Bagaimana Cara Memperbanyak Subscriber di YouTube?

youtube

Bagi Anda yang melakukan social media marketing melalui YouTube, memiliki banyak subscriber termasuk salah satu hal yang dituju. Jumlah subscriber (pelanggan) di YouTube kerap kali menjadi salah satu indikator keberhasilan kita dalam melakukan social media marketing, termasuk di YouTube.

Dalam tulisan ini kami akan mengulas sejumlah cara sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan subscriber di YouTube. Anda dapat menerapkan cara-cara berikut guna meningkatkan jumlah pelanggan channel YouTube Anda.

Promosikan Channel Anda

Sama halnya dengan akun media sosial lain, channel YouTube Anda juga perlu dipromosikan. Dengan mempromosikan channel YouTube, kita akan menjadikan channel YouTube tersebut dikenal oleh orang-orang. Ketika orang-orang tahu tentang keberadaan channel YouTube kita, mereka akan menonton video kita. Ketika mereka menyukai video kita, tentu mereka akan tertarik menjadi subscriber.

Belajar List BuildingPromosi channel YouTube dapat Anda lakukan melalui berbagai media, entah itu online ataupun offline. Dalam promosi secara online Anda dapat memanfaatkan akun media sosial Anda yang lain, website Anda, e-mail marketing, ataupun saluran promosi lain yang Anda miliki.

Misalkan Anda dapat membagikan video YouTube Anda melalui akun media sosial Anda yang lain. Misal video YouTube Anda dibagikan di halaman Facebook Anda.

Selain itu, mencantumkan nama channel YouTube dalam setiap campaign yang Anda lakukan juga termasuk salah satu cara promosi yang dapat dipakai.

Bagikan Video Anda di Website

Bagi Anda yang juga blogger, atau bagi Anda pemilik website, Anda dapat membagikan video YouTube di website. Dengan demikian, konten video Anda akan terintegrasi dengan konten website Anda. Contohnya seperti yang kerap dilakukan di JefferlySuperClub. Berikut contoh konten website yang digabungkan dengan video dari YouTube : Pengenalan Tentang SEO.

Contoh video yang dibagikan melalui website.

Contoh video yang dibagikan melalui website.

Baca juga : Cara Menaruh Video YouTube di Website.

Berkolaborasi dengan YouTuber Lain

Guna menjangkau lebih banyak penonton, Anda dapat bekerja sama dengan YouTuber lainnya. Berkolaborasi bareng YouTuber lain merupakan hal yang biasa dilakukan oleh mereka yang aktif memanfaatkan YouTube. Anda dapat mencari YouTuber lain yang kira-kira relevan dan sesuai dengan kategori channel Anda. Selanjutnya, Anda bisa mengajak mereka untuk berkolaborasi. Kolaborasi antar YouTuber ini dapat menjadi simbiosis mutualisme. YouTuber lain akan diuntungkan dan tentu saja Anda akan diuntungkan.

Pentingnya Kualitas Konten

Faktor penting yang menjadikan seseorang mau menjadi pelanggan channel kita adalah orang tersebut mendapatkan sesuatu dari channel kita. Ketika seseorang menjadi pelanggan di suatu channel tentang komedi, maka si orang tadi mendapatkan hiburan. Ketika mereka mendapatkan hiburan, mereka akan dengan senang hati menjadi pelanggan channel YouTube tersebut.

Untuk itu, kita harus betul-betul memahami apa yang diharapkan oleh pelanggan dari channel kita. Jika topik channel kita adalah tentang edukasi suatu bidang (misal : tentang edukasi keuangan), maka konten yang kita hadirkan haruslah dapat memberi manfaat dan edukasi tentang keuangan kepada para penonton. Lain halnya kalau pelanggan mengharapkan cover lagu-lagu yang keren di channel kita. Jika itu yang diharapkan penonton, maka kita harus menghadirkan cover lagu yang keren.

Oleh karena itu, positioning channel kita harus jelas. Penamaan dan tampilan channel kita juga harus jelas. Untuk menciptakan identitas channel, kita memerlukan yang namanya konsistensi. Ketika kita rajin mengupload video seputar suatu topik, maka lama kelamaan channel kita akan dikenal sebagai channel yang fokus di topik tersebut. Dengan demikian, branding channel kita akan semakin jelas. Ketika hal ini tercapai, penonton akan langsung tahu konten seperti apa yang akan terus kita hadirkan di channel kita.

Nah itulah beberapa tips untuk meningkatkan jumlah subscriber di YouTube. Bagi Anda para blogger, content creator, ataupun pelaku internet marketing, tak ada salahnya jika Anda mulai memaksimalkan YouTube sebagai salah satu sarana publikasi andalan Anda.

banner horisontal langganan artikel

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara memperbanyak subscriber youtube
  • cara memperbanyak subcriber di youtube
  • cara menambah subscribe di youtube
  • cara menambah pelanggan di youtube
  • cara memperbanyak subscriber di chanel yutube
  • cara memperbanyak subscribe
  • cara cepat memperbanyak subscriber youtube
  • cara menambah pelanggan youtube
  • cara meningkatkan subscriber youtube
  • cara tambah subscribe di youtube
Be Sociable, Share!