lebih mudah daripada mempertahankan, begitu kata pepatah. Termasuk dalam hal membangun website. Mendatangkan trafik bisa dibilang lebih mudah dibanding mempertahankan trafik tersebut.

Cara terbaik untuk mempertahankan trafik website Anda adalah dengan membangun silaturahim/relasi yang baik dengan para pengunjung situs website Anda. Bagaimana caranya? Bisa dengan cara seperti berikut ini.

  • Dengan menyajikan konten yang berkualitas. Jika situs website Anda berupa blog, maka cara terbaik untuk membangun relasi dengan para pengunjung adalah dengan selalu menyajikan konten yang berkualitas. Jika isi blog Anda disukai oleh orang-orang maka pasti orang-orang akan dengan senang hati untuk selalu mengunjungi blog Anda.
  • Dengan rutin berinteraksi dengan para pengunjung situs web Anda. Hadirnya berbagai jejaring sosial, seperti Facebook jelas akan mempermudah Anda untuk berinteraksi dengan para pengunjung situs Anda. Ambil contoh, Anda bisa buat fans page di Facebook lalu lakukan interaksi yang rutin dengan para fans Anda di Facebook :). Nah dijamin nanti mereka (fans Anda) pasti akan dengan senang hati untuk kembali mengunjungi situs web Anda.

Contoh interaksi melalui fans page Facebook

  • Berikan hadiah kepada para pengunjung situs web Anda. Ya setiap orang pasti suka hadiah, untuk itu jangan ragu untuk memberi hadiah bagi para pengunjung situs Anda. Hadiah yang Anda berikan bisa berupa ebook, voucher diskon, kaos atau apa saja. Ketika para pengunjung situs web Anda gembira/bahagia karena website Anda, maka mereka pasti akan dengan senang hati untuk kembali datang berkunjung ke situs web Anda.

Contoh hadiah yang saya berikan untuk pembaca blog di http://blogmotivasi.com/ebook-motivasi-super-gratis/

Baiklah rekan pembaca, itu dia pembahasan kita kali ini mengenai cara mendapatkan dan menjaga trafik website. Semoga sajian artikel kali ini bermanfaat dan bisa menginspirasi Anda :).

Tetap semangat dan salam super,

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • supaya website banyak pengunjung
  • agar website banyak pengunjung
  • cara optimasi seo yang baik dan benar
  • mendatangkan trafik website
  • website lokal trafik
  • menjaga trafik web
  • situs interaksi
  • Cara mempertahankan website
  • mendapatkan pengujung website yang banyak
  • website banyak pengunjung
Be Sociable, Share!