Affiliate Marketing Peluang Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal

Bicara soal bisnis online memang seakan tidak ada habisnya, akan selalu ada inspirasi, ide ataupun metode baru yang dapat kita pakai untuk mendapatkan uang dari internet. Beragam cara mendapatkan uang di internet sudah banyak dibahas di luar sana, mulai dari sekedar di sebuah artikel, di buku-buku seputar bisnis internet, hingga sampai ke pembelajaran sekaliber seminar/workshop yang sanggup menguras biaya hingga jutaan rupiah.

bisnis modal dengkul, afiliasi modal dengkul

bisnis internet modal dengkul dengan afiliasi

Dari banyak cara menghasilkan uang di internet yang dibahas, sebagian besar orang sedang mencari-cari metode bagaimana sih menghasilkan uang di internet dengan modal dengkul alias tanpa modal?

Sebelumnya saya mau tegaskan bahwa tidak ada satu pun bisnis di dunia ini yang bisa dijalankan tanpa modal. Minimal modal-modal dasar sudah harus Anda miliki, seperti waktu, tenaga dan pikiran. Tanpa modal-modal dasar, tidak akan ada yang namanya bisnis.

Tapi jangan berkecil hati dulu, sebab untuk memulai sebuah bisnis (terutama bisnis internet) kita tidak harus selalu memulainya dengan uang, bahkan bisa dibilang tanpa uang. Tunggu dulu meski tanpa uang, Anda tetap kembali butuh modal dasar, yakni :

  • laptop/komputer/netbook.
  • koneksi internet.

Setelah dua sarana dasar di atas terpenuhi, barulah Anda bisa menggapai penghasilan di internet dengan modal dengkul.

Salah satu cara bisnis internet yang kerap diidentikkan dengan modal dengkul adalah bisnis afiliasi. Menjalani profesi sebagai seorang afiliate marketer memungkinkan kita untuk dapat berjualan di internet, tanpa harus membuat sendiri produk tersebut. Kita cukup menjadi seorang broker atau makelar yang menghubungkan antara penjual dan pembeli.

Dalam satu seminar yang pernah saya bawakan pada awal Januari 2013 lalu, saya sempat membahas seputar bisnis afiliasi dan para audiens tampak bersemangat sekali dengan pembahasan seputar bisnis afiliasi tersebut. Mereka begitu tertarik sebab katanya bisnis afiliasi itu bisnis modal dengkul.

Dan memang siapapun bisa saja memulai bisnis afiliasi dengan modal dengkul plus laptop/komputer yang terkoneksi  ke internet.

Cara Kerja Seorang Affiliate Marketer

Cara kerjanya simple koq. Seorang affiliate marketer hanya perlu mempromosikan produk penjual, lalu ketika produk yang ia promosikan itu dibeli oleh orang lain, maka si affiliate marketer akan mendapatkan komisi dari penjual.

Bagaimna cara agar seorang penjual bisa tahu kalau penjualan itu dilakukan oleh si affiliate marketer?

Jadi begini, setiap affiliate marketer biasanya akan mendaftar dulu kepada para penjual. Nah setiap affiliate marketer akan mendapatkan satu buah link atau URL khusus yang berisi identitas si affiliate marketer. Antara satu affiliate marketer dengan affiliate marketer lainnya pasti berbeda link (URL) tersebut.

Contoh link afiliasi-nya seperti ini nih http://namawebpenjual.com/reg=Anton07.

Tugas seorang affiliate marketer adalah mengarahkan sebanyak mungkin orang ke situs penjual melalui link afiliasi yang ia miliki.

Nah si penjual pasti memiliki sistem pencatat penjualan yang bisa mengindentifikasi dari mana penjualan itu terjadi. Apakah dari si affiliate marketer A, B, C, dan seterusnya.

Sudah paham toh?

tugas pebisnis afiliasi, cara kerja pebisnis afiliasi

Tugas seorang affiliate marketer menghubungkan pembeli dan penjual.

Besarnya Komisi yang Didapat

komisi dari bisnis afiliasiBesarnya komisi yang didapat oleh seorang affiliate marketer itu berbeda-beda. Tergantung dari kesepakatannya dengan si penjual.

Ada penjual yang mau memberikan komisi hingga 50 %, ada yang cuma 30 %, ada yang hanya 5 – 7 % (ini biasanya terjadi pada produk elektronik/produk fisik).

Selain dengan bekerja sama langsung dengan si penjual, Anda juga bisa bekerja sama melalui perantara broker afiliasi. Broker afiliasi tugasnya adalah mempertemukan antara penjual produk dengan si affiliate marketer. Nah berikut beberapa broker afiliasi yang paling populer se-jagad bumi ini.

  • Amazon.com.
  • Clickbank.com.
  • Paydotcom.com.
  • CJ.com.

Bagaimana Memilih Produk Untuk Di-afiliasikan?

memilih produk afiliasiSebagai seorang affiliate marketer, Anda bebas untuk memasarkan produk apa saja. Sangat disarankan agar Anda memasarkan produk di bidang yang Anda sukai atau di bidang yang menjadi hobi Anda.

Misalnya Anda hobi/kesukaan Anda adalah memasak makanan sehat, nah maka Anda bisa coba memasarkan produk afiliasi di bidang seputar makanan kesehatan. Entah itu berupa produk resep makanan sehat, panduan hidup sehat, makanan sehat, dan sebagainya.

Beberapa broker afiliasi umumnya menyediakan pilihan produk afiliasi yang sangat beragam, dan bervariasi. Misalnya di Clickbank.com, sudah tersedia banyak sekali pilihan produk. Mulai dari seputar bisnis dan pemasaran, produk gaya hidup  dan banyak lagi.

Mungkin artikel Beberapa Ide Bisnis Afiliasi yang Wajib Anda Coba ini bisa memberi inspirasi untuk Anda :).

Bagaimana Cara Memasarkan Produk Afiliasinya?

Ada berbagai metode pemasaran produk afiliasi yang bisa Anda coba, contohnya seperti :

  • Promosi menggunakan media blog.
  • Promosi dengan cara memanfaatkan kegiatan email marketing.
  • Promosi dengan memanfaatkan social media (seperti Facebook, dan Youtube).
  • Promosi lewat forum.

Dan banyak  lagi, lebih detail mengenai cara dan metode promosi produk afiliasi bisa Anda baca di artikel 4 Cara Ampuh Memasarkan Produk Afiliasi.

Siap menuai sukses dari bisnis afiliasi?

Mari segera dicoba.
Jefferly Helianthusonfri.

Penulis dan pebisnis internet muda berusia 16 tahun.

========================

Klik di sini jika Anda mau panduan lengkap memulai bisnis afiliasi Amazon.

Klik di sini jika Anda mau panduan lengkap bisnis afiliasi dari Clickbank dan PayDotCom.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal
  • peluang dapat uang dari internet tanpa modal
  • cara mendapatkan uang di internet tanpa modal
  • kerja di internet tanpa modal
  • cara menghasilkan uang dari internet tanpa modal
  • dapat uang dari internet tanpa modal
  • uangdariinternet com
  • cara mendapatkan uang lewat internet tanpa modal
  • mendapatkan uang dari internet tanpa modal
  • cari duit di internet tanpa modal
Be Sociable, Share!