Akismet Plugin Super Penghalau SPAM

Pusing dengan masalah SPAM yang selalu menghantui blog Anda. Memang mendapatkan puluhan atau bahkan ratusan komentar SPAM adalah hal yang sangat tidak enak, saya sendiri ketika di awal nge-blog sering mendapatkan banyak komentar SPAM, namun seiring dengan berjalannya waktu saya menemukan sebuah plugin yang sangat ampuh untuk membasmi SPAM.

Pada artikel ini kita akan berbicara mengenai plugin ampuh menghalau spam pada blog WordPress, yakni WordPress self hosting. Dengan menggunakan plugin ini maka dijamin blog Anda akan bebas dari komentar SPAM.

Akismet

Merupakan sebuah plugin ajaib pada CMS WordPress, kenapa saya bilang ajaib? Sebab akismet mampu menghalau berbagai komentar SPAM yang menyerang blog Anda. Jika Anda tidak percaya, maka saya sedikit tunjukkan bagaimana efektifitas kerja dari plugin ini pada salah satu blog saya.

Secara default plugin Akismet akan terinstall otomatis pada blog WordPress Anda, nah yang perlu dilakukan adalah mengaktifkan saja kinerja plugin tersebut.

Cara Penggunaan Plugin Akismet

Agar plugin ini bisa bekerja pada blog WordPress Anda, maka pastikan Anda melakukan aktivasi dulu pada plugin ini. Berikut langkah-langkah melakukan aktivasi plugin akismet.

1. Buka dasbor blog WordPress Anda, selanjutnya masuk ke menu Plugins > Installed Plugins.

2. Pada bagian plugin Akismet, silakan klik link Activate.

3. Selanjutnya Anda akan menemukan permintaan untuk memasukkan Akismet API Key, klik link itu.

4. Lalu klik link Get your key yang ada di atas form isian.

5. Lalu Anda akan dibawa ke situs Akismet, silakan klik tombol Get an Akismet API Key.

6. Silakan Anda mendaftar di situs Akismet dan setelah mendaftar API key akan dikirim ke email Anda.

7. Setelah Anda mendapatkan API key, silakan isi form isian API key yang tadi tersedia.

8. Jika API key benar, maka plugin Akismet Anda akan aktif.

Nah plugin ini bekerja secara otomatis untuk menghalau komentar SPAM yang mau masuk ke blog Anda. Jadi Anda tidak perlu pusing-pusing mengenai penggunaan plugin ini, untuk melihat statistik komentar SPAM yang berhasil dihalau oleh Akismet silakan Anda masuk ke menu Jetpack > Akismet Stats pada dasbor blog WordPress Anda.

Baiklah pembaca, sekian tutorial mengenai plugin ajaib penghalau SPAM, mudah-mudahan bisa bermanfaat :). Dengan memakai plugin Akismet maka dijamin blog Anda akan bebas SPAM.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara menggunakan akismet
  • fungsi plugin akismet
  • cara mengaktifkan plugin akismet
  • kegunaan akismet
  • cara kerja plugin akismet
  • cara menggunakan plugin akismet
  • fungsi plugin spam free wordpress
  • kegunaan plugins
  • kegunaan SPAM
  • funngsi spam wordpress
Be Sociable, Share!