Bagaimana Cara Melakukan Content Marketing Untuk UKM?

marketing untuk UKM

Ilustrasi content marketing (sumber gambar : webtexttool.com).

Seiring dengan berkembangnya kelas menengah Indonesia, para pemasar juga harus beradaptasi dengan fenomena ini. Dalam salah satu tulisannya di blog, Yuswohady (penulis buku marketing yang layak diacungi jempol) pernah menyebut bahwa karakteristik kelas menengah antara lain : punya daya beli yang tinggi, lebih berpengetahuan (knowledgeable), dan terhubung satu sama lain.

Tentu saja fenomena kelas menengah ini tidak lepas dari pesatnya perkembangan internet. Lantas, bagaimana cara supaya UKM dapat memanfaatkan peluang ini? Bagaimana cara memarketingkan produk-produk kita dengan biaya yang rendah tetapi cocok untuk segmen kelas menengah ini? Mari temukan jawabannya dalam tulisan berikut.

Content Marketing, Solusi Marketing Untuk UKM dengan Biaya yang Rendah

Saat ini, kehadiran media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram sudah mengubah pola orang berkomunikasi. Termasuk, kita para pelaku bisnis juga dapat memanfaatkan media sosial ini untuk komunikasi, termasuk dalam hal marketing. Ketika kita membahas tentang marketing melalui media sosial, sudah tentu tidak akan lepas dari yang namanya content marketing.

Apa itu content marketing?

Content marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang dilakukan melalui penggunaan konten-konten. Contoh dari sebuah content marketing misalnya penggunaan artikel di blog untuk upaya pemasaran suatu brand/produk.

Ambil contoh, Anda adalah seorang pengusaha kuliner di kota Palembang. Nah, untuk melakukan content marketing, Anda dapat membuat sebuah blog yang berisi berbagai info pariwisata di kota Palembang. Nantinya, wisatawan yang akan mengunjungi kota Palembang pasti akan membaca blog Anda. Nah, di dalam blog tersebut barulah Anda selipkan promosi tentang brand bisnis kuliner Anda.

Melalui konten-konten seputar pariwisata Palembang yang Anda buat, Anda juga bisa sekaligus membangun brand awareness dan mengenalkan brand Anda pada wisatawan dari luar kota Palembang.

Contoh lain dari content marketing misalnya Anda menjual produk kecantikan. Nah, Anda dapat membuat sebuah video di YouTube, yang mana dalam video tersebut Anda memberikan tips-tips perawatan wajah. Nantinya, di dalam video tersebut, Anda menyelipkan sedikit promosi tentang brand/produk Anda.

Menampilkan nama website di video termasuk salah satu bentuk content marketing.

Menampilkan nama website di video termasuk salah satu bentuk content marketing.

Mengapa Content Marketing Cocok Untuk UKM?

Ada beberapa alasan yang mendasari mengapa content marketing cocok untuk UKM. Alasan tersebut antara lain :

  • Content marketing berbiaya rendah. Untuk melakukan pemasaran lewat konten, tidaklah diperlukan biaya yang mahal. Bermodalkan sebuah blog gratisan pun Anda dapat melakukan content marketing. Tak hanya itu, kehadiran sosial media seperti Facebook, Instagram, YouTube, Twitter juga sangat memudahkan kita untuk melakukan content marketing.
  • Content marketing dapat digunakan untuk membangun kepercayaan terhadap brand Anda. Semakin banyak konten bermanfaat yang Anda buat, maka semakin banyak orang yang memetik manfaat dari konten-konten yang Anda buat. Nah, ketika orang-orang memetik manfaat dari konten Anda, mereka akan lebih menyukai brand Anda. Ketika brand Anda disukai, mereka cenderung akan lebih percaya terhadap brand Anda.
  • Content marketing termasuk bentuk soft selling. Artinya,  kita tidak menawarkan produk secara memaksa. Melainkan, kita menggunakan pendekatan soft selling. Kita membuat konten yang bermanfaat, lalu di dalam konten tersebut barulah kita kenalkan tentang produk kita.

Bagaimana Cara Melakukan Content Marketing?

Untuk melakukan content marketing, Anda memerlukan media yang dapat Anda gunakan untuk menyebarluaskan konten Anda. Nah media tersebut bisa berupa :

  • blog/website Anda sendiri, atau
  • akun sosial media (seperti Facebook atau Twitter).

Nantinya, media tadi akan Anda gunakan untuk menyebarluaskan konten Anda. Jika saat ini Anda belum memiliki salah satu media di atas, maka Anda dapat segera mempersiapkannya.

Dari beragam media yang tersedia, sangat direkomendasikan agar Anda menggunakan blog. Mengapa? Sebab blog dapat digunakan untuk membawa brand/bisnis Anda eksis di mesin pencari (seperti Google). Ketika Anda melakukan pemasaran lewat blog, produk/bisnis Anda akan berpeluang tampil di halaman pertama pencarian Google. Dengan demikian, bisnis Anda akan semakin mudah ditemukan oleh calon pembeli.

Untuk membuat blog, Anda dapat menggunakan layanan blog yang sudah banyak tersedia. Contoh layanan blog yang dapat Anda gunakan misalnya : WordPress.com atau Blogger.com. Setelah Anda membuat sebuah blog, maka gunakanlah blog tersebut untuk memublikasikan berbagai konten bermanfaat yang dapat Anda siapkan.

Tampilan situs WordPress.com

Tampilan situs WordPress.com

Rekan pembaca sekalian, itulah pengenalan tentang content marketing. Intinya, para pelaku bisnis/UKM dapat memanfaatkan content marketing sebagai salah satu promosi bisnis mereka. Content marketing akan menjadikan bisnis kita semakin eksis di internet.

banner horisontal langganan artikel

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara promosi content
Be Sociable, Share!