Aneka Cara Yang Pernah Saya Coba Untuk Mendapatkan Uang dari Internet

Ada banyak sekali cara yang bisa kita tempuh untuk bisa menghasilkan uang lewat internet, sangking banyaknya tak jarang para pemula dibuat bingung harus mulai dari cara yang mana. Nah berawal dari niat ingin membantu kawan-kawan yang baru terjun ke bisnis internet, maka pada artikel ini saya akan bahas mengenai aneka cara mendapatkan uang dari internet, khususnya cara-cara yang sudah pernah saya coba sendiri.

Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini kawan-kawan jadi makin semangat dan terinspirasi untuk bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan bisnis internet. Langsung saja, berikut ini aneka cara cari uang di internet yang sudah pernah saya coba.

1. Menampilkan Iklan PPC Di Blog.

Ini adalah cara make money online pertama yang saya lakukan. Saya pertama kali mulai mencari uang dengan PPC adalah saat awal 2011 lalu, waktu itu saya masih menampilkan iklan PPC nya di blog berbasis Blogspot.com.

PPC atau Pay Per Click adalah salah satu metode cari uang di internet yang banyak dipakai oleh para blogger, layanan PPC yang digunakan oleh para blogger juga cukup beragam, mulai dari layanan PPC yang berbasis lokal sampai dengan PPC internasional seperti Google Adsense. Keuntungan berbisnis online dengan iklan PPC adalah kita tidak perlu keluar banyak uang, sebab tugas kita adalah membuat blog yang bagus, berisi banyak artikel bermanfaat dan senantiasa punya banyak pengunjung.

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, penyedia layanan PPC pun juga mulai berinovasi, mulai dari inovasi dalam segi materi iklan, inovasi dalam penyajian iklan dan banyak lagi.

Berikut ini daftar beberapa layanan PPC lokal yang bisa Anda coba :

Sementara untuk layanan PPC luar negeri yang bisa Anda coba antara lain :

Tips singkat dari saya, untuk Anda yang ingin menghasilkan uang dari PPC :

  • Miliki dan kembangkan blog di bidang yang Anda minati, misalnya Anda suka bidang manajemen, maka buat dan kembangkanlah blog yang berisi artikel-artikel seputar dunia manajemen. Mengelola blog di bidang yang Anda sukai akan membuat Anda tidak mudah jenuh untuk mengelola blog tersebut.
  • Datangkan sebanyak mungkin pengunjung ke blog Anda, semakin banyak pengunjung blog Anda maka semakin besar pula kemungkinan akan terjadinya klik pada iklan Anda.
  • Rajin-rajinlah mengupdate blog Anda dengan artikel yang bermanfaat bagi orang-orang.

2. Cari Uang di Internet dengan Berbisnis Ebook.

Ebook adalah salah satu media belajar yang tengah diminati oleh masyarakat pemakai internet saat ini, termasuk di Indonesia. Seiring dengan makin tingginya angka permintaan informasi dalam bentuk ebook, maka ide bisnis ebook adalah ide bisnis yang sangat potensial. Saya sendiri sudah mencoba berbisnis ebook secara serius dan full time sejak April 2012 lalu.

Sampai saat ini saya sudah punya 2 produk paket ebook. Yang pertama adalah paket ebook panduan lengkap membuat blog dan paket produk panduan lengkap bisnis ebook. Lewat ebook kita menjual informasi dan kemampuan yang kita miliki, dan dari sanalah kita bisa ikut serta mencerdaskan bangsa.

Jika Anda tertarik untuk belajar bisnis ebook langsung dari ahlinya maka silakan belajar di Sekolah Bisnis Ebook. Mengenai tips dan trik untuk berbisnis ebook bisa Anda baca di sini.

3. Cari Uang dengan Jualan Barang Secara Online.

Saya juga sempat mencoba cara ini, tepatnya pada April 2012 lalu. Saya sempat mencoba bisnis jualan online sebagai seorang dropshipper, akan tetapi karena adanya kesibukan lain di bisnis internet dan sering dapat job menulis dari Elex Media, saya pun tidak fokus lagi pada bisnis dropship tersebut. Waktu itu saya berbisnis jualan aksesoris flanel.

Media yang saya pakai untuk berjualan online aksesoris flanel waktu itu adalah media blog, dan Facebook. Sebagai sarana berbagi, berkat bisnis dropship singkat itu saya berhasil menulis dan mempublikasikan sebuah buku berjudul Jualan Online dengan Facebook dan Blog. Nah berikut adalah contoh kegiatan jualan online lewat Facebook.

Selain memanfaatkan media seperti Facebook, Anda juga bisa berjualan online lewat media lain seperti toko online, forum jual beli online.

4. Jual Jasa Secara Online.

Jika Anda termasuk orang yang dianugerahi dengan berbagai kemampuan, maka tidak ada salahnya Anda mencoba berbisnis online dengan menjual jasa Anda secara online. Saya sendiri sudah pernah berbisnis jasa online, waktu itu saya menjual jasa desain blog dan website.

Akan tetapi karena kurang berhasil dan ketidakjelasan strategi saya pun memutuskan untuk tidak lagi berjualan jasa tersebut. Ada beragam jenis jasa yang bisa Anda jual lewat internet, contohnya :

  • jasa desain banner atau logo.
  • jasa pembuatan atau mendesain blog/website/toko online.
  • jasa SEO, jika Anda termasuk orang yang menekuni dunia SEO.
  • jasa penulisan artikel, jika Anda suka menulis.
  • dan banyak lagi jenis jasa yang bisa Anda tawarkan di internet.

Mengenai media publikasinya, Anda bisa pakai banyak media untuk publikasi produk jasa. Anda bisa pakai blog, jejaring sosial, ataupun lewat posting-posting yang Anda buat di forum-forum online di internet.

5. Cari Duit di Internet dengan Bisnis Afiliasi.

Kegiatan memasarkan produk orang lain, lalu mendapatkan komisi untuk setiap penjualan dikenal dengan istilah afiliasi. Jadi Anda bisa menjadi semacam broker di internet, Anda pasarkan produk orang lain, lalu jika Anda berhasil melakukan penjualan produk tersebut Anda akan mendapatkan komisi penjualan.

Kegiatan berbisnis afiliasi ini cukup menjanjikan, sebab selain tidak butuh modal finansial yang besar, Anda juga tidak perlu untuk membuat produk sendiri. Kelebihan seputar bisnis afiliasi bisa Anda baca di artikel berikut ini.

Untuk bisa berbisnis afiliasi, Anda perlu mencari pemilik produk yang mau produknya dipasarkan. Berikut ini beberapa situs tempat Anda bisa menemukan produk untuk diafiiasikan :

  • Amazon.com.
  • Clickbank.com.
  • PayDotCom.com.
  • dan banyak lagi.

Saya sendiri juga sudah mencoba dan masih terus belajar di bisnis afiliasi ini, nah bagi teman-teman yang tertarik belajar bisnis afiliasi Amazon silakan pelajari trik dan tips suksesnya di buku Step by Step Mencari Uang Lewat Amazon.

Nah pembaca itu dia 5 cara yang sudah saya coba untuk mendapatkan penghasilan dari internet, sampai artikel ini ditulis sumber pemasukan terbesar saya dalam bisnis internet adalah dari kegiatan jualan ebook. Selain 5 cara di atas, ada juga beberapa cara lain yang bisa Anda coba, seperti :

  • jualan link (text link ads),
  • berbisnis ruang iklan mandiri di blog,
  • mengikuti survey online,
  • dan banyak lagi.

Terlepas dari beragam cara di atas, hal penting yang perlu kita terapkan adalah konsistensi dan kerja keras. Tidak ada hasil manis yang bisa dicapai dengan mudah tanpa kerja keras, tetap semangat ya!!.

Jika teman-teman punya tips atau cara lain mari berbagi lewat fasilitas komentar yang sudah ada :).

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • kegiatan yang menghasilkan uang
  • kegiatan menghasilkan uang
  • aneka home industrY yg menghasilkan uang
  • kegiatan yang bisa menghasilkan uang
  • kegiatan internet yang menghasilkan uang
  • kegiatan menghasilkan uang di internet
  • paket bisnis website dropshipping
  • mencari kegiatan yang menghasilkan uang
  • Cari duit lewat ppc
  • jenis cari uang di internet
Be Sociable, Share!