Bagaimana Cara Memperpanjang Sewa Nama Domain?

cara memperpanjang sewa nama domain

Domain (alamat website) merupakan salah satu kebutuhan dari para pelaku bisnis internet. Agar nama domain tetap bisa kita gunakan, tentu kita harus memperpanjang sewa domain tersebut.

Dalam tulisan ini, akan dijelaskan tentang cara memperpanjang sewa nama domain. Panduan ini ditujukan khusus bagi mereka yang baru pertama kali akan memperpanjang sewa nama domain/bagi mereka yang masih bingung dengan cara perpanjangan sewa domain.

Cara Memperpanjang Sewa Nama Domain

Untuk memperpanjang masa penyewaan domain, yang perlu kita lakukan adalah membayar biaya sewa domain tersebut. Contoh jika harga sewa domain Anda adalah 120 ribu Rupiah per tahun, maka Anda tinggal membayar biaya tersebut. Setelah pembayaran dilakukan, Anda tinggal melakukan konfirmasi pembayaran ke pihak tempat Anda menyewa domain.

Berikut langkah-langkah memperpanjang sewa nama domain.

1. Silakan cek email Anda. Pihak penyedia layanan domain pasti sudah mengirimkan invoice (tagihan) pada Anda.

2. Biasanya invoice dikirimkan dua minggu sebelum tanggal jatuh tempo domain Anda.

3. Selain bisa diakses melalui email, invoice juga bisa Anda lihat melalui member area website tempat Anda menyewa domain. Jadi, Anda bisa login ke member area situs penyedia domain Anda. Nah, di bagian invocies, Anda akan menjumpai berbagai tagihan yang ditujukan pada Anda.

perpanjang domain 1

4. Di dalam invoice yang Anda dapatkan, pasti sudah terdapat jumlah biaya yang harus Anda bayarkan. Tak hanya itu, di invoice tersebut pasti juga sudah tercantum tujuan pembayaran biaya sewa domain Anda.

perpanjang domain 2

4. Berikutnya, Anda tinggal melakukan pembayaran sewa domain Anda. Setelah pembayaran dilakukan, silakan lakukan konfirmasi kepada pihak tempat Anda menyewa domain.

Setelah konfirmasi pembayaran dilakukan, pihak penyedia layanan domain akan segera memproses perpanjangan domain Anda. Begitu proses perpanjangan domain selesai, Anda akan mendapatkan pemberitahuan via email. Di email tersebut terdapat informasi seputar perpanjangan sewa domain yang sudah berhasil dilakukan.

Biasanya, pihak penyedia layanan domain juga menyediakan fasilitas aktivasi otomatis. Dengan memanfaatkan fasilitas ini, nama domain Anda akan otomatis diperpanjang ketika Anda selesai melakukan pembayaran. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot harus melakukan konfirmasi pembayaran ke pihak penyedia layanan domain.

Proses aktivitas otomatis ini biasanya memakan waktu sekitar 5 – 10 menit. Jadi, begitu pembayaran domain dilakukan, 5 – 10 menit kemudian nama domain Anda sudah berhasil diperpanjang. Untuk memanfaatkan fasilitas aktivasi otomatis ini, Anda tinggal menyertakan kode angka yang ada pada invoice Anda. Kode angka tadi dapat Anda sertakan di kolom berita saat melakukan transfer pembayaran.

Kode untuk melakukan aktivasi otomatis.

Kode untuk melakukan aktivasi otomatis.

Nah teman-teman, itulah langkah-langkah memperpanjang sewa nama domain Anda. Pastikan Anda selalu membayar tagihan domain secara tepat waktu. Kalaupun terlambat, pastikan Anda tidak terlambat lebih dari satu minggu. Ketika Anda terlupa membayar sewa domain, dapat dipastikan nama domain akan menjadi nonaktif dan website Anda tidak dapat diakses.

Semoga bermanfaat.

banner horisontal langganan artikel

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara memperpanjang sewa domain
Be Sociable, Share!