Bagaimana Cara Bertransaksi Dalam Bisnis Online?

sumber gambar : Republika.co.id

sumber gambar : Republika.co.id

Kebanyakan para pemula yang baru terjun atau baru mau mengenal bisnis online kerap bertanya. “Mas Jeff.. bagaimana ya transaksi dalam bisnis online itu?”

Nah berawal dari pertanyaan semacam itu saya akhirnya memutuskan untuk menulis artikel ini. Di artikel ini kita akan mengupas beberapa metode pembayaran dan cara bertransaksi dalam bisnis online. Setelah membaca artikel ini, diharapkan pengetahuan Anda tentang dasar-dasar bisnis online bisa semakin meningkat.

Inilah beberapa metode transaksi dalam bisnis online.

1. Metode Transaksi COD (Cash on Delivery)

COD (Cash on Delivery) adalah metode transaksi di mana pembayaran dilakukan saat barang telah tiba dihadapan pembeli. Contoh COD misalnya seperti ini.

Ada seorang penjual dan pembeli, penjual tinggal di Jakarta, pembeli tinggal di Bekasi. Mereka sepakat untuk memakai metode transaksi COD, maka mereka akan bertemu di suatu tempat (misal di Jakarta). Ketika bertemu, si penjual akan menyerahkan barang yang ia jual, nah begitu barang tersebut diterima pembeli, barulah si pembeli membayar langsung kepada si penjual.

Konsep transaksi COD ini dapat kita lakukan apabila lokasi penjual dan pembeli tidak terlalu jauh (tidak beda kota/provinsi misalnya).

Kelebihan dari metode COD ini adalah tingkat penipuan dapat diminimalisasi, sebab pembeli dan penjual bisa bertemu langsung.

2. Transaksi Melalui Transfer Antar Bank

Metode pembayaran transfer antar bank adalah metode pembayaran yang paling populer dalam kegiatan belanja online di Indonesia. Pembeli akan bertransaksi dengan penjual melalui fasilitas transfer antar bank (antar rekening bank).

Bank-bank yang kerap digunakan untuk transaksi semacam ini biasanya adalah bank yang punya fasilitas internet banking. Bank yang paling banyak digunakan dalam transaksi bisnis online di Indonesia antara lain :

  • Bank BCA.
  • Bank Mandiri.
  • Bank BRI.
  • Bank BNI.

Untuk dua nama bank teratas yang tadi saya sebut sangat sering digunakan, dan hampir semua pebisnis online punya setidaknya satu dari dua rekening bank tersebut.

Ketika Anda berbisnis online, pastikan Anda sudah mengaktifkan fitur e-banking untuk rekening Anda. Tujuannya jelas supaya lebih mudah bagi Anda untuk bertransaksi.

3. Metode Pembayaran Melalui PayPal

Barangkali Anda bertanya, “Mas Jeff… kalau saya sebagai penjual tinggal di Indonesia, sementara ada pembeli produk saya yang datang dari Amerika Serikatnah itu transaksinya gimana?”

Transaksi antar negara dalam bisnis online kerap dilakukan melalui PayPal. PayPal adalah semacam rekening virtual yang ada di internet. PayPal beralamat di www.PayPal.com. Di PayPal.com kita bisa membuat sebuah akun, layaknya sebuah rekening di bank. Di akun tersebut kita bisa menyimpan dana, dan akun tersebut juga bisa kita pakai untuk transaksi online.

website www.PayPal.com

website www.PayPal.com

Transaksi yang dilakukan melalui PayPal hanya bisa terjadi antara satu akun PayPal dengan akun PayPal lain. Jadi jika Anda sebagai penjual menyediakan metode pembayaran via PayPal, si pembeli produk Anda hanya bisa bertransaksi dengan Anda apabila mereka juga punya akun PayPal.

Metode pembayaran melalui PayPal belum terlalu populer di Indonesia.

4. Metode Pembayaran Melalui Kartu Kredit

Beberapa toko online besar di Indonesia sudah mulai menyediakan metode pembayaran melalui kartu kredit. Salah satu toko online yang menyediakan metode pembayaran via kartu kredit misalnya Lazada.co.id.

Sama seperti PayPal, metode pembayaran melalui kartu kredit masih belum populer dalam kegiatan belanja online di masyarakat Indonesia. Hanya sebagian masyarakat Indonesia yang belanja online dan membayar melalui kartu kredit.

Kendati demikian jika Anda ingin menjalankan bisnis online secara serius, jangka panjang, dan ingin membangun bisnis online yang besar, Anda perlu punya kartu kredit.

Salah satu fungsi kartu kredit adalah dapat Anda gunakan jika suatu saat Anda mau beriklan di Facebook ataupun beriklan di Google Adwords.

Itulah beberapa metode pembayaran yang kerap dipakai di internet. Jika Anda berbisnis online dengan target pasar Indonesia maka pastikan di website Anda selalu tersedia metode pembayaran melalui transfer antar bank. Kenapa? Sebab itulah metode pembayaran yang paling dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara transaksi online
  • cara transaksi online shop
  • cara transaksi bisnis online
  • cara pembayaran bisnis online
  • cara melakukan transaksi online
  • cara bertransaksi
  • sebutkan cara pembayaran belanja melalui online
  • cara bertransaksi online
  • cara bertransaksi online shop
  • cara bertransaksi secara online
Be Sociable, Share!