7 Soft Skill Penting yang Perlu Dimiliki Setiap Pebisnis Online

Artikel ini adalah kiriman dari Herman Yudiono, blogger dari TipsPengembanganDiri.com. Jika Anda tertarik mengirimkan artikel ke JefferlySuperClub, silakan akses halaman ini : panduan posting tamu.

Apa pun bisnis online yang Anda kelola, Anda butuh hard skill dan soft skill agar bisnis tersebut sukses. Hard skill adalah kemampuan teknis, sedangkan soft skill adalah kemampuan mengelola diri sendiri dan orang lain.

Mana yang lebih penting: hard skill atau soft skill?

Menurut hasil penelitian Universitas Harvard, soft skill lebih penting karena 80% memengaruhi kesuksesan seseorang. Dari hasil penelitian tersebut, jelaslah Anda tidak boleh menyepelekan soft skill dalam memulai dan mengembangkan bisnis online.

Lantas, soft skill apa yang perlu Anda miliki sebagai pebisnis online? Dalam pandangan saya, Anda perlu memiliki 7 soft skill penting berikut.

1. Kejujuran

Kejujuran akan sangat memengaruhi perkembangan sebuah bisnis online. Mengapa? Karena dalam bisnis online penjual dan pembeli tidak bertemu langsung laiknya transaksi di pasar tradisional.

Kejujuran di sini meliputi semua aspek. Misalnya, Anda seorang pemilik toko online. Barang yang Anda tampilkan dan kirim ke pembeli harus sama persis. Tak hanya itu, keterangan detail mengenai barang yang dijual mesti sesuai aslinya sehingga pembeli tidak merasa kecewa ketika menerima barang pesanan mereka.

Menariknya lagi, kejujuran Anda tidak hanya sebatas untuk pembeli. Namun, Anda memerlukannya juga untuk suplier dan mitra bisnis.

Pendek kata, jika Anda jujur, bisnis online Anda bisa berkembang dengan baik dan penuh berkah. Menyenangkan, bukan?

2. Kejelian

Anda mungkin tahu ujaran-ujaran berikut: orang gagal menyia-nyiakan kesempatan. Orang biasa menunggu kesempatan. Orang sukses menciptakan kesempatan.

Benang merah yang dapat ditarik dari ujaran-ujuran tersebut adalah kejelian, dalam arti mengubah peluang (kesempatan) menjadi uang. Untuk menjelaskan soft skill ini, izinkan saya membuat ilustrasi berikut.

Banyak orang berkumpul setiap harinya di dekat rumah Anda. Jika Anda jeli, Anda menjual produk tertentu (misalnya minuman atau makanan ringan) ke mereka.

Jika sebaliknya, Anda cuek atau mencari alasan mengapa orang-orang tersebut berkumpul. Bisa jadi Anda ikut berkumpul dengan mereka. Tidak ada uang yang Anda hasilkan dari peluang tersebut, bukan?

Ilustrasi di atas memang untuk bisnis offline. Namun, prinsipnya sama dengan bisnis online. Oleh karena itu, Anda mesti jeli melihat peluang di bisnis online. Bisa juga kejelian ini Anda peroleh dengan rutin mengevaluasi bisnis online Anda atau memprediksi tren yang akan terjadi.

3. Konsisten

Bisnis online yang sukses tidak dibangun dalam seminggu atau sebulan. Di sinilah Anda butuh soft skill bernama konsisten.

Sebagai contoh, bisnis online itu tidak akan lepas dari yang namanya blog. Ini adalah salah satu senjata dalam mendapatkan pengunjung dan pelanggan. Blog harus rutin diisi dengan tulisan berkualitas dengan teknik soft selling.

Contoh lain, jika Anda menjual produk, Anda mesti konsisten memperbarui produk yang dijual. Jangan sampai produk yang stoknya sudah kosong tapi masih  tampil di halaman depan toko online Anda. Begitu ada pengunjung yang berminat, dia akan merasa kecewa ketika tahu barang yang diinginkannya sudah out of stock.

4. Keuletan

Soft skill penting berikutnya yang perlu Anda miliki sebagai pebisnis online adalah keuletan. Kemampuan ini bakal menjadi pondasi kesuksesan bisnis online Anda.

Termasuk keuletan di sini adalah tetap bekerja keras meski keuntungan dari penjualan masih sering naik turun. Bahkan mungkin sering tidak mencapai target.

Keuletan juga bisa terlihat dari sikap pantang menyerah dalam setiap kegagalan yang dialami. Berapa pun banyak halangan dan tantangan yang harus dihadapi, Anda harus mengelola bisnis online dengan badan dan kepala tegak.

Jujur harus saya katakan, tidak mudah untuk menjadi orang ulet karena perlu niat dan motivasi tinggi. Nah, jika motivasi Anda sedang turun, kata-kata motivasi dari tokoh dunia mungkin dapat melejitkan motivasi hidup dan kerja Anda.

5. Keberanian

Berbisnis online itu layaknya masuk rimba belantara sehingga Anda perlu keberanian. Tentu saja, bukan keberanian yang tanpa perhitungan (itu namanya serampangan), namun keberanian yang telah diperhitungkan dengan cermat.

Sebagai contoh sederhana, Anda membidik sebuah kata kunci yang persaingannya ketat di Google. Untuk membawa artikel Anda yang menargetkan kata kunci tersebut ke halaman 1 Google, Anda berani membangun private blog network (PBN).

Lantas, Anda menekan risiko terkena Google Penguin dengan membangun PBN Anda di beragam penyedia hosting dan mengisinya dengan puluhan artikel berkualitas. Layaknya blog normal yang tidak semata-mata ditujukan untuk memberi backlink.

6. Cepat Beradaptasi dengan Perubahan

Kondisi bisnis online pada 5 tahun ke belakang tentu berbeda dengan saat ini. Begitu juga dengan 5 tahun ke depan. Karena itulah Anda harus sigap dan cepat beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang terjadi.

Sebagai contoh sederhana, pada 5 tahun ke belakang, pengguna internet melalu telepon seluler masih jarang. Namun, sekarang ini kebalikannya.

Untuk itu, blog atau toko online Anda mesti ramah terhadap pengguna internet tersebut, yaitu dengan menggunakan theme atau template responsif.

7. Kepemimpinan

Sebuah bisnis online yang berkelanjutan adalah bisnis yang dikerjakan secara tim (baik tim virtual ataupun nonvirtual). Karena menjadi kerja tim, Anda perlu memiliki kepemimpinan yang kuat sehingga mampu memimpin seluruh anggota tim bekerja bersama menuju target bisnis.

Tanpa kepemimpinan Anda yang kuat, tim Anda akan cenderung bekerja sendiri-sendiri. Semua hanya memikirkan target diri mereka, bukan target bisnis keseluruhan.

Jika sekarang ini kepemimpinan Anda masih lemah, jangan khawatir atau stres. Salah satu cara meningkatkannya adalah dengan membaca buku-buku bertema kepemimpinan dan mempraktikkan ilmu yang didapat dari buku-buku tersebut. Jadi, luangkan waktu untuk membeli dan membaca buku-buku semacam itu mulai dari sekarang.

Itulah 7 soft skill penting yang perlu Anda miliki sebagai pebisnis online. Pastikan Anda memiliki ketujuh soft skill tersebut dan memadukannya dengan hard skill sehingga bisnis online Anda menguntungkan, berkah, dan bertahan lama.

Tentang Penulis: Herman Yudiono adalah full time blogger dan penulis buku. Ia juga pendiri TipsPengembanganDiri.com, blog yang menyajikan motivasi dan kiat pengembangan diri untuk membantu Anda meraih tujuan dan menjalani hidup dengan lebih baik.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • apakah wodpress itu bisa dishare fb
  • soft skill yg harus di miliki pebisnis onlien
Be Sociable, Share!