Apa Itu CRO (Pengenalan Conversion Rate Optimization)

Dibanding dengan SEO (search engine optimization) istilah CRO masih kalah populer. Coba deh Anda tanyakan pada blogger-blogger, tidak semua blogger akan tahu dan paham apa itu CRO. Kendati demikian, CRO (Conversion rate optimization) juga merupakan teknik yang amat penting dalam bisnis online.

optimalisasi CROMemangnya, kenapa CRO begitu penting? Jawabannya tidak lain tidak bukan adalah untuk menggapai tujuan kita (closing), entah itu meningkatkan penjualan, menambah followers, atau lainnya.

Jika kita menggunakan SEO sebagai metode (cara) mendatangkan trafik (pengunjung) ke website kita, maka dengan CRO kita akan mengoptimalkan website kita agar pengunjung yang tadi datang bisa dikonversi menjadi pembeli produk kita.

Ingat, tidak semua orang yang datang ke website kita akan menjadi pembeli produk. Nah di sinilah CRO peranannya amat penting guna menciptakan terjadinya lebih banyak penjualan.

Di artikel ini, Jefferly Helianthusonfri (Co-Founder JefferlySuperClub.com) akan berbagi pengenalan dasar mengenai teknik CRO. Mari kita kenali CRO lebih jauh.

Apa Definisi CRO?

CRO adalah singkatan dari Conversion Rate Optimization. Menurut Wikipedia.org, CRO adalah metode menciptakan pengalaman (experience) pada sebuah situs website guna mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan (pembeli).

Karena pentingnya CRO, maka semakin hari CRO pun semakin digeluti oleh sejumlah praktisi. Meskipun Anda bukanlah praktisi bisnis internet dan pemasaran online tak ada salahnya Anda juga memperdalam pengetahuan mengenai CRO ini, jelas tujuannya adalah agar bisnis online Anda kian jaya dan sukses.

Kenapa CRO Begitu Penting?

menambah followers

Dengan CRO kita bisa mendapatkan lebih banyak pengikut.

CRO (Conversion Rate Optimization) ini amatlah penting, sebab dengan penerapan CRO yang tepat kita bisa menggapai sejumlah tujuan berikut ini.

  • Dengan CRO, kita bisa mendapatkan lebih banyak penjualan. Alhasil profit bisnis kita pun bisa kian bertambah.
  • Dengan CRO, kita bisa mengkonversi lebih banyak pengunjung website kita menjadi followers kita. Followers di sini bukan hanya sekadar follower Twitter, tetapi bisa juga follower (pengikut) dalam bentuk lain, seperti misalnya pelanggan artikel blog kita, pengikut dan pencinta produk kita dan banyak lagi.
  • Dengan CRO, kita bisa lebih efektif. Jadi uang, waktu, pikiran dan tenaga yang kita hamburkan untuk mendatangkan trafik website bisa berbuah hasil menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi pengembangan bisnis kita.

Elemen-Elemen Penting Dalam CRO

Dalam mengoptimalkan CRO di website Anda, ada sejumlah elemen penting yang harus diperhatikan. Elemen penting tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Tujuan optimalisasi. Apa yang menjadi tujuan Anda melakukan CRO, apakah guna mendapatkan lebih banyak pembeli, mendapatkan lebih banyak profit, atau justru untuk meningkatkan jumlah subscriber (pelanggan artikel) di blog Anda? Berbeda tujuan jelas bisa berbeda pula media dan metode yang digunakan.
  • Sejumlah komponen website guna mendukung CRO. Contoh elemen pendukung CRO di website Anda, misalnya : banner promosi, form kontak, artikel yang dibuat dengan tujuan pemasaran, dan banyak lagi. Di artikel-artikel seri CRO berikutnya akan kami kupas satu demi satu.
  • Evaluasi. Dalam menerapkan CRO, Anda juga perlu mengevaluasi sudah seberapa jauh kemajuan yang Anda dapatkan. Evaluasi penting untuk dilakukan guna mencapai hasil yang lebih optimal sehingga CRO yang kita lakukan bisa semakin efektif.

Bagaimana Cara Melakukan Optimalisasi CRO?

Sama seperti melakukan optimalisasi SEO, ada sejumlah metode yang perlu dipelajari dan dipraktikkan. Nah berbagai cara plus trik melakukan CRO akan kami bahas pada artikel seri CRO berikutnya.

Koleksi artikel-artikel inspiratif tentang optimasi CRO bisa Anda dapatkan di sini.

Semoga bermanfaat and have a nice day :).

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • apa itu CRO
  • cro adalah
  • arti cro
  • Pengertian CRO
  • kepanjangan cro
  • singkatan cro
  • paham convertion
  • apa itu cro?
  • jelaskan yg dimaksud conversion rate online
  • kepanjangan dari CRO
Be Sociable, Share!