Bagaimana Cara Membuat Nilai Tambah di Blog Anda?

Menambah nilai tambah atau nilai lebih adalah hal yang sangat perlu kita lakukan dalam blogging. Apalagi bagi Anda yang memanfaatkan blog untuk kepentingan bisnis online, jika tidak menambah nilai tambah maka bukan tidak mungkin orang akan lebih memilih pada pesaing Anda :). Nggak mau kan kalau sampai seperti itu?

Nah lantas bagaimanakah menambah nilai tambah dari blog Anda? Ketika hendak membuat artikel ini saya sempat membaca sebuah newsletter dari salah satu forum yang saya ikuti. Dan karena newsletter itu saya jadi terinspirasi bikin posting ini.

Oke sahabat-sahabat saya yang super, ada 3 nilai tambah dalam bisnis yakni murah, mutu produk luar biasa dan pelayanannya dahsyat. Nah dari 3 nilai itulah yang bisa kita terapkan pada blog-blog kita guna memenangkan persaingan.

Bagaimana caranya?

1. Tidak Pelit

Siapa yang suka sama orang pelit? Nah maka dari itu jangan sampai pembaca/pengunjung blog Anda menganggap Anda pelit, bisa lho suatu blog dikira pelit. Contohnya blog yang sulit sekali untuk berbagi dan lebih banyak ke promosi. Nah tentu saja orang kurang suka yang seperti itu, untuk itu tambahlah nilai dan informasi yang bisa Anda bagikan lewat blog.

Jika mungkin, berikanlah semua layanan blog Anda secara gratis. Dengan begitu maka blog Anda mendapat citra positif dan akan mendapat pembaca yang loyal dan setia.

2. Buat Desain Senyaman Mungkin

Ada banyak blog yang kadang lupa sama aspek desain mereka. Pengunjung mereka boleh banyak, namun tak jarang desainnya kacau dan tidak nyaman. Misalnya terlalu banyak iklan, adanya iklan pop up, adanya paksaan klik iklan, warna background yang silau… backgroundnya ijo muda, tulisannya kuning (*nanti kalau mau baca pake kaca mata item dulu.. :D).

Oke, jika mau punya nilai tambah maka buat desain blog Anda senyaman mungkin. Hindari terlalu banyak iklan, pilihlah warna background dan tulisan yang cocok (misalnya background putih, tulisan hitam), itninya contohlah Google. Mereka pakai warna dan desain yang sangat simple dan hampir semua orang menyukainya.

3. Berikan Konten yang Bermutu

Konten bermutu itu minimal bukan hasil copas. Namun bukan copas saja tidak cukup. Buatlah konten yang benar-benar bermanfaat, dan informatif. Seperti yang saya katakan di nomor 1, berikanlah apa yang bisa Anda berikan. Tulislah setiap artikel blog Anda dengan maksimal, berikan informasi yang lengkap, jelas dan mudah dipahami.

Dengan begitu yakinlah maka orang akan menyukai konten Anda.

4. Jadilah Blog yang Jujur

Jangan sekali-kali menipu pembaca Anda. Menipu di sini bukan hanya dalam segi materi, tapi termasuk dalam teknis blog. Jangan coba-coba melakukan teknik blackhat SEO, bukan hanya pengunjung manusia yang tidak suka namun juga mesin pencari bisa-bisa menendang blog Anda.

Untuk itu jadilah pribadi yang jujur, sebab 3 kunci sukses ala Mario Teguh : setia pada yang benar, sopan (santun) dan bersungguh-sungguh.

5. Jadikanlah Lebih dari Pesaing Anda

Untuk yang ini saya harap Anda sudah tahu maksudnya, yakni jadikanlah blog Anda sebagai the best. The best artikelnya, the best desainnya, the best servicenya dan seterusnya. Jika pesaing Anda bisa punya 200 artikel, maka usahakan Anda punya 300 artikel. Jika blog pesaing hanya menampilkan konten dalam bentuk artikel maka coba inovasi dengan menampilkan konten dalam bentuk video di blog Anda.

Lakukanlah yang lebih untuk mendapatkan sesuatu yang lebih pula :).

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara meningkatkan nilai tambah
  • cara memberikan nilai
  • cara buat nilai online di blog
  • cara untuk menciptakan nilai tambah
  • bagaimana cara menambah pada blog
  • cara membuat nilai tambah
  • langkah-langkah pembuatan nilai
  • cara-cara pemberian nilai adalah
  • cara tambah konen di blog
  • cara penambahan nilai
Be Sociable, Share!