Cara Email Marketing : Apa Itu Email Marketing?

email marketingEmail marketing adalah salah satu metode pemasaran yang sejak dulu hingga saat ini banyak digunakan oleh para internet marketer. Meskipun tidak semua pelaku bisnis internet menggunakan metode pemasaran email marketing, namun tak sedikit orang yang menggunakan email marketing sebagai salah satu senjata pemasaran andalannya.

Di artikel ini kita akan bahas sejumlah hal dasar terkait email marketing. Inilah yang akan kita bahas :

  • Pengenalan email marketing.
  • Contoh studi kasus email marketing.
  • Apakah email marketing masih efektif?
  • Bagaimana cara (langkah-langkah) melakukan email marketing?

Apa Itu Email Marketing?

Menurut Wikipedia.org, email marketing adalah pemasaran langsung dengan mengirimkan pesan komersial untuk sekelompok orang yang menggunakan email.

Namun seiring dengan berkembangnya strategi pemasaran, email marketing mulai dikemas secara kreatif dan lebih mengarah ke soft selling.

list building dengan email marketingJika dulu marketer menggunakan email marketing hanya untuk promosi dan “memaksa” orang-orang agar membeli, maka kini email marketing tidak hanya sekadar untuk promosi, tetapi bisa juga dimanfaatkan untuk mengedukasi sekaligus berinteraksi dengan prospek.

Email marketing juga erat kaitannya dengan list building.

List building adalah kegiatan membangun daftar yang berisi orang-orang yang potensial untuk menjadi pembeli produk kita (prospek). Jadi misalkan kita merilis suatu produk tentang panduan belajar diet, maka ketika kita sudah punya list (daftar prospek), pertama-tama kita bisa mengenalkan produk itu pada prospek kita terlebih dahulu.

Pokoknya kegiatan list building ini sangat bermanfaat. Selain dapat menjadi target promosi kita, orang-orang yang ada di list kita juga bisa menjadi teman sekaligus partner kita dalam berbisnis online.

Contoh Studi Kasus Email Marketing

Agar Anda bisa melihat langsung seperti apa email marketing itu, maka kami akan memberikan sebuah contoh studi kasusnya.

JefferlySuperClub.com sudah pernah mencoba strategi email marketing. Sekarang silakan coba Anda kunjungi halaman ini.

Nah setelah tiba di halaman tadi, Anda akan menjumpai sebuah penawaran. Jika Anda tertarik Anda akan me-like halaman Facebook kami, selanjutnya Anda akan menjumpai formulir isian seperti gambar berikut ini.

form isian autoresponderJika Anda mengisi formulir pendaftaran di atas, maka Anda akan terdaftar ke dalam list kami. Setelah Anda terdaftar, dari sanalah kami bisa mengirimkan berbagai email kepada Anda.

Email yang kami kirimkan bisa berupa penawaran produk, berupa informasi penting untuk Anda, berupa  pengetahuan seputar bisnis internet, dan banyak lagi. Beragam jenis konten bisa kami kirimkan kepada prospek yang sudah terdaftar di list tersebut.

Nah itulah studi kasus sederhana mengenai kegiatan email marketing.

Apakah Email Marketing Masih Efektif?

Pada beberapa bidang bisnis jawabannya masih. Tetapi pada sejumlah bidang lain jawabannya bisa saja tidak.

Cocok atau tidaknya email marketing untuk strategi pemasaran Anda ditentukan oleh siapa target pasar Anda.

Di Indonesia orang-orang lebih menyukai sosial media.

Di Indonesia orang-orang lebih menyukai sosial media.

Jika target pasar Anda adalah orang-orang yang sehari-harinya menggunakan email maka mudah-mudahan akan cocok. Contoh orang-orang yang setiap hari berurusan dengan email misalnya : para pebisnis internet (pelaku toko online, blogger, dsb).

Selain itu budaya suatu masyarakat juga sangat mempengaruhi apakah email marketing diperlukan atau tidak. Contohnya orang-orang Amerika sangat sering menggunakan email, maka tak heran para marketer di Amerika Serikat sangat mengutamakan strategi email marketing.

 

Jelas ini berbeda dengan orang-orang Indonesia yang lebih menyukai social media, seperti Facebook dan Twitter.

Jadi untuk menjawab pertanyaan apakah email marketing masih efektif? Hanya Andalah yang bisa menjawabnya.

Bagaimana Cara (Langkah-Langkah) Melakukan Email Marketing?

Ada beberapa langkah yang perlu kita lakukan jika kita mau menggunakan email marketing sebagai salah satu senjata pemasaran. Inilah pembahasan selangkapnya.

  1. Siapkan autoresponder. Autoresponder adalah sebuah aplikasi yang akan mengelola kegiatan email marketing yang Anda lakukan. Autoresponder akan mengurus semuanya, mulai dari menyediakan formulir pendaftaran prospek, 250x250 bannermengirim pesan ke prospek, mengelola daftar prospek dan banyak lagi. Autoresponder ada yang gratis dan ada yang berbayar. Jika Anda tertarik mencoba autoresponder gratis, Anda bisa mencoba ListWire.com.
  2. Siapkan halaman landing page. Halaman landing page adalah halaman tempat Anda meletakkan formulir pendaftaran autoresponder Anda. Jadi, orang-orang yang mau mendaftar ke dalam list Anda terlebih dahulu harus mengunjungi halaman landing page tadi. Contoh halaman landing page misalnya seperti halaman yang tadi Anda buka saat membaca tentang studi kasus email marketing.
  3. Siapkan pula hadiah menarik agar orang-orang tertarik mendaftar ke dalam list Anda. Hadiah nya bisa berupa ebook, video tutorial, buku, voucher diskon, penawaran menarik, dan lain sebagainya.
  4. Jika ketiga hal dari nomor 1 -3 sudah siap maka segeralah mulai email marketing Anda. Dapatkan prospek sebanyak  dan seefektif mungkin.
  5. Jika sudah dapat banyak orang yang bergabung dalam list Anda, maka kirimi orang-orang tersebut dengan berbagai konten (informasi) yang bermanfaat. Ingat harus bermanfaat. Konten yang berisi promosi hanya perlu Anda kirimkan sesekali saja. Utamakan melakukan strategi soft selling.

Nah rekan-rekan itulah pembahasan kita mengenai pengenalan email marketing ini. Mudah-mudahan bermanfaat dan di artikel seri email marketing berikutnya kami akan bahas tentang bagaimana cara mudah untuk mendapatkan layanan autoresponder.

See you again. 🙂

——————————————————————————————————————————————-

Rekomendasi:

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • email marketing adalah
  • pemasaran melalui email
  • contoh email marketing
  • cara pemasaran melalui email marketing
  • jelaskan bagaimana cara email marketing
  • pemasaran online dengan e-mail
  • email marke
  • makalah tentang email marketing
  • contoh kasus dalam penggunaan e-marketing
  • contoh email marketing yang menarik
Be Sociable, Share!