Bagaimana Cara Membuat Blog Untuk Pemula?

 

Membuat dan memiliki blog, adalah salah satu hal yang sangat perlu dilakukan para pebisnis internet. Dalam bisnis online, blog adalah sebuah aset yang sebenarnya perlu sekali Anda miliki. Ibaratkan tukang ojek, blog bisa dianalogikan seperti motor yang dipakai buat ngojek, atau dengan kata lain, blog itu bisa menjadi seperti mesin sumber mata pencaharian kita di dunia maya.

Ada banyak sekali manfaat blog, mulai dari untuk kepentingan promosi produk kita di internet, untuk publikasi profil agar kita jadi dikenal, untuk jual beli online, untuk membangun relasi dengan pelanggan produk kita dan banyak lagi.

Mengingat pentingnya blog, maka sangat direkomendasikan bagi teman-teman yang mau belajar bisnis internet agar juga membuat dan mengelola blog.

Nah yang sekarang jadi pertanyaan adalah bagaimanakah cara membuat blog untuk pemula? Banyak sekali teman-teman saya yang bertanya seperti itu, mereka bertanya-tanya bagaimana ya cara membuat blog itu? Adakah panduannya?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut maka saya buatlah artikel ini. Di artikel ini kita akan kupas pembahasan seputar pengenalan dan cara membuat blog untuk pemula, yang mudah dipahami dan bisa langsung dipraktikkan.

Sedikit Pengenalan Mengenai Blog

Blog (web log) adalah salah satu jenis website. Website itu kan beragam, ada yang berupa web jejaring sosial, web toko online, dan blog termasuk salah satu jenis website. Blog ini sangat banyak di internet, dan perkembangan dunia internet tidak bisa dipisahkan dari yang namanya blog.

Jadi kalau kita mau membuat blog, maka sama saja kita juga belajar membuat website.

Beruntunglah kita sebab saat ini membuat blog itu mudah dan bisa dilakukan siapa saja.

Lantas, Bagaimana Sih Cara Membuat Blognya?

Sabar, kita bahas satu per satu dulu. Sengaja saya bahas satu demi satu, agar teman-teman punya pondasi yang kuat dalam dunia blog. Menjadi blogger/pebisnis internet sukses itu tidak hanya belajar instan dan cepat saja, tapi harus tahu hal-hal yang penting :).

Untuk membuat blog, bisa dilakukan dengan 2 cara. Yakni :

  • Secara gratis.
  • Secara berbayar.

Wahh jadi makin seru nih?

Membuat blog dengan cara gratis. Untuk membuat blog dengan cara gratis, kita hanya perlu mendaftarkan blog kita di situs penyedia layanan blog gratis, seperti WordPress.com, atau Blogger.com.

Cukup dengan sekali daftar, kita bisa membuat blog, lalu mulai mengembangkan blognya. Contoh blog gratisan ini misalnya love cycling ini.

Membuat blog dengan cara berbayar.

Untuk jenis blog semacam ini, kita harus merogoh kocek (uang) kita, sebab kita nanti perlu sewa yang namanya domain dan hosting.

Nah untuk cara ini, kita akan membuat blog dengan memakai aplikasi blog yang ada di internet, kita tidak lagi mendaftar di situs penyedia layanan blog, melainkan kita mengembangkan sendiri blognya dengan memakai aplikasi blog yang kita gunakan.

Aplikasi blog yang biasa dipakai antara lain aplikasi dari WordPress.org, aplikasi Joomla!, Drupal dan banyak lagi.

Untuk Pemula, Bagusnya Pakai Cara yang Mana?

Dua-duanya bagus, kalau saya pribadi, dulu saya memulai dari memakai blog gratisan (dari Blogger.com), akan tetapi kalau Anda mau langsung coba pakai blog berbayar tidak apa-apa koq.

Yang penting Anda semangat, mau belajar dan siap bekerja keras untuk mengembangkan blognya :).

Rekomendasi Panduan Belajar Blog

Jika Anda memang benar-benar serius untuk belajar blog dari tempat dan sumber yang tepat, maka saya punya rekomendasinya.

Rekomendasinya adalah Anda bisa belajar langsung dari paket panduan belajar membuat blog super.

Paket panduan tersebut adalah salah satu produk dan karya saya yang sangat cocok untuk pemula. Jika Anda tertarik Anda bisa kunjungi langsung websitenya di sini.

Baiklah kawan, semoga artikel ini bermanfaat ya. Ingat ya, sebanyak apapun yang Anda pelajari, jika tidak pernah ada tindakan(ACTION) maka sukses tidak akan pernah datang, sebab kesuksesan dan keberhasilan hanya bisa didapatkan kalau kita bertindak dengan ikhlas dan penuh kesungguhan.

Semoga Anda sukses selalu :).

Jefferly Helianthusonfri.

 

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara menggunakan blog bagi pemula
  • cara mengelola blog bagi pemula
  • bikin blog tentang club motor
  • tahap demi tahap pembuatan web
  • cara membuat blog buat pemula
  • cara membuat blog bagi pemula jefferly
  • free ebook promosi produk mudah lewat internet bagi pemula
  • langkah membuat blog drupal
  • langkah untuk membuat kita menjadi kuat
  • cara membuat blog club
Be Sociable, Share!