Bagaimana Cara Me-Review Produk Ebook?

Ada banyak sekali cara untuk mempromosikan produk ebook / produk informasi yang kita jual. Mulai dari promosi secara offline, dan pastinya promosinya juga bisa secara online. Nah bicara soal promosi ebook maka pada aritkel ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara me-review produk ebook?

Seperti yang kita ketahui, bahwa artikel adalah salah satu sarana pemasaran yang cukup ampuh dalam meningkatkan angka penjualan. Oleh karena itu jika Anda seorang pebisnis ebook dan Anda punya blog, maka Anda bisa memanfaatkan blog tersebut menjadi mesin pemasaran yang sangat ampuh. Jadi Anda bisa menulis berbagai review produk Anda lewat blog.

Tapi yang jadi pertanyaan saat ini adalah bagaimana cara me-review nya? Apa saja yang harus ditampilkan? Nah mari kita bahas jawabannya ya :). Berikut ini tips dan kiat untuk Anda yang ingin me-review produk ebook Anda lewat artikel di blog.

  1. Awali dengan judul yang menarik.
  2. Jelaskan mengapa orang harus membeli produk dari Anda.
  3. Tampilkan kelebihan dan kekurangan produk.
  4. Tunjukkan manfaat bagi konsumen.
  5. Tunjukkan kepercayaan.

Nah, berikut pembahasan selengkapnya.

1. Awali dengan Judul yang Menarik.

Supaya banyak orang yang tertarik dan membaca artikel Anda, maka jelas judul yang dipakai haruslah judul yang menarik. Bagaimana cara memilih judul yang baik, adakah trik pemilihan judul dalam artikel? Ada, semua kiatnya sudah saya bahas di salah satu ebook “kiat menulis” pada paket Panduan Bisnis Ebook.

2. Jelaskan Mengapa Orang Harus Membeli Produk Anda!

Ya tak sedikit calon pembeli yang bertanya-tanya, kenapa mereka harus membeli produk Anda, bukan produk kompetitor Anda? Nah di sini Anda harus menjelaskan apa sih alasan kenapa pembeli harus membeli dari Anda.

Jadi di artikel review yang Anda buat nanti, Anda tampilkan saja keistimewaan produk Anda. Sebab keistimewaan biasanya akan menampilkan perbedaan produk Anda dibanding produk kompetitor.

3. Tampilkan Kekurangan dan Kelebihan Produk Anda.

Jangan lupa juga untuk menampilkan kelebihan dan kekurangan produk Anda. Ketika hendak membeli sesuatu, pembeli tidak hanya ingin tahu kelebihan produk saja. Tetapi mereka juga ingin tahu kekurangan produk yang Anda jual.

Sikap jujur kepada pembeli adalah sikap yang sangat baik dan akan meningkatkan reputasi bisnis Anda. Jadi jangan ragu untuk menunjukkan kelebihan dan kekurangan produk Anda. Selagi kekurangan itu tidak terlalu mengganggu dan bukan masalah maka pasti pembeli akan memaklumi produk Anda.

Dan jangan lupa jadikan kekurangan tadi sebagai bahan evaluasi untuk selanjutnya menjadi cambuk bagi Anda untuk semakin meningkatkan kualitas produk ebook yang dihasilkan.

4. Tunjukan Manfaat yang Akan Didapatkan Oleh Konsumen.

Orang membeli produk Anda, karena mereka mau mendapatkan manfaat yang ada di balik produk tersebut. Jika suatu produk tidak bermanfaat, tentu saja orang tidak mau membeli produk tersebut. Nah maka dari itu tampilkan manfaat produk Anda, saat Anda me-review produk tersebut.

Dalam menjelaskan manfaat, Anda bisa pakai kata-kata seperti bayangkan, coba Anda pikirkan, seandainya saja, dan banyak lagi. Kata-kata tadi bisa mempengaruhi pembeli untuk semakin terpengaruh oleh penawaran yang Anda lakukan. Contoh misalnya :

“Bayangkan berapa banyak waktu yang bisa Anda hemat untuk belajar, jika Anda belajar langsung dari paket produk Sekolah Bisnis EBook ini. Semua sudah dibahas secara jelas, lengkap dan mudah dipahami.”

Tampak sangat menarik ya kalimatnya? Silakan Anda coba kreasikan sendiri bahasa penawaran yang Anda pakai.

5. Tunjukkan Kepercayaan.

Pembeli baru akan membeli setelah mereka bisa mempercayai Anda. Kalau Anda gagal mendapatkan kepercayaan pembeli, maka pasti sulit sekali untuk mendapatkan penjualan. Oleh karena itu, ketika me-review  produk tunjukkanlah kepercayaan kepada calon pembeli produk Anda.

Berikut beberapa tipsnya :

  • Tunjukkan kepercayaan diri, pembeli akan semakin yakin membeli dari Anda jika Anda adalah orang yang ahli dan punya kemampuan. Jadi tunjukkan kemampuan tersebut.
  • Pakailah bahasa yang profesional , hindari memakai bahasa alay atau bahasa yang non formal dalam berbisnis. Sebab kesan profesional biasanya menandakan Anda serius atau tidak dalam berbisnis.
  • Tampilkan testimonial dari orang yang sudah mencoba produk Anda. Contohnya seperti yang saya lakukan pada saat saya me-review buku Step by Step Mencari Uang Lewat Amazon di artikel ini.
  • Sering-sering berbagi, entah itu berbagi informasi produk Anda ataupun berbagi tips dan trik terkait produk yang Anda jual. Misal Anda menjual produk ebook panduan membuat blog, nah Anda bisa sering-sering menulis artikel tips atau kiat seputar blog, misalnya kiat menjadi blogger produktif, kiat mendapatkan uang dari internet, dan banyak lagi.

Baiklah rekan pembaca, menarik sekali ya pembahasan kita kali ini. Sekian dulu artikel bagaimana cara me-review produk ebook kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi Anda.

Tetap semangat dan salam super,

Jefferly Helianthusonfri

@JefferlyHelian.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara promosi ebook
  • ebook cara menulis review
  • cara review artikel
  • mereview produk
  • cara menulis article review
  • cara membuat artikel preview
  • cara me review artikel
  • membuat review e-book
  • jual ebook digitan di internet
  • jual blog untuk promosi ebook
Be Sociable, Share!