Bagaimana Cara Blogwalking yang Baik?

Klik di sini untuk mendapatkan panduan menghasilkan 1 juta Rupiah pertama Anda dari Facebook.

Blogwalking, satu kata yang sudah tidak asing dalam kegiatan blogging. Bahkan sejumlah blogger berpendapat bahwa kegiatan blogging belum lengkap tanpa melakukan blogwalking.

Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog lain, lalu memberi komentar di sana. Memang blogwalking sudah menjadi tradisi dari blogger, sebab blogwalking memang punya banyak manfaat.

cara blogwalkingSelain dapat menjadi sebagai sumber backlink, kegiatan blogwalking juga dapat mempererat silaturahim dan hubungan antar blogger yang ada di internet.

Dan selain dua hal tadi, masih ada berbagai manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari kegiatan blogwalking, lebih lengkapnya sudah pernah kami bahas di artikel 4 Manfaat Super Blogwalking yang Wajib Diketahui Blogger.

Namun yang memprihatikan adalah sebagian blogger masih banyak yang belum tahu bagaimana cara blogwalking yang baik dan benar. Masih ada cukup banyak blogger yang kerap menyalahgunakan kegiatan blogwalking untuk sesuatu yang bisa merusak brand dari blog mereka sendiri.

Contoh kegiatan yang merusak brand sebuah blog dalam blogwalking misalnya :

  • Blogwalking digunakan untuk kegiatan promosi dan spam.
  • Blogwalking dengan cara-cara yang salah.

Bagaimana cara blogwalking yang benar? Ini dia jawabannya.

1. Tentukan Niche Blog Anda Dulu

nicheDalam melakukan kegiatan blogwalking, sangat direkomendasikan agar Anda lebih memprioritaskan ke blog yang topiknya relevan dengan blog Anda. Kenapa harus seperti ini?

Tujuannya agar blog Anda bisa mendapatkan backlink yang relevan. Lebih dari itu blogwalking ke blog yang relevan juga akan memudahkan Anda untuk berinteraksi dan memberi komentar berkualitas.

Misalnya blog Anda adalah blog yang membahas tentang kesehatan wajah, maka Anda bisa blogwalking ke blog yang membahas tentang kesehatan kulit. Karena topiknya masih sama-sama tentang kesehatan maka jelas akan lebih nyambung.

Bandingkan jika blog Anda adalah tentang kesehatan wajah, tetapi blogwalking ke blog tentang SEO. Jauh sekali dan nyaris tidak nyambung, bukan?

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan niche (bidang) blog Anda terlebih dahulu.

Nah setelah Anda tahu bidang blog Anda, maka carilah blog-blog yang relevan dengan blog Anda. Misalnya kalau blog Anda adalah blog yang menjual meja, maka topik yang relevan misalnya : blog tentang kursi, blog tentang hiasan meja, blog taplak meja.

Selanjutnya, Anda tinggal blogwalking ke blog-blog yang sudah Anda tentukan tadi.

2. Tips Dalam Menulis Komentar Berkualitas

Dalam menulis komentar inilah yang sebaiknya Anda lakukan :

  • Gunakan nama jelas Anda (nama panggung Anda juga tidak apa-apa πŸ™‚ ). Tetapi jangan sampai Anda pakai nama suatu produk, atauΒ  kata kunci dari blog Anda. Jika Anda coba-coba memakai nama produk/kata kunci blog Anda, bersiaplah komentar Anda akan dihapus. Penggunaan kata kunci pada nama, mulai mengindikasikan tindakan spam.
  • Berikan opini Anda. Jika Anda benar-benar membaca sebuah artikel, maka tentu saja ide atau inspirasi mulai bermunculan di kepala Anda. Nah ungakpan saja opini yang Anda dapatkan setelah membaca artikel yang ada di blog tempat Anda berkunjung. Ekspresikan saja apa yang mau Anda sampaikan, tentunya dengan cara yang tetap sopan :).
  • Sampaikan kritik/saran jika ada. Anda tidak suka dengan gaya menulis si pemilik blog yang Anda kunjungi? Anda punya saran untuk desain dan tampilan blog yang Anda kunjungi? Maka sampaikanlah hal itu dalam komentar Anda. Komentar yang jujur dan berasal dari hati akan sangat diterima oleh para blogger.
  • Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.Β Pastikan Anda tampil profesional :).

3. Bangun Relasi dengan Pemilik Blog-Blog yang Anda Kunjungi

Blogwalking itu lebih dari sekedar mengunjungi blog lain lalu berkomentar. Usahakanlah untuk membangun relasi dengan pemilik blog yang Anda kunjungi.

Add Facebook si pemilik blog, follow Twitter-nya, dan hubungi pemilik blog tersebut via email. Interaksi yang lebih intens dengan si pemilik blog bisa membantu kita mendapatkan relasi baru.

Ingat, semakin banyak kawan semakin banyak rezeki :).

4. Hindari Hal-Hal Ini

Pastikan Anda tidak melakukan hal-hal ini pada komentar yang Anda berikan ke blog lain.

  • Menyertakan link langsung (live link) pada komentar. Ingat ini adalah tindakan spam. Contoh live link, misalnya seperti pada gambar berikut ini. Live link adalah link yangbisa diklik langsung.
contoh live link pada komentar

contoh live link pada komentar

  • Promosi secara terang-terangan. Jangan pernah berpromosi lewat komentar, jika tidak bersiaplah komentar Anda akan berakhir di folder trash suatu blog.
  • Mengemis-ngemis lewat komentar. Seperti misalnya “gan,.. tolong kunjungi balik blog saya ya..” atau seperti ini “keren gan.. saya tunggu kunjungan baliknya…”. Perhatikan penggunaan kata-kata semacam tadi sangat tidak cool.
  • Komentar tidak berkualitas. Misalnya seperti “nice info gan”, “artikelnya bagus gan..” dan sebagainya. Waktu para blogger terlalu berharga untuk menanggapi komentar semacam ini.

Semoga bermanfaat dan tetap semangat selalu :). Mudah-mudahan artikel ini bisa makin mengedukasi blogger-blogger pemula yang masih bingung bagaimana cara blogwalking yang baik dan benar.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara blogwalking yang efektif
  • contoh BLOGWALKING
  • blogwalking
  • blogwalking indonesia
  • blog walking
  • contoh dari blog walking
  • contoh blog walking
  • cara penulisan komentar untuk blogwalking
  • buat Blogwalking
  • panduan blog walking
Be Sociable, Share!