Penting Untuk Diketahui : Apa Itu Traffic Sources ?

traffic sources

Pernahkah Anda mendengar istilah “traffic sources” ?

Dalam bisnis internet, traffic source adalah istilah yang sudah tidak asing lagi. Istilah ini mengacu pada sumber-sumber trafik bagi website kita.

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas topik yang bernama “traffic sources”. Bagi Anda yang berprofesi sebagai seorang blogger atau internet marketer sangat penting untuk memahami yang namanya traffic sources.

Apa itu traffic source? Traffic source mana saja yang ampuh untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis online?

Mari kita kupas jawabannya dalam artikel berikut ini.

Definisi Traffic Sources

Traffic sources terdiri dari dua kata, yakni traffic dan sources.

  • Traffic yang artinya trafik (tingkat kunjungan) website.
  • Sources berarti sumber-sumber.

Jadi traffic sources dapat kita artikan sebagai sumber-sumber bagi trafik website kita. Ketika kita ingin mendatangkan pengunjung ke website maka kita harus memanfaatkan yang namanya traffic source.

Contoh Anda mempromosikan blog Anda di Facebook, lalu dari sana blog Anda kedatangan pengunjung dari Facebook. Nah maka dari itu Facebook dapat dianggap sebagai traffic source bagi blog Anda.

Sumber trafik ini terbagi menjadi dua.

Ada yang namanya paid traffic source, ada juga yang namanya free traffic source.

  • Paid traffic sources adalah sumber trafik yang berbayar. Jadi jika kita ingin menggunakan sumber trafik ini kita harus membayar.
  • Free traffic sources adalah sumber trafik yang dapat kita gunakan secara GRATIS.

Contoh-Contoh Paid Traffic Sources

Sumber trafik berbayar biasanya adalah sumber trafik yang berupa iklan. Contoh sumber trafik berbayar :

  • Google Adwords. Google Adwords adalah fasilitas iklan yang diberikan oleh Google di mana para pemasang iklan dapat beriklan pada hasil pencarian Google. Ketika kita beriklan di Google Adwords, kita bisa beriklan untuk membidik kata kunci tertentu. Contoh, Anda berjualan mobil lalu Anda mau beriklan di Google maka Anda dapat memasang iklan untuk kata kunci “jual mobil”.
contoh iklan Google Adwords

contoh iklan Google Adwords

  • Facebook Ads. Facebook Ads adalah program periklanan di Facebook. Jika Anda mau mempromosikan bisnis Anda di Facebook maka Anda dapat menggunakan yang namanya Facebook Ads. (Anda dapat belajar panduan lengkap Facebook Ads di : www.BelajarIklandiFacebook.com )
  • Twitter Ads. Twitter Ads adalah program periklanan yang tersedia di Twitter. Dengan memasang iklan di Twitter Ads kita bisa beriklan di Twittter.
  • LinkedIn Ads. Nah kalau yang ini adalah platform iklan miliknya situs jejaring sosial LinkedIn.com.

Contoh-Contoh Free Traffic Sources

5 cara jitu bannerSelain trafik berbayar, kita juga bisa mendatangkan trafik website dengan cara gratis. Ada banyak traffic sources yang gratis di internet. Contohnya seperti berikut ini.

  • Facebook. Ya Anda bisa menggunakan media sosial Facebook untuk mempromosikan blog/web Anda. Anda dapat menggunakan akun pribadi di Facebook, Anda bisa pakai grup di Facebook, Anda juga bisa memanfaatkan halaman Facebook.
  • Mesin pencari. Search engine juga bisa Anda jadikan sebagai sumber trafik. Bahkan tak jarang sebagian besar website justru mendapatkan trafik dari mesin pencari. Mesin pencari yang banyak digunakan adalah Google. Agar website/blog Anda bisa tampil di halaman pertama hasil pencarian Google maka Anda perlu melakukan optimalisasi SEO. (Pelajari tentang SEO dengan membaca buku 5 Cara Jitu Agar Web Anda Ranking 1 di Google ).
  • Forum-forum di internet. Forum seperti Kaskus, Ads-id adalah contoh forum yang dapat Anda gunakan sebagai sumber trafik. Anda dapat mempromosikan blog/web Anda secara “terselubung” melalui forum-forum ini. Dari sana diharapkan blog Anda akan kedatangan pengunjung.
  • Twitter. Miliki akun yang punya banyak follower lalu gunakan akun itu untuk mempromosikan website Anda. Siapa Twitter juga bisa menyumbang trafik untuk website Anda.
  • Situs Social Bookmark. Di internet juga ada banyak social bookmark yang dapat Anda gunakan untuk mendatangkan ribuan pengunjung ke website/blog Anda. Sosial bookmark yang banyak digunakan di Indonesia misalnya : Lintas.me. (Baca artikel ini : Mendatangkan Ribuan Pengunjung Blog dari Lintas.me ).

Traffic Sources Mana yang Ampuh Untuk Mendatangkan Penjualan?

Ketika kita bicara soal keberhasilan menjual produk secara online kita bukan bicara soal traffic sources. Yang kita bicarakan adalah tingkat konversi. Kita boleh saja punya banyak pengunjung tetapi jika tingkat konversi penjualan di website kita rendah maka tentu saja tingkat penjualan juga akan rendah.

Namun satu hal yang harus Anda ketahui adalah masing-masing traffic sources punya karakteristik yang berbeda.

Pengunjung yang datang dari Google adalah orang-orang yang mendatangi website Anda karena kebutuhan. Mereka mengetik kata kunci di Google karena mereka butuh informasi, mereka sudah punya kebutuhan.

Sementara jika pengunjung web Anda datang dari Facebook maka bisa jadi sebagian besar di antara mereka semula tak punya rencana untuk mengunjungi web Anda. Barangkali mereka terpengaruh mengunjungi web Anda karena melihat link yang Anda bagikan di Facebook.

Nah karena itulah pengunjung yang datang dari Facebook biasanya mengunjungi sebuah website karena interest bukan karena kebutuhan.

Memahami karakteristik seperti ini akan sangat membantu kita dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • pengertian traffic
  • apa itu traffic
  • arti traffic
  • istilah traffic
  • apa itu traffic website
  • traffic website adalah
  • pengertian traffic dalam pemasaran
  • traffic source adalah
  • traffic artinya
  • traffic source apa artinua
Be Sociable, Share!