Apa itu Bounce Rate? (Wajib Baca)

Bagi Anda yang suka mengamati perkembangan website Anda, atau bagi Anda yang sedang belajar SEO maka Anda pasti menjumpai istilah bounce rate. Apa itu bounce rate? Apa sih gunanya mengetahui pengertian bounce rate? Dan seberapa penting peranan bounce rate dalam optimalisasi SEO? Jawabannya akan kita bahas pada artikel ini.

bounce rateMenurut Wikipedia.org, pengertian bounce rate adalah persentase pengunjung yang masuk ke website Anda lalu si pengunjung tadi langsung keluar tanpa melihat halaman lain dari website Anda. Secara sederhana, bounce rate bisa kita artikan persentase pengunjung yang hanya mengunjungi satu halaman di website kita.

Bounce rate bisa menjadi salah satu indikator kinerja pengelolaan sebuah website. Ambil contoh, blog yang bounce rate-nya tinggi bisa dikatakan blog tersebut tidak menarik bagi orang-orang.

Lha iya kan, pengunjung hanya membaca satu halaman. Padahal di suatu blog kan halaman-nya banyak.

Kecuali di blog/website tersebut memang hanya ada satu halaman. Nah inilah bahasan menarik yang akan kita bahas dalam artikel ini.

  • Bagaimana cara menghitung bounce rate?
  • Bagaimana cara praktis mengetahui bounce rate?
  • Seperti apa bounce rate yang baik?
  • Bagaimana agar website kita bisa lebih optimal sehingga bounce rate jadi baik?

Bagaimana Cara Menghitung Bounce Rate?

Tenang, menghitung bounce rate itu gampang. 🙂

Rumusnya adalah : jumlah pengunjung yang mengunjungi satu halaman : total pengunjung x 100 %.

Contoh misalkan blog A dikunjungi oleh 1000 orang, tapi ternyata eh ternyata dari 1000 pengunjung ada 250 orang yang cuma membuka satu halaman lalu langsung pergi. Maka bounce rate blog A adalah 250 : 1000 x 100 % = 25 %.

Mudah bukan?

Bagaimana Cara Praktis Mengetahui Bounce Rate?

logo AlexaDi internet ada banyak aplikasi yang siap memudahkan kita dalam menghitung bounce rate. Contohnya seperti Google Analytics. Namun selain Google Analytics, juga ada aplikasi lain yakni berupa Alexa tools.

Alexa.com adalah salah satu perusahaan teknologi yang sangat dikenal di kalangan para blogger dan pebisnis internet. Alexa.com dikenal karena menyediakan yang namanya Alexa rank. Namun selain Alexa rank, Alexa juga dikenal karena menyediakan aplikasi bernama Alexa Tools.

Perlu Anda ketahui, Alexa tools ini juga bisa kita gunakan untuk mengetahui persentase bounce rate di website/blog kita.

Berikut cara mengetahui bounce rate dengan menggunakan Alexa tools.

1. Pastikan di web browser Anda sudah terinstal Alexa toolbar. Jika belum, silakan instal dulu Alexa toolbar.

2. Jika di web browser Anda sudah terinstal Alexa toolbar, maka silakan kunjungi situs website Anda.

3. Selanjutnya arahkan perhatian Anda ke alexa toolbar yang ada di web browser Anda, lalu klik pada global rank.

Klik alexa global rank situs4. Nah di halaman berikutnya Anda akan menemukan laporan terkait website Anda yang berasal dari Alexa tools.

laporan Alexa5. Silakan Anda arahkan perhatian ke bagian how engaged are visitors.

6. Selanjutnya Anda bisa lihat persentase bounce rate dari website Anda.

bounce rate website

Begitu mudah kan? 🙂

Seperti Apa Bounce Rate yang Baik?

Perlu Anda ketahui, semakin kecil persentase bounce rate website Anda maka hal tersebut akan semakin baik. Bounce rate yang rendah menandakan bahwa website Anda diminati oleh pengunjung.

Sejumlah pendapat mengatakan bahwa bounce rate yang baik adalah bounce rate yang berkisar sekitar 20 %.

Namun tentu kita tidak bisa men-judge langsung kinerja website dari bounce rate-nya saja. Jika website tersebut memang hanya punya satu halaman (website ministe contohnya), maka jelas bounce rate-nya pasti 100 %.

Bagaimana Cara Agar Bounce Rate Bisa Lebih Baik?

tips mengurangi bounce rateAgar bounce rate website kita bisa semakin baik, maka kita harus membuat pengunjung menjadi betah berlama-lama di website kita. Bagaimana caranya?

Ya layani pengunjung web Anda sebaik-baiknya.

Berikut beberapa contoh bentuk pelayanan yang baik kepada pengunjung website.

  • Perbanyak konten berkualitas di website Anda. Semakin banyak konten berkualitas, semakin betah orang-orang berada di website Anda. Sekalipun website Anda berupa toko online, jika penawaran yang Anda buat itu menarik plus di toko online Anda ada banyak hal menarik maka tentu orang-orang akan dengan senang hati menjelajah website toko online Anda.
  • Perbanyak internal link. Internal link adalah link yang menuju ke halaman lain dari website Anda. Dengan semakin banyaknya internal link diharapkan pengunjung akan semakin betah untuk menjelajah berbagai halaman yang ada di website Anda.
  • Tingkatkan pageviews website Anda.
  • Singkirkan 3 hal ini dari website Anda.
  • Jadikan desain website Anda rapih dan nyaman.

Semoga bermanfaat dan pastikan Anda sudah berlangganan di channel JefferlySuperClub.com di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial bisnis online gratis. 🙂

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • apa itu Bounce rate
  • apa bounce rate
  • pengertian ankle bounce
  • maksud bounce rate
  • cara membaca rate
  • bounce rate dalam alexa
  • bounce rate adalah
  • belajar baca alexa
  • arti bounce rate di alexa rank
  • apakah pengertian bounce rate pada alexa rank
Be Sociable, Share!