Apa Itu Dummy Blog?

Apa sih dummy blog itu? Begitulah pertanyaan saya saat baru kenal dengan yang namanya SEO. Di artikel ini saya akan berbagi mengenai dummy blog, mulai dari pengertiannya, manfaatnya hingga bagaimana memanfaatkan  dummy blog kesuksesan blogging Anda.

Dummy blog, berasal dari kata dummy (artinya boneka) dan blog yang berarti blog. Jadi singkat kata, dummy blog adalah blog-blog boneka. Namun secara lebih jelasnya dummy blog kita katakan sebagai blog-blog yang kita miliki dan kendalikan guna mendukung blog utama kita. Kan sudah bukan rahasia umum kalau dalam SEO, backlink sangat diperlukan. Nah di sinilah fungsi dummy blog muncul.

Blog dummy dapat digunakan sebagai sumber backlink bagi blog utama Anda. Apalagi bagi Anda yang sibuk bekerja di bidang bisnis online, maka peran dummy blog sangatlah penting.  Tujuannya adalah memberi backlink pada blog utama Anda.

Membangun Link Dengan Dummy Blog

Berikut ilustrasi bagaimana menjadikan dummy blog sebagai sarana membangun link blog Anda.

Dari gambar di atas terlihat bahwa blog-blog dummy (yang diberi nomor) saling memberi backlink menuju blog utama. Tak hanya pada blog utama, tapi setiap blog dummy juga bisa saling memberi backlink pada blog-blog dummy lainnya. Demikian pula Anda juga bisa memberikan backlink dari blog utama menuju blog dummy Anda :).

Dari sinilah jaringan link akan terbangun dan sangat baik sekali bagi SEO bila dioptimasi secara baik dan benar.

Bagaimana Cara Membuat Blog Dummy

Untuk membuat blog dummy tidaklah sulit, sama seperti ketika Anda membuat blog utama Anda. Anda bisa membuat blog dummy dengan memanfaatkan layanan blog gratis dari Blogspot.com atau WordPress.com. Hanya saja, akan ada perbedaan pengelolaan pada blog dummy dibanding dengan blog utama. Karena sifatnya hanya untuk membantu 🙂 maka dummy blog tidak harus diupdate setiap hari secara rutin.

Namun guna menjaga kelangsungan strategi membangun link dengan dummy blog maka usahakan untuk rajin mengurus dan mengembangkan dummy blog Anda seperti blog blog utama.

Tip Sukses Link Building dengan Dummy Blog

Anda beberapa tip dari para Master SEO yang pernah saya temukan plus saya praktikkan. Tip nya antara lain :

  1. Buat dummy blog yang topiknya relevan dengan blog utama. Contoh jika blog utama Anda membahas seputar sepeda, maka usahakan punya blog dummy dengan topik ban sepeda. Dengan begitu backlink yang diberikan pada blog utama juga akan relevan, ingat bahwa kualitas backlink itu sangat penting.
  2. Urus blog dummy secara serius, sebab blog dummy itu penting sekali. Lakukan optimasi seperti yang Anda lakukan pada blog utama Anda.
  3. Pastikan Anda mengisi dummy blog Anda dengan berbagai artikel berkualitas, dan bukan hasil copy paste. Hari gini masih copas.. ke laut aja deh. Jangan jadi blogger yang gak kreatif.
  4. Semakin tinggi page rank dummy blog Anda semakin baik bagi optimasi off page blog utama Anda.
  5. Hindari melakukan link building dengan bertukar link, usahakan memberi backlink lewat artikel sebab itu akan lebih alami di mata Google.

Apakah Membangun Link dengan Dummy Blog Efektif?

Efektif atau tidaknya tergantung dari Anda sendiri. Berdasarkan pengalaman saya, strategi semacam ini (memakai dummy blog) cukup efektif, namun terkadang ada faktor lain yang bisa mempengaruhi. Faktor tersebut misalnya waktu, setidaknya Anda harus punya waktu luang yang cukup untuk bisa mengurus dan mengoptimasi dummy-dummny Anda. Jika kesibukan Anda luar biasa padat, maka bukan tidak mungkin strategi dummy blog sulit diterapkan.

Konsistensi. Ketika mengelola dummy blog Anda, maka butuh konsistensi. Jika dalam satu dua minggu Anda sudah kelelahan maka bukan tidak mungkin semangat yang semula membara justru hilang terbawa deburan angin (*yang ada deburan ombak kali :D).

sahabat-sahabat saya yang super, itulah pembahasan seputar dummy blog kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat.

salam super :D.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • pengertian super club
  • dummy blog
  • apa itu dummy blog
  • apa itu dummy
  • cara membuat dummy blog
  • blog dummy
  • pengertian dummy
  • dummy blog adalah
  • apa itu dummy pada
  • penjelasan superclub
Be Sociable, Share!