Apa Itu SEO On Page?

SEO memang selalu menyimpan banyak hal untuk dibahas. Seperti yang kita ketahui bahwa SEO ada dua jenis, yakni SEO On Page dan SEO Off page.Nah kali ini saya akan membahas mengenai SEO on page? Di artikel ini kita akan membahas apa itu SEO on page? Bagaimana trik SEO on page dan beberapa hal menarik seputar SEO on page.

Oke mari kita masuk ke pembahasan.

Apa Itu SEO On Page?

SEO On Page adalah teknik SEO yang memfokuskan pada optimasi halaman website supaya bisa lebih mudah masuk hasil suatu pencarian kata kunci di Google. Berlawanan dengan SEO Off page, SEO on page lebih mengarah pada internal website Anda, sehingga bisa kita ibaratkan sebagai faktor internal.

Apakah SEO on page itu penting? Ya.. penting, mungkin pendapat setiap orang berbeda-beda, akan tetapi saya menanggapnya penting. Kenapa? Sebab dengan melakukan SEO on page optimasi SEO yang dilakukan tentulah akan lebih maksimal.

Beberapa Trik SEO On Page

Ada beberapa trik SEO on page, trik-trik ini bisa Anda terapkan pada website supaya optimasinya makin mantap.

1. Riset dan Analisis Kata Kunci

Ibaratkan dalam pembuatan dan pengembangan produk dalam bisnis maka tahap ini bisa kita bilang sebagai R and D atau Riset and development, namun bedanya di sini yang kita analisis adalah kata kunci.  Bagaimana cara melakukan riset kata kunci, pelajari caranya di Cara Melakukan Riset Kata Kunci Untuk Pemula.

2. Meta Description tag

Meta tag adalah elemen dalam bahasa HTML/XHTML yang dapat digunakan untuk menjelaskan deskripsi sebuah halaman website.Tujuan meta tag ini adalah untuk mempermudah halaman situs/blog kita menjadi lebih mudah terindex mesin pencari. Nah, guna mendukung optimasi on page Anda, silakan atur meta tag pada blog Anda. Cara mengatur meta tag pada Blogger bisa Anda baca di artikel ini.

3. Struktur URL

Untuk yang satu ini perlu sekali diperhatikan. Struktur url itu misalnya seperti ini lho www.namawebsite.com/2012/06/judulposting.html atau bisa juga seperti ini http://www.namaforum/2012/1221 dan berbagai susunan url lainnya.

Nah yang perlu diperhatikan pilihlah url yang SEO friendly, sayangnya untuk yang satu ini belum bisa diterapkan pada Blogger dan baru bisa diterapkan pada WordPress dan beberapa CMS lainnya. Kapan-kapan akan saya bahas cara mengatur struktur url pada WordPress.

4. Konten

Gak usah panjang lebar, yang pasti buatlah konten Anda secara alami, asli dan bukan copy paste. Alami maksudnya adalah ya buat artikel yang mengalir seperti air. Trik ini saya lakukan setiap saya membuat posting di blog, yakni saya menulis posting seperti berbicara kepada pembaca. Jadi saya tidak pusing-pusing memikirkan aturan SEO ini itu, yang penting apa yang saya sampaikan jelas, mudah dimengerti dan bermanfaat bagi pembaca. Dari sana, saya yakin Google akan menempatkan artikel saya pada posisi yang layak sesuai amal ibadahnya :).

5. Keyword Density

Keyword Density merupakan perbandingan jumlah kata tertentu dengan jumlah keseluruhan kata dalam artikel. Misalnya pada sebuah artikel dengan panjang 500 kata ada 20 buah kata seo. Maka perhitungannya menjadi 20/500 x 100 % = 4 %. Berdasarkan bacaan artikel yang banyak saya baca di internet, keyword density yang baik adalah 4-5 %. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit keyword density nya.

Entah benar atau tidak, katanya keyword density akan berpengaruh pada SEO on page. Saya pribadi, lebih memilih kembali ke jurus alami  :D.

6. Strategi Internal Link

Berkaitan dengan internal link Anda. Internal link itu adalah tautan antar halaman yang masih satu website. Contohnya Anda menautkan link salah satu artikel blog Anda pada artikel yang sedang Anda tulis, lalu mempublikasikan artikel yang sedang ditulis. Nah proses seperti itu merupakan proses menanam internal link. Contoh internal link misalnya seperti yang saya lakukan pada artikel ini, pada kalmiat “cara mengatur meta tag pada Blogger bisa Anda baca ada artikel ini” saya menempatkan link salah satu artikel blog ini.

Cara yang baik dalam interal linking adalah menempatkan link pada artikel yang relevan :D.

7. Lakukan Secara Alami

Jangan berlebihan ketika melakukan optimasi SEO, apapun yang berlebihan biasanya akan berdampak pada yang lain. Apalagi dalam hal SEO, kalau berlebihan mungkin saja blog Anda bisa dianggap SPAM dan Anda tau sendiri akibatnya :).

Beberapa Hal yang Harus Dihindari dalam SEO On Page

Berdasarkan beberapa artikel yang saya baca di internet, ada beberapa hal yang perlu dihindari dalam seo on page,

  • Teks tersembunyi.
  • Links tersembunyi.
  • Pengulangan keyword (kata kunci) yang berlebihan.
  • Cloaking (informasi yang dibaca pengunjung manusia/human visitor berbeda dengan yang dibaca mesin pencari). Lebih jelasnya silakan baca di Google.

Baiklah pembaca, itulah artikel Apa itu SEO on Page? Maaf kalau cukup panjang soalnya saya bermaksud memberi penjelasan yang detail, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua :).

Salam Super.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • apa itu seo on page
  • apa itu copy a new page pada wordpress
  • cara menganalisa kata kunci dari sebuah artikel
  • site title wordpress apa itu
  • seo onpage analisis
  • pengulangan keyword pada 500 kata
  • optimasi onpage
  • kegunaan seo on page di wordpress
  • kegunaan seo ofpage
  • bahasa mesin panjang lebar copy paste
Be Sociable, Share!